Sukses

5 Kartu Pokemon Termahal di Dunia, Harganya Bisa Sampai Puluhan Juta Dollar

Bagi para penggemar karakter Pokemon, tentu tidak asing dengan permainan kartu Pokemon. Namun, tidak hanya sekedar kartu biasa, ada beberapa kartu Pokemon yang sangat langka di pasaran, dan harganya dapat mencapai angka yang sangat tinggi.

Liputan6.com, Jakarta Bagi para penggemar karakter Pokemon, tentu tidak asing dengan permainan kartu Pokemon. Namun, tidak hanya sekedar kartu biasa, ada beberapa kartu Pokemon yang sangat langka di pasaran, dan harganya dapat mencapai angka yang sangat tinggi. Dengan pertarungan kartunya yang menarik, sejumlah kartu Pokemon menjadi sangat langka dan legendaris sehingga dapat dibeli dengan harga yang sulit dipercaya.

Di Indonesia, koleksi kartu Pokemon mulai masuk pada tahun 2019 melalui AKG Entertainment, dan setiap tahunnya terdapat banyak pemain aktif kartu Pokemon di Indonesia.

Beberapa kartu Pokemon yang memiliki nilai tinggi menjadi favorit para penggemar. Beberapa di antaranya termasuk dalam kategori Pokemon terkuat dan kartu Pokemon terbaik dalam permainan, sementara yang lain merupakan kartu Pokemon edisi pertama atau kartu promo khusus yang hanya diterbitkan dalam suatu acara dan dicetak satu kali saja. Meskipun sebagian besar kartu Pokemon termahal berasal dari cetakan lama, minat terhadap Pokemon Trading Card Game terus berkembang, dengan beberapa kartu termahal yang berhasil terjual pada harga tertinggi tahun lalu.

Melansir dari beberapa sumber pada Jumat (1/12/2023), berikut kartu pokemon termahal di dunia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Presentation Blastoise Seharga US360.000

Kartu pokemon Presentation Blastoise menduduki kartu termahal ke lima di dunia. Selama beberapa waktu, kartu starter Kanto telah menjadi kartu Pokémon termahal yang pernah terjual, tetapi Presentation Blastoise meraih predikat tersebut pada bulan Januari 2021, dengan mencapai harga US$360.000 dalam lelang. 

Meskipun Blastoise tidak memiliki penggemar sebanyak Charizard, karakter ini tidaklah sekadar meriam berjalan berbentuk kura-kura biasa. Presentation Blastoise awalnya dicetak oleh Wizard's of the Coast sebagai model demonstrasi, digunakan untuk mendekati Nintendo guna memproduksi permainan kartu perdagangan yang sudah sukses di Jepang, dalam bahasa Inggris. 

Sebagai prototipe, kartu ini menunjukkan perbedaan seperti font yang berbeda, hilangnya simbol energi air, dan masih adanya kesalahan ejaan, yang semakin meningkatkan nilai kartu ini. Dengan perannya dalam menciptakan kesuksesan global permainan kartu ini, Presentation Blastoise ditempatkan di tengah-tengah sejarah Pokémon TCG. 

Hanya ada dua kartu Presentation Blastoise yang diproduksi, dan lokasi kartu lainnya tidak diketahui oleh publik, sehingga para pelelang masih meragukan keberadaannya saat ini.

3 dari 11 halaman

First Edition Charizard Seharga US420.000

Jika bertanya kepada penggemar kartu Pokémon biasa mengenai kartu yang paling dicari, kemungkinan besar mereka akan menyebut kartu "Charizard yang bersinar". Charizard edisi pertama ini telah menjadi sangat populer sejak pertama kali dirilis pada tahun 1999, dan holografiknya menjadi idaman kolektor dan penggemar selama lebih dari dua dekade, menjadikannya legenda di seluruh dunia. 

Edisi pertama holo Charizard sangat dihargai karena usianya, keterbatasan ketersediaan, dan gambar yang menjadi salah satu maskot Pokémon yang sangat dicintai. Sama seperti kartu Pokémon edisi pertama lainnya, kartu ini tidak memiliki bayangan dan dicetak tanpa bingkai gelap. 

Meskipun ada sedikit kartu tanpa bayangan yang bukan edisi pertama, kombinasi dari tepi tanpa bayangan dan logo edisi pertama adalah sertifikasi utama untuk keunggulan kartu ini. 

Pada bulan Oktober 2020, mantan rapper Logic membeli Charizard holografik edisi pertama tanpa bayangan dalam kondisi PSA 10 mint melalui lelang dengan harga US$220.000. Sebulan setelahnya, kartu dengan spesifikasi yang sama terjual seharga US$295.000. 

Namun, penjualan paling mencolok terjadi pada tahun 2022, di mana salinan PSA 10 mint terjual dengan harga US$420.000. Penjualan ini menjadikan Charizard edisi pertama sebagai kartu Pokémon termahal yang dapat dimainkan, menempatkannya sebagai yang ketiga tertinggi di dunia.

4 dari 11 halaman

Trophy Pikachu No.2 Trainer Seharga US$444.000

Berada di posisi kedua, setara dengan Trofi Pikachu yang menduduki peringkat tertinggi dalam daftar ini, Trophy Pikachu No. 2 Trainer diberikan kepada pemenang peringkat kedua dalam dua turnamen Pokémon pertama, pada tahun 1997 dan 1998. 

