Sukses

Masih Suka Mengenang Mantan? Bisa Jadi Kamu Terjebak dalam Relationship Rebound

Relationship rebound dapat didefinisikan dengan menjalin hubungan berdasarkan reaksi terhadap hubungan sebelumnya yang salah satu atau keduanya masih menghadapi masalah yang timbul dari perpisahan di masa lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Pernahkah kamu mendengar istilah relationship rebound? Relationship rebound dapat didefinisikan dengan menjalin hubungan berdasarkan reaksi terhadap hubungan sebelumnya yang salah satu atau keduanya masih menghadapi masalah yang timbul dari perpisahan di masa lalu.

Menjalin hubungan baru bisa menjadi menyenangkan, tetapi bila seseorang baru saja mengalami putus atau masalah dengan mantan kekasihnya belum berakhir, ini dapat memungkinkan hubungan tersebut akan pulih kembali.

Lantas, apa saja tanda-tanda dari relationship rebound ini? Berikut ulasannya, seperti yang dilansir dari Verywell Mind, Rabu (13/12/23).

Karakteristik Relationship Rebound

Berikut beberapa tanda-tanda dari relationship rebound menurut Micaela Stein, LCSW.

  • Tanda paling pasti dari hubungan yang pulih kembali adalah bahwa orang tersebut baru saja keluar dari hubungan serius atau baru saja putus.
  • Tanda lain dari relationship rebound ialah membandingkan pasangan saat ini dengan mantan.
  • Seseorang yang berada dalam relationship rebound mungkin menginginkan untuk menghindari suatu komitmen.
  • Seseorang dalam hubungan yang pulih kembali mungkin akan mempercepat proses kencannya untuk kembali ke hubungan mereka sebelumnya.

Mengapa Orang Melakukan Relationship Rebound?

1. Mengatasi Perpisahan

Perpisahan bisa sangat menyakitkan dan sulit bahkan bisa menjadi waktu yang sangat kesepian, kebingungan, dan rasa tidak aman. Seseorang yang memiliki perasaan ini mungkin sedang mencari validasi, teman, dan gangguan melalui hubungan baru.

Seringkali relationship rebound ini perihal orang yang telah melalui perpisahan yang sulit dalam upaya memenuhi kebutuhan sosial, fisik, dan emosionalnya. Terkadang, hal ini akan mengorbankan pasangan barunya, yang mungkin sulit mereka temui sepenuhnya dengan segala gejolak emosi yang mereka alami.

2. Membentuk Hubungan Emosional

Seseorang mungkin mencari relationship rebound untuk memulai terhubung dengan orang lain dan ketika ada komunikasi terbuka tentang kapasitas emosionalnya, terkadang hal ini bisa mendukung terjadinya penyembuhan.

Hal ini dapat berfungsi untuk menegaskan identitas mereka dan membuat mereka kembali bersemangat menjalani hidup setelah putus cinta yang sulit.

Memiliki kesadaran akan kebutuhan dan keterbatasan emosionalmu, setelah putus cinta sangat penting untuk menjaga kesehatan mental dan dapat membantu mencegah perilaku tidak sehat untuk menutupi atau menghindari emosi negatif.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dampak dari Relationship Rebound

1. Dampak pada Kesehatan Mental

Bila kamu telah memasuki relationship rebound setelah putus cinta, penting untuk memeriksa diri sendiri untuk memastikan tidak ada pekerjaan emosional yang kamu hindari. 

Rebound bisa menjadi cara yang berguna dan menyenangkan untuk menegaskan awal yang baru, tetapi juga bisa merusak bila kamu menggunakannya untuk menghindari emosi menyakitkan yang muncul setelah putus cinta, termasuk menyendiri dan belajar sendiri lagi.

Terkadang, perpisahan bisa menjadi peluang pembelajaran yang luar biasa dan terkadang pemulihan hubungan justru dapat menghambat pertumbuhan dan menyebabkan stagnasi. Kamu mungkin tidak benar-benar memproses hubungan masa lalu atau perpisahanmu dan akan kehilangan kesempatan untuk mengembangkan diri yang terkait dengan emosi negatif.

2. Dampaknya terhadap Kesehatan Mental Pasanganmu

Relationship rebound dapat membina dan menyehatkan bila itu merupakan apa yang diinginkan dan dibutuhkan kedua belah pihak pada saat tertentu dalam hidup mereka.

Namun, bila kedua belah pihak tidak memiliki pemikiran yang sama tentang keadaan emosional mereka dan salah satu pihak hadir sepenuhnya dalam hubungan sementara, pihak lainnya akan bereaksi terhadap masa lalu dan hal ini dapat menjadi tantangan bagi kesejahteraan kedua belah pihak.

Jika suatu hubungan membuatmu merasa kurang aman pada diri sendiri, ada baiknya kamu mencari tahu alasan kamu berada dalam hubungan tersebut dan apakah memang hal tersebut sepadan dengan waktu dan energimu.

3 dari 3 halaman

Bisakah Relationship Rebound dapat Bertahan?

Relationship rebound biasanya berlangsung antara satu bulan hingga satu tahun dan biasanya sulit bertahan melewati masa awal periode hubungan.

Menurut Stein, salah satu atau kedua anggota mungkin juga perlu melajang untuk sementara waktu, untuk benar-benar melakukan pekerjaan demi pengembangan diri yang seharusnya terjadi setelah perpisahan terakhir mereka.

Meskipun begitu, Stein menambahkan bahwa hubungan yang pulih pasti bisa berubah menjadi hubungan jangka panjang yang berkomitmen. Dalam skenario ini, hubungan akan tumbuh melampaui statusnya dengan tidak lagi menjadi hubungan reaksioner, melainkan berkembang menjadi hubungan serius tentang masa kini yang penuh kebahagiaan dan membangun masa depan bersama.

Hubungan ini seperti hubungan lainnya yang sehat dan didasarkan pada rasa saling menghormati, percaya, medukung pertumbuhan satu sama lain, dan kasih sayang.

Apa yang Harus Dilakukan Bila Kamu Berada dalam Relationship Rebound?

Bila kamu berada dalam relationship rebound, Stein merekomendasikan untuk bertanya pada diri sendiri apakah ini situasi yang sehat untukmu. Jika kamu memulai hubungan baru setelah putus cinta, Stein menyarankan untuk bertanya pada diri sendiri terkait pertanyaan-pertanyaan berikut:

  • Apakah saya memproses hubungan masa lalu?
  • Sudahkah saya belajar darinya?
  • Apakah aku tidak nyaman sendirian?
  • Apakah saya mengandalkan orang lain untuk memvalidasi nilai diri saya?

Bila kamu menjalin hubungan dengan seseorang yang sedang dalam masa pemulihan, Stein menyarankan untuk bertanya pada diri sendiri pertanyaan-pertanyaan berikut:

  • Apakah kebutuhan saya terpenuhi dalam dinamika ini?
  • Apakah saya merasakan kesepian dalam hubungan ini?
  • Apakah ada orang ketiga dalam hubungan ini?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.