Sukses

10 Rekomendasi Film Studio Ghibli Terbaik, Ada My Neighbor Totoro hingga Spirited Away

Di bawah ini Anda akan melihat daftar film Studio Ghibli terbaik yang wajib kalian nonton.

Liputan6.com, Jakarta Ketika Anda memikirkan legenda di bidang film animasi, estetika terobosan dari studio film animasi Jepang, Studio Ghibli, kemungkinan besar berada di urutan teratas. 

Karya seni Studio Ghibli yang digambar tangan dan berorientasi pada detail serta kisah-kisah yang berpusat pada isu-isu sosial dan lingkungan di dunia nyata terus-menerus mendefinisikan ulang apa artinya menciptakan dunia animasi yang sangat imersif. 

Baik Anda sedang berminat dengan kisah masa depan yang ajaib, aneh, dan supernatural, atau kisah masa depan yang introspektif dan menyentuh hati, Studio Ghibli menyediakan beberapa anime terbaiknya sepanjang masa untuk Anda.

Di bawah ini Anda akan melihat daftar film Studio Ghibli terbaik yang wajib kalian nonton. Dilansir dari IGN Southeast Asia, Kamis (4/1/2024) berikut ulasannya:

1. Spirited Away (2001)

Spirited Away menempatkan Studio Ghibli di mata internasional. Ini adalah kisah mempesona yang terbuat dari cahaya, sihir, misteri, dan monster. Ini adalah meditasi tentang alam, dunia roh, dan bagaimana mereka berinteraksi dengan hal-hal duniawi. 

Spirited Away berkisah tentang Chihiro yang berusia 10 tahun yang secara tidak sengaja berakhir di dunia dewa dan monster saat pindah ke lingkungan baru bersama orang tuanya. Chihiro akhirnya terdampar di dunia roh setelah orang tuanya berubah menjadi babi. Chihiro harus belajar menavigasi dunia roh dan cara melarikan diri sebelum dia lupa namanya dan terjebak selamanya. Karya seni khas Hayao Miyazaki dan penceritaan yang menyentuh hati bersatu dalam dongeng yang indah dan mendalam yang tak tertandingi. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. My Neighbor Totoro (1988)

My Neighbor Totoro berkisah tentang dua gadis muda yang berteman dengan monster roh di dekat rumah baru mereka. Karya klasik Hayao Miyazaki adalah perjalanan manis ke masa kanak-kanak. Adegan pastoral sore musim panas yang tenang, tokoh-tokoh yang lucu, memenuhi My Neighbor Totoro dengan pesona dan kehangatan yang memikat.

Karya Miyazaki menciptakan kisah yang hampir sempurna tentang kepolosan, harapan, kesenangan, dan kegembiraan menjadi seorang anak-anak (atau berjiwa muda). Kalau Studio Ghibli punya maskot, sudah pasti karakter titulernya adalah Totoro.

3. Princess Mononoke (1997)

Salah satu judul Studio Ghibli yang paling terkenal yaitu Princess Mononoke yang menceritakan kisah epik seorang putri hutan yang bergerak untuk memerangi mekanisasi dan perambahan yang mengancam masyarakat dan rumah mereka. 

Perpaduan antara mitos, legenda, dan fantasi ini dengan susah payah dibangun dari seni gambar tangan yang subur, musik yang menggugah, dan campuran monster, sihir, dan karakter karismatik. Menceritakan kisah dinamis pada masanya. Hayao Miyazaki dengan sempurna menyeimbangkan keinginannya untuk terlibat dalam penerbangan fantasi intens yang berfungsi sebagai alegori berat yang menghasilkan epik yang tidak akan pernah terlupakan.

3 dari 6 halaman

4. Nausicaä of the Valley of the Wind (1984)

Nausicaä of the Valley of the Wind adalah sebuah petualangan fiksi ilmiah pasca-apokaliptik yang berkisah tentang pejuang dan putri yang terampil, Nausicaä, saat ia menjalani kehidupan 1000 tahun setelah perang yang menghancurkan peradaban. Ditulis dan disutradarai oleh Hayao Miyazaki, cerita ini berkisah tentang upayanya untuk menyelamatkan komunitasnya dari bencana ekologi. Nausicaä of the Valley of the Wind adalah contoh abadi dari keahlian membangun kata Miyazaki dan salah satu film fiksi ilmiah terbaik.

Secara teknis dirilis sebelum Studio Ghibli didirikan, film ini penuh dengan tema dan metafora yang kompleks, dan dianggap sebagai pendahulu dari hal-hal yang akan datang dari Studio Ghibli.

5. Howl’s Moving Castle (2004)

Terinspirasi oleh novel berjudul sama karya penulis Inggris Diana Wynne Jones, Howl’s Moving Castle bercerita tentang seorang pembuat topi muda, Sophie, yang berteman dengan seorang penyihir bernama Howl yang tinggal di sebuah kastil ajaib. Ketika seorang penyihir cemburu mengutuk Sophie karena usia tua, Howl harus menggunakan semua kemampuan magisnya untuk menyelamatkannya sebelum waktu habis.