Kartu ini menampilkan ilustrasi karya seniman kartu Mitsuhiro Arita, menampilkan Pikachu yang bahagia memegang piala. Pada 7 September 2023, salinan dari turnamen kedua pada tahun 1998, yang dikenal sebagai Lizardon Mega Battle atau Charizard Mega Battle, terjual seharga US$444.000 melalui situs lelang Goldin. 

Perbedaan antara kartu hadiah dari turnamen kedua dan pertama hanya terletak pada teksnya. Mengapa harganya begitu tinggi? Karena kartu ini merupakan bagian dari sejarah Pokémon yang sangat langka dan terjaga dengan kualitas tinggi. Hanya ada 15 salinan kartu yang dibuat, dan hanya empat contoh kartu yang masih ada hingga dinilai oleh PSA. Namun, yang menjadi penentu sebenarnya adalah bahwa ini merupakan satu-satunya salinan yang mencapai peringkat PSA 10 yang sempurna.

5 dari 11 halaman

Topsun Charizard Blue Back Seharga US$493.230

Kartu Topsun Charizard Blue Back menjadi kartu Pokémon termahal yang pernah dilelang jika dianggap sebagai kartu Pokémon yang dapat dimainkan. 

Meskipun kartu ini menampilkan Charizard di bagian depan dan memiliki seluruh teks yang sesuai, sebenarnya bukan bagian dari Pokémon TCG resmi. Sebelum Creatures Inc. mengembangkan versi permainan trading kartu yang kita kenal, Topsun mencoba dan mencetak beberapa kartu prototipe. Nah, kartu ini termasuk salah satunya, dan bukan sembarang salah satunya. 

Keberadaan belakangnya yang berwarna biru dan tidak adanya nomor cetakan semakin menambah keunikannya. Pada bulan Januari 2021, versi PSA 10 dari kartu Topsun Charizard Blue Back tanpa nomor cetakan terjual dengan harga US$493.230 melalui lelang. Ini menunjukkan bahwa bahkan produk yang tidak resmi pun bisa memiliki nilai yang sangat tinggi di mata beberapa orang.

6 dari 11 halaman

Pikachu Illustrator Seharga US$5,28 Juta

Illustrator Pikachu merupakan kartu promo Pokémon yang awalnya diberikan kepada pemenang kompetisi ilustrasi pada tahun 1998, yang diadakan melalui majalah Jepang CoroCoro, dan hanya ada 39 eksemplar yang diproduksi. 

Kartu ini menjadi satu-satunya yang memiliki judul 'Illustrator', dengan seni karya dilukis oleh ilustrator Pokémon terkemuka, Atsuko Nishida, pencipta maskot utama Pokémon, Pikachu. Kartu ini juga dilengkapi dengan ikon pena unik di sudut kanan bawah, yang tidak ada pada kartu lainnya, sebagai pengingat akan asal-usul artistiknya. Meskipun tidak diketahui dengan pasti berapa banyak kartu Pikachu Illustrator yang masih ada, sepuluh salinan dengan sertifikasi PSA telah dinilai sebagai 'mint'.

Hingga bulan Januari 2021, kartu tersebut telah menjadi kartu Pokémon termahal yang pernah dijual di lelang, di mana versi PSA 9 Mint terjual dengan harga US$233.000. Illustrator Pikachu kembali memecahkan rekor dalam waktu enam bulan ketika Logan Paul menghabiskan US$4 juta untuk satu-satunya versi kartu PSA 10 yang ada. Pembelian ini kemudian diakui oleh Guinness World Records sebagai kartu Pokémon termahal yang pernah terjual. Namun, dari mana asal angka US$5,28 juta itu? Untuk menjual kartu senilai US$4 juta, kartu versi PSA 9 yang lebih rendah juga disertakan, dan harganya mencapai US$1,28 juta.

7 dari 11 halaman

Apa Itu Kartu Pokemon Emas?

Kartu pokemon emas merupakan kartu pokemon yang diproduksi untuk merayakan 20 tahun sejak rilisnya trading card Pokemon. Kartu ini dilapisi emas 24 karat dengan berat 11 gram

8 dari 11 halaman

Bagaimana Cara Mengetahui Kartu Pokemon Langka?

Kartu pokemon langka biasanya terdapat simbol yang terletak di sudut kanan bawah setiap kartu dan mewakili masing-masing jenis kelangkaannya.

9 dari 11 halaman

Berapa Harga Emas Pikachu?

Pikachu emas dijual seharga Rp15 Juta.

10 dari 11 halaman

Kartu Pokemon Gunanya untuk Apa?

Selain dijadikan koleksi, permainan kartu pokemon juga dapat mengasah kemampuan untuk membuat strategi. Hal ini karena para pemain akan bertanding dengan menggunakan kartu berisi karakter pokemon yang memiliki kekuatan dan kemampuan berbeda-beda.

11 dari 11 halaman

Kapan Kartu Pokemon Dibuat?

Kartu Pokemon pertama kali diterbitkan pada Oktober 1996 oleh Media Company di Jepang. Di AS, pertama kali diterbitkan oleh Wizards of the Coast. Pada bulan Juni 2003, Nintendo mengalihkan hak