Sukses

5 Stress Language yang Perlu Diketahui, Agar Hubungan Tetap Harmonis

Dengan mengetahui stress language masing-masing, bisa mempererat hubungan kalian berdua.

Liputan6.com, Jakarta Mungkin saat ini Anda sudah sangat familiar dengan istilah love language atau bahasa cinta yang sering bertebaran di internet. Atau mungkin Anda sendiri termasuk salah satu yang memercayainya? 

Istilah love language sendiri pertama kali diciptakan dalam buku terlaris Dr. Gary Chapman yang diterbitkan pada tahun 1992, The 5 Love Languages: The Secret to Love that Lasts, dan mengacu pada lima cara umum pasangan romantis mengekspresikan dan mengalami cinta.

Lima bahasa cinta itu antara lain, act of service, words of affirmation, receiving giftsphysical touch, dan quality time.

Dengan mengetahui bahasa cinta masing-masing, termasuk dengan pasangan tentunya memiliki banyak manfaat yang bisa didapatkan. Sebagai contoh untuk meningkatkan komunikasi antara kalian berdua, memperdalam hubungan emosional, mengurangi kesalahpahaman yang terjadi, serta meningkatkan kualitas hubungan.

Jadi katakanlah Anda dan pasangan sudah saling berhubungan dengan bahasa cinta masing-masing, seperti misalnya Anda ternyata menyukai quality time dan pasangan ternyata menyukai sentuhan fisik, tentunya menjadi hal yang baik dan harus dipertahankan.

Namun, bagaimana apakah Anda mengetahui stress language atau bahasa stres masing-masing? Ya, Anda tidak salah mendengarnya. Tidak hanya love language yang perlu diketahui, tapi juga mengenai stress language.

Dilansir dari Purewow, Kamis (1/2/2024), konsep stress language diciptakan oleh pakar kesehatan Chantal Donnelly, sebagai cara untuk mengeksplorasi kecenderungan bawaan atau pola perilaku pasangan kita ketika mereka berada dalam kesusahan atau kewalahan.

Lalu, apa saja stress language itu? Yuk, baca terus untuk mengetahui tentang lima stress language ala Donnelly dan bagaimana mengetahui bahasa Anda dan pasangan dapat membantu hubungan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Apa Saja Lima Stess Language Itu?

Walaupun masih terdengar asing, ini dia lima stress language yang perlu Anda ketahui, antara lain:

1. The Exploder

Ini adalah respons stres yang terlihat secara lahiriah yang bisa terlihat seperti rasa kesal, frustrasi, kemarahan, atau agresi. Orang yang meledak-ledak cenderung menuding orang lain atas kesusahan mereka.

Stress language inilah yang biasanya kita sebut sebagai respons fight-or-flight. Apa pun situasinya, the exploder biasanya akan merespons seolah-olah ada krisis dan akan menjadi marah, menjadi paranoid, atau tiba-tiba memiliki dorongan biologis untuk menyerang di tengah-tengah percakapan.

2. The Imploder

Tidak sejelas exploder, seseorang yang memiliki stress language ini sering menginternalisasi stres mereka dan bisa menjadi putus asa, tidak berdaya, dan lumpuh. Mereka biasanya cenderung memiliki banyak kesalahan pada diri sendiri dengan bahasa sehari-hari yang penuh tekanan.

Selain itu, mereka juga mungkin mengalami kesulitan melakukan kontak mata dan merasa terlalu mati rasa untuk mengekspresikan emosi. Dengan demikian, pengaruhnya dapat diredam dan terasa jauh.

Mereka cenderung ingin bersembunyi dari dunia luar dan perilaku mereka sering kali disalahartikan sebagai mengabaikan atau ‘membayangi’ orang lain.

3 dari 5 halaman

3. The Fixer

Respons stres ini terkadang terlihat seperti respons yang membantu di permukaan. Namun, seiring berjalannya waktu, hal ini dapat berubah menjadi sikap mengomel, melampaui batas, dan tidak percaya pada kemampuan pasangan.

Biasanya the fixer akan segera bertindak dan mencoba memperbaiki sesuatu, apa pun ketika mereka stres—bahkan ketika tidak ada yang perlu diperbaiki atau apa yang perlu diperbaiki bukanlah urusan mereka.