Howl’s Moving Castle adalah tampilan luar biasa dari keterampilan animasi Miyazaki dan kemampuan mengatur kecepatan dan menafsirkan karakter untuk penceritaan yang dinamis. Ketika paruh kedua film berubah menjadi lebih gelap, menjadi jelas bahwa Howl's Moving Castle adalah kontribusi Hayao Miyazaki terhadap cerita anti-perang Studio Ghibli. Penuh dengan citra indah dan karakter menarik, Miyazaki menciptakan perjalanan menuju imajinasi murni.

4 dari 6 halaman

6. Kiki's Delivery Service (1989)

Petualangan yang menegangkan ini mungkin alur ceritanya ringan, tetapi penuh energi yang menyenangkan. Dihidupkan dengan palet warna yang semarak seperti pemeran utamanya, Kiki's Delivery Service mengikuti trainee penyihir muda Kiki dan kucingnya yang tajam, Jiji, dalam kisah masa depan yang terinspirasi oleh cerita anak-anak dengan nama yang sama. 

Temanya yang lebih dalam, dan nuansa patriarki yang halus, menyeimbangkan sisi sentimental dari animasinya, menjaga petualangan menawan ini agar tidak keluar jalur. 

Dengan film inii, Hayao Miyazaki membuktikan tidak ada batasan dalam cara dia memadukan sihir dan hal-hal duniawi, terus-menerus menyegarkan kembali estetika Studio Ghibli. Kiki adalah karakter menyenangkan yang sempurna untuk menghidupkan kisah tentang kepercayaan diri, kesepian, dan pengambilan risiko.

7. Porco Rosso (1992)

Porco Rosso mengubah kisah mantan petarung jagoan Perang Dunia I Italia, Marco Pagot, yang berubah menjadi babi antropomorfik karena kutukan. Pemburu hadiah lepas yang mencari nafkah dengan mengejar bajak laut dikenal di dunia sebagai "Porco Rosso", yang dalam bahasa Italia berarti “Crimson Pig.”

Menawarkan perasaan yang menakjubkan, namun masih dapat diakses, animasi, Miyazaki memadukan fakta dan fantasi menjadi sebuah petualangan komedi yang luar biasa. Ada tema-tema kasar yang membuat Porco Rosso menjadi kisah yang sangat pahit dan manis tentang identitas, kekasih yang bernasib sial. Porco Rosso sangat mungkin adalah film Miyazaki yang paling diremehkan untuk Studio Ghibli.

 

 

5 dari 6 halaman

8. Grave of the Fireflies (1988)

Grave of the Fireflies mengadaptasi cerita pendek semi-otobiografi Akiyuki Nosaka menjadi film anti-perang yang sangat menyentuh dan permata Studio Ghibli. Grave of the Fireflies menceritakan perjuangan dua anak untuk bertahan hidup di gurun yang keras pasca menyerahnya Jepang pada akhir Perang Dunia II. 

Ini adalah kisah tentang kepolosan, kehilangan, kehancuran, dan harapan. Perpaduan unik dari teknik animasi yang menghidupkan kisah suram ini menciptakan gambaran yang sangat realistis tanpa pernah melewati batas ke dalam film tragedi. Ini membuka mata, sangat indah, dan merupakan seruan tegas untuk perdamaian. 

Grave of the Fireflies adalah meditasi tentang korban jiwa akibat perang dan mewariskan mahakarya Isao Takahata. Itu juga salah satu film anime paling menyedihkan yang pernah Anda lihat.

6 dari 6 halaman

9. Ponyo (2008)

Film kesepuluh Hayao Miyazaki, dan film kedelapan yang disutradarai Studio Ghibli, Ponyo mengikuti kisah seorang putri ikan mas yang sangat ingin hidup di dunia permukaan dan anak laki-laki berusia lima tahun yang menjadi temannya.

Dengan pengaruh Little Mermaid yang kental dan metafora tentang polusi dan pelestarian laut, Ponyo sama sekali bukan penceritaan ulang yang norak. Menampilkan animasi gambar tangan khas Miyazaki yang disajikan dalam gaya yang hidup dan mengalir, Ponyo adalah petualangan magis yang manis dan sangat menarik.

10. The Tale of the Princess Kaguya (2013)

The Tale of the Princess Kaguya didasarkan pada monogatari abad ke-10, sejenis prosa naratif panjang khusus Jepang, yang disebut Kisah Pemotong Bambu. Ini tentang bidadari yang ditemukan sedang tumbuh di batang bambu dengan pemotong bambu. Pemotong bambu dan istrinya menerima anak itu dan membesarkannya sebagai anak mereka. Anak itu dengan cepat tumbuh menjadi wanita cantik dan sangat diinginkan. Dikirim ke pengadilan untuk membuat pernikahan yang menguntungkan oleh ayah angkatnya, Kaguya yang rindu kampung halaman menetapkan tugas yang mustahil bagi pelamarnya (pangeran dan Kaisar) agar tidak dipaksa memilih suami. 

Disutradarai oleh kolaborator lama Miyazaki dan salah satu pendiri Studio Ghibli, Isao Takahata, mengandalkan palet cat air yang lembut untuk menanamkan narasi bergulir adaptasinya dengan kehidupan. 

Saat kisah asal usul Kaguya dan nasib akhir dunia lain terungkap, bersiaplah untuk menghadapi keseluruhan emosi mulai dari kegembiraan, kasih sayang, cinta, kesedihan, dan rasa kerinduan yang mendalam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.