Sukses

WhatsApp Luncurkan Fitur Baru, Pembaruan Status Bisa Terhubung ke Instagram

WhatsApp segera luncurkan fitur baru tentang pembaruan status yang dapat dibagikan ke platform Meta lainnya, seperti Instagram dan Facebook.

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp tampaknya segera meluncurkan pembaruan fitur untuk pengguna setia mereka. Melalui laman resminya, Wabetainfo.com, Mark Zuckerberg dilaporkan tengah berupaya mengintegrasikan dua platform andalannya, Instagram dan WhatsApp.

Pembaruan ini ia berikan agar pengguna dapat mengirimkan konten yang dibagikan pada dua aplikasi sekaligus untuk menghemat waktu. Mereka bisa melakukan pembaruan status pada WhatsApp dan Instagram secara bersamaan dalam satu waktu.

Melansir laman News18, fitur baru ini masih dalam pengembangan, namun sudah terlihat dalam versi terbaru beta WhatsApp. Menurut Wabetainfo, pengguna akan bisa memilih apakah ingin membagikan statusnya ke Instagram atau tidak. Selain itu, mereka juga dapat mengontrol pembaruan status mana yang akan dibagikan.

“Berkat pembaruan WhatsApp beta terbaru untuk Android 2.23.25.20, yang tersedia di Google Play Store, kami menemukan bahwa WhatsApp terus berupaya menemukan cara baru untuk berbagi pembaruan status dengan mengembangkan fitur opsional untuk membagikannya ke Instagram,” kata WABetaInfo.

Fitur ini tidak hanya akan menghemat waktu, tetapi meningkatkan keandalan dan konsistensi berbagi konten antara WhatsApp dan Instagram. Penting untuk dicatat bahwa fitur tersebut bersifat opsional, yaitu memberi pilihan untuk mengaktifkan atau menonaktifkannya berdasar preferensi masing-masing pengguna.

“Kami percaya bahwa mengintegrasikan fitur yang memungkinkan pengguna berbagi pembaruan status ke Instagram dapat memberikan beberapa keuntungan, salah satunya adalah penghematan waktu. Faktanya, memungkinkan pengguna untuk membagikan pembaruan status WhatsApp mereka langsung ke Instagram akan meningkatkan proses pembaruan status mereka di berbagai platform,” tegas WABetaInfo.

Daripada harus membuat dan memposting pembaruan terpisah di WhatsApp dan Instagram, pengguna akan dapat menjalankan tindakan tersebut dalam satu langkah. Efisiensi yang diperoleh dari integrasi ini akan memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan audiens di kedua platform secara lebih mudah.

Sebelumnya, WhatsApp telah menambahkan opsi berbagi pembaruan status ke Facebook, dan ingin terus meningkatkan layanan fiturnya agar kompatibel dengan platform lainnya. Fitur berbagi pembaruan status ke Instagram dilaporkan akan segera dirilis di masa mendatang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tinggalkan Nomor Telepon, WhatsApp Beralih Gunakan Nama Pengguna

WhatsApp berikan bocoran tentang perubahan layanan yang akan dibagikan ke sesama penggunanya. Melalui website resmi Wabetainfo.com, pengembang WhatsApp menginformasikan adanya pembaruan lebih praktis yang telah disiapkan, akan meluncur pada awal tahun 2024 mendatang.

Setelah beberapa saat lalu terdiam mengenai perkembangan aplikasi, Meta Platforms rupanya bereksperimen terhadap salah satu aplikasinya, WhatsApp. Mereka mengabarkan segera memberi kemudahan atas pencarian antar pengguna hanya dengan menuliskan nama atau username melalui kolom pencarian.

Konsep ini diluncurkannya demi melindungi privasi semua pengguna, dengan tanpa membagikan nomor telepon. Menurut pembaruan terkini, WhatsApp telah memasukkan fungsi khusus untuk nama pengguna.

Ketika fitur ini berhasil diluncurkan, Anda harus membuat username berbeda dengan pengguna lain, agar memudahkan seseorang menemukannya. Inovasi ini meniadakan keharusan berbagi nomor telepon pribadi untuk membangun koneksi di WhatsApp.

Dengan fitur terbaru ini, jika seseorang membagikan nama penggunanya kepada Anda maka cukup mencarinya pada bilah pencarian dan profilnya akan muncul. Ini akan membuka jalan untuk berkomunikasi langsung dalam WhatsApp.

Mirip dengan Telegram, yang telah memiliki fitur serupa, WhatsApp tampaknya memberi kontrol pengguna lebih besar atas pengalaman berkirim pesan. Meskipun Telegram memungkinkan penggunanya untuk menetapkan username publik demi identifikasi, harapannya WhatsApp dapat memberi penyesuaian lebih baik dengan membebaskan penggunanya untuk bersosialisasi secara luas.

Melansir laman Gizchina pada Senin (4/12/2023), fitur ini akan dapat kamu nikmati saat meluncur di awal tahun 2024 mendatang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.