Selain itu, mereka sering kali bertindak seperti orang tua daripada kekasih yang dapat merusak hubungan kalian berdua.

4. The Denier

The denier bisa menjadi pola perlindungan umum bagi seseorang yang telah diajari (biasanya di masa kanak-kanak) untuk percaya bahwa menunjukkan tanda-tanda stres adalah tanda kelemahan. Orang yang menyangkal bisa terlihat seperti seorang optimis yang buta terhadap kenyataan, seorang tabah yang menghindari semua emosi, atau seseorang yang menggunakan sikap positif untuk mengabaikan kesusahan.

Anda akan mendengar seorang penyangkal mengatakan, dengan bibir atas yang kaku, hal-hal seperti 'Segalanya bisa menjadi lebih buruk' atau 'Saya baik-baik saja.'

Sayangnya, orang yang sering menyangkal akan memendam perasaan dan emosinya hingga sering kali berubah menjadi seorang yang meledak-ledak.

5. The Numb-er

Terakhir, ada the numb-er. Seseorang yang memilikinya sering menggunakan pelarian dan gangguan lainnya sebagai strategi penanggulangannya. Seseorang yang mati rasa akan beralih ke segala hal mulai dari alkohol atau obat-obatan, hingga game online, perjudian, belanja, menelusuri media sosial, atau menonton televisi secara berlebihan.

Bahkan perilaku yang tampak sehat pun bisa menjadi hal yang disukai banyak orang, seperti berolahraga berlebihan dan bekerja berlebihan.

4 dari 5 halaman

Bagaimana Mengetahui Stress Language Pasangan Dapat Meningkatkan Hubungan?

“Tujuan mengetahui stress language pasangan Anda bukan agar Anda bisa melabeli, menyalahkan, menghakimi, atau memperbaikinya, seperti yang sering kita lakukan,” jelas Donnelly.

“Sebaliknya, kefasihan bahasa yang menekankan tekanan memungkinkan terjadinya koneksi yang lebih baik karena hal itu menghentikan kita untuk secara otomatis masuk ke mode pertahanan dan menjadi reaktif.”

Setelah Anda memahami stress language pasangan Anda, Anda sebaiknya tidak menanggapi komentar atau nada suaranya, ketika dia sedang stres, secara pribadi.

“Kami memahami bahwa respons mereka tidak selalu disebabkan oleh kami, namun karena stres yang mereka alami. Dengan cara ini, kita berinteraksi dengan orang yang kita cintai atas dasar kasih sayang dan empati, bukan perlindungan diri. Alih-alih memasang pelindung emosional, kita malah jadi penasaran tentang apa yang mungkin dibutuhkan orang lain dalam hal dukungan. Hal ini dapat meningkatkan hubungan kita dengan memupuk rasa hormat satu sama lain dan hubungan yang lebih dalam.”

5 dari 5 halaman

Cara Mengetahui Stress Language Anda Sendiri

Donnelly memberi tahu kita bahwa langkah pertama dalam menemukan stress language Anda sendiri adalah dengan memperhatikan pola Anda. Ketika Anda sedang stres, apa tanggapan Anda? Apakah Anda mencoba melupakannya dengan beralih ke belanja online (seperti the numb-er), atau apakah Anda menyalahkan diri sendiri atas stres yang Anda alami (seperti the imploder)?

Selain memperhatikan pola Anda sendiri, pasangan Anda mungkin juga bisa menunjukkan mekanisme penanggulangan yang cenderung Anda gunakan saat stres.

“Daripada bersikap defensif ketika mereka berbagi pengamatan mereka, cobalah untuk merasa penasaran dan mulai memperhatikan pola dalam diri Anda,” Donnelly menjelaskan.

“Setelah Anda menyadari kecenderungan pribadi Anda di sekitar orang lain ketika Anda sedang stres, Anda dapat menggunakan pengetahuan itu sebagai peluang untuk berkembang dan memberi sinyal bahwa inilah saatnya untuk menerapkan perawatan diri.”

Perhatikan bahwa, seperti halnya love language, beberapa orang memiliki lebih dari satu stress language, atau Anda dapat memiliki stress language yang berbeda-beda tergantung pada hubungan Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.