Sukses

Menjelang Tahun Baru, Lakukan 5 Hal Ini Agar Tetap Produktif!

Menjelang tahun baru, artinya setiap orang akan memiliki waktu libur dengan singkat. Para pekerja perlu melakukan 5 hal ini, agar mereka tetap produktif dan tidak ada gangguan saat pergi berlibur.

Liputan6.com, Jakarta - Mengingat hari-hari yang semakin cepat terlewati, penghujung tahun akhirnya sampai di depan mata. Bulan Desember telah berada di paruh terakhir dan menandakan akan dimulainya tahun baru.

Di akhir Desember dan awal Januari, hari libur telah menanti untuk dijumpai. Beberapa pekerja akan mulai menikmati hari liburnya yang biasanya jatuh pada awal bulan Januari. Beberapa anak sekolah juga memiliki hal yang sama.

Menjelang hari libur tahun baru, pastikan Anda tidak memiliki tumpukan beban kerja yang akan menghambat kegiatan liburan bersama pasangan, teman, dan orang tercinta lainnya. Adapun beberapa kegiatan yang dapat dilakukan menjelang tahun baru agar Anda tetap produktif, dilansir laman The Every Girl pada Jum’at (22/12/2023).

1. Selesaikan Proyek-proyek Besar

Terlepas dari harapan, masih ada pekerjaan yang harus diselesaikan di minggu ini. Jika ada sesuatu yang penting dalam daftar tugas Anda, inilah saat yang genting. Baik Anda sedang mempersiapkan atau memberikan tinjauan tahunan, menyelesaikan presentasi dan proposal, atau mencoba mendapatkan beberapa klien baru sebelum Anda keluar untuk minggu ini, sekarang waktunya untuk memakai headphone dan bersandar pada metode produktivitas favorit Anda.

Mulailah dengan menyusun daftar tugas terakhir di tahun ini, dan prioritaskan tugas-tugas mendesak Anda. Saya merekomendasikan dua kategori, di antaranya hal yang harus dilakukan dan hal yang ingin dilakukan. Dengan cara ini, Anda dapat memastikan segala sesuatu yang harus dilakukan telah selesai dan dapat memindahkan segala sesuatunya ke tahun baru jika diperlukan.

Mencentang hal-hal yang harus dilakukan dari daftar, akan membantu Anda beristirahat dengan tenang selama liburan. Menjelang tahun baru, tidak ada stres yang akan menghantui dan Anda dapat memulainya dengan lambat dan mudah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Cantumkan Pencapaian

Mungkin Anda harus menyelesaikan tinjauan kinerja akhir tahun, namun jika tidak, Anda harus memikirkan kembali dan membuat daftar semua pencapaian untuk tahun tersebut. Saat kita sedang dalam kesulitan, kita mungkin tidak selalu berhenti sejenak dan merayakan pencapaian yang telah kita capai. Tapi ada satu hal yang perlu diperhatikan, yaitu Anda berhak bangga atas kerja keras, dan memiliki daftar pencapaian yang bisa berguna di kemudian hari.

Mungkin di tahun depan, Anda akan meminta kenaikan gaji, berganti pekerjaan, atau ingin dipromosikan. Memiliki daftar konkret pencapaian yang telah dicapai sebagai bukti dapat membantu memperkuat argumen atau membantu membuktikan bahwa Anda adalah kandidat terkuat.

Sebaliknya, meskipun peran dan tanggung jawab Anda saat ini masih segar dalam ingatan Anda, luangkan waktu untuk memperbarui resume. Meskipun Anda tidak akan mencari pekerjaan baru dalam waktu dekat, Anda akan menghemat waktu dan tidak perlu takut dengan tugas ini di kemudian hari.

3 dari 4 halaman

3. Bersihkan Kotak Masuk E-mail

Tidak ada yang lebih buruk daripada meninggalkan email di kotak masuk untuk dibaca kembali setelah liburan panjang. Anda tentu tidak ingin membuang lebih banyak energi daripada harus membaca email dan mengaturnya dengan tepat.

Manjakan diri Anda dengan hadiah awal dan bersihkan kotak masuk sebelum Anda menutupnya dalam beberapa waktu. Simpan email-email yang perlu ditanggapi setelah Anda kembali, buang sampah, dan berhenti berlangganan email yang tidak lagi Anda anggap berharga.

Jika Anda belum melakukannya, pertimbangkan untuk membuat sistem pengarsipan di aplikasi email agar dapat mulai berjalan dan menjaga kotak masuk Anda tetap teratur di awal tahun baru.

4. Tambahkan Beberapa Koneksi ke Jaringan

Kita semua pernah mendengar tentang pentingnya menemukan dan menjalin koneksi, terutama di dunia profesional. Seseorang yang telah mendapatkan banyak pekerjaan melalui hubungan timbal balik, tidak dapat dipungkiri mereka memperolehnya lewat jaringannya, yang artinya sangat penting mengembangkan jaringan itu sendiri.

Gunakan akhir tahun untuk mengidentifikasi dua sampai tiga koneksi baru dalam jaringan luas Anda. Jelajahi LinkedIn, Twitter, panutan industri—sebut saja, dan lakukan perkenalan ringan serta beri tahu koneksi baru bahwa Anda ingin mengobrol lebih banyak setelah tahun baru.

Lingkaran Anda tidak akan pernah cukup besar jika menyangkut jaringan. Anda tidak pernah tahu siapa yang mungkin bisa membantu Anda mendapatkan peran impian atau mendapatkan posisi untuk Anda di saat yang tidak terduga.

4 dari 4 halaman

5. Bersihkan Ruang Kerja secara Menyeluruh

Kapan terakhir kali Anda membersihkan meja atau ruang kerja? Seperti pembersihan menyeluruh, tidak hanya membuang semua cangkir kopi bekas ke wastafel. Jika Anda tidak dapat mengingat kapan terakhir kali Anda mengambil kemoceng atau lap untuk membersihkan permukaan dan peralatan, Anda sudah terlambat untuk melakukan pembersihan yang baik.

Pada hari kerja terakhir Anda di tahun ini, ambil perlengkapan pembersih favorit dan luangkan beberapa menit untuk membereskan dan membersihkan area kerja Anda. Tahun baru adalah waktu yang tepat untuk memulai awal yang baru, dan cara apa yang lebih baik untuk kembali bekerja selain dengan menggunakan ruang bersih dan energi positif untuk tahun depan?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.