Sukses

6 Kebiasaan Ini Menunjukkan Ada yang Tak Beres dengan Tubuhmu

Ada baiknya untuk memperhatikan setiap kebiasaan baru yang berkembang, terutama jika kebiasaan tersebut muncul secara tiba-tiba.

Liputan6.com, Jakarta - Keinginan untuk mengunyah es atau makan sesuatu yang asin sepanjang waktu bisa menjadi tanda masalah yang lebih serius atau kekurangan mineral dan vitamin.

Oleh karena itu, ada baiknya untuk memperhatikan setiap kebiasaan baru yang berkembang, terutama jika kebiasaan tersebut muncul secara tiba-tiba.

Berikut beberapa kebiasaan yang menunjukkan ada yang tak beres dengan tubuhmu, melansir dari Bright Side, Senin (5/2/2024).

1. Mudah marah dan perilaku agresif

Ledakan amarah mungkin tidak selalu disebabkan oleh kepribadianmu. Faktanya, hal ini bisa dikaitkan dengan depresi, kata beberapa penelitian.

Menurut mereka, depresi tidak selalu hanya tentang kekurangan energi atau mengalami kesedihan, Anda juga bisa memiliki perilaku agresif.

2. Tidur terlalu banyak

Gangguan ini disebut hipersomnia dan disebabkan oleh hal-hal yang membuktikan bahwa ini bukan hanya kelelahan.

Beberapa penyakit autoimun bisa menyebabkan perasaan ingin tertidur di mana saja. Selain itu, mengonsumsi minuman beralkohol sebelum tidur juga bisa menyebabkan efek ini.

 

3. Lupa, mudah lelah dan libido rendah

Terkadang individu mengacaukan hal ini dengan depresi karena sepertinya Anda sangat lelah dan muak dengan segala hal, sehingga Anda tidak punya tenaga untuk mengingat sesuatu.

Dokter berpendapat bahwa sebaiknya jangan mengabaikan kondisi seperti itu karena bisa menandakan masalah hormon tiroid dalam tubuh. Berat badanmu juga mungkin bertambah dan merasa kedinginan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Perubahan warna mata

Jika ada lingkaran putih atau abu-abu di sekitar kornea mata, itu merupakan tanda kolesterol tinggi bagi individu di bawah 45 tahun. Cincin itu sendiri tidak berbahaya dan hanya memiliki efek visual.

5. Selalu merasa haus

Merasa haus sepanjang waktu bukanlah hal yang normal, kata para ahli. Ada kalanya hal ini bisa dikaitkan dengan makanan yang Anda makan, jadi periksalah apakah Anda terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas atau asin. Rasa haus yang terus-menerus juga bisa menjadi tanda diabetes atau kehamilan.

 

3 dari 3 halaman

6. Ingin mengunyah es

Keinginan untuk mengunyah es bisa dengan mudah dijelaskan dan mungkin lebih dari sekedar kebiasaan.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kekurangan zat besi atau anemia bisa menjadi penyebab keinginan yang tidak biasa ini.

Anda mungkin ingin menjalani beberapa tes darah untuk memeriksa dan melihat apakah Anda perlu mulai mengonsumsi suplemen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.