Sukses

Profil, Agama dan Foto-foto Witan Sulaeman yang Pesonanya Mencuri Perhatian Warganet

Witan Sulaeman, pemain Timnas Indonesia jebolan Eropa yang pesonanya bikin warganet jatuh cinta.

Liputan6.com, Jakarta Witan Sulaeman, pemain Timnas Indonesia dan Bhayangkara FC yang berperan sebagai gelandang tengah atau penyerang sayap. Namun, dalam uji coba pertama melawan Libya, ia diposisikan sebagai bek kanan oleh pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Pemain asal Palu ini sempat mencuri perhatian warganet saat memutuskan untuk meninggalkan Eropa dan kembali ke Indonesia. Alasannya pindah dari klub Slovakia AS Trencin ke Persija karena keluarga dan kontraknya di Persija akan berakhir pada pertengahan 2026.

Dirangkum dari berbagai sumber, pada Senin (29/1/24), berikut profil, agama dan foto-foto Witan Sulaeman.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Profil Witan Sulaeman

Nama Lengkap: Witan Sulaeman

Nama Panggilan: Witan

Kewarganegaraan: Indonesia

Tempat Lahir: Palu, Sulawesi Tengah

Tanggal Lahir: 8 Oktober 2001

Akun Instagram: @witansulaiman_

Status: Menikah

Witan bergabung dengan SSB Galara ketika masih duduk di bangku SMP. Selama berada di SSB Galara, ia aktif mengikuti ajang Piala Menpora dan Liga Pelajar Indonesia. Setelah lulus SMP, Witan memutuskan untuk merantau ke Jakarta. Saat di Jakarta, ia mengikuti seleksi Diklat Ragunan Jakarta dan berhasil lolos.

Seleksi Diklat Ragunan menjadi momen pertemuan Witan dengan Egy Maulana Vikri. Selain itu, seleksi tersebut juga menjadi titik awal perjalanan karier Witan hingga akhirnya ia berhasil masuk ke Timnas Indonesia U-19 bersama Egy Maulana Vikri. Turnamen pertamanya adalah Toulon Cup di Prancis.

3 dari 10 halaman

Agama Witan Sulaeman

Witan menganut agama Islam dan juga dikenal sebagai santri Nahdlatul Wathan. Ia adalah seorang santri yang belajar di Pondok Pesantren Syaikh Zainuddin Abdul Madjid di Desa Anjani, Lombok Timur, NTB.

4 dari 10 halaman

Perjalanan Karier Witan Sulaeman

Ketika masih menjadi siswa di Sekolah Khusus Olahragawan (SKO) Ragunan, Witan sering dipanggil oleh pelatihnya, Indra Sjafri.

Selama di SKO Ragunan, Witan gigih menunjukkan kemampuannya dari tahun 2016 hingga 2019. Setelah itu, ia melanjutkan karier di PSIM Yogyakarta, tetapi hanya bertahan hingga Februari 2020 di Laskar Mataram.

Setelah bermain di Liga 2, Witan pindah ke Eropa dan bergabung dengan FK Radnik Surdulica, klub Liga Super Serbia.

Di sana, Witan bermain hingga 1 September 2021 sebelum bergabung dengan Lechia Gdansk di Liga Polandia sampai Januari 2022, karena dipinjam ke FK Senica di Liga Super Slovakia. Setelah masa peminjamannya berakhir pada Mei 2022, Witan kemudian bergabung dengan AS Trencin.

5 dari 10 halaman

Pindah ke Persija dan Jadi Pemain Andalan Timnas Indonesia

Karier Witan di Eropa sementara berakhir pada Januari 2023. Ia memutuskan untuk kembali ke Indonesia karena tak ingin terpisah dari keluarganya.

Kini, ia gabung dengan Persija Jakarta hingga pertengahan 2026. Selain itu, Witan juga menjadi salah satu pemain andalan Timnas Indonesia karena keahliannya dalam bermain sepak bola.

6 dari 10 halaman

Witan Main Dimana?

Baru-baru ini, Witan dipinjamkan oleh Persija ke Bhayangkara saat bursa transfer tengah musim dibuka. Keputusan ini cukup mengejutkan mengingat performa bagus sang winger bersama Persija. Dalam dua pertandingan terakhir bersama Persija, Witan berhasil mencatatkan tiga gol dan satu assist.

7 dari 10 halaman

Apa Kepanjangan dari Persija?

Persija (awalnya dikenal dengan nama Persija Pusat, singkatan dari Persatuan Sepak Bola Indonesia Jakarta) merupakan klub sepak bola profesional Indonesia yang bermarkas di Jakarta, Indonesia. Didirikan pada tanggal 28 November 1928 dengan nama Voetbalbond Boemipoetra.

8 dari 10 halaman

Kapan Witan Gabung Timnas?

Akhirnya, Persija Jakarta mengirim Witan Sulaeman dan Rizky Ridho Ramadhani ke pusat latihan Timnas, pada hari Minggu (11/6/2023).

9 dari 10 halaman

Apakah Witan Sudah Menikah?

Pemain sayap dari Timnas Indonesia, Witan Sulaeman menggelar pernikahan dengan pasangannya, Rismahani, di Sriti Convention Hall, Kota Palu, pada hari Minggu (29/5).

10 dari 10 halaman

Berapa Gol Witan di Timnas?

Satu pemain berpengalaman ada di dalam Skuad Garuda Muda. Witan Sulaeman telah tampil dalam tiga SEA Games dan sudah mencatatkan 28 caps di Timnas senior, dengan mencetak delapan gol.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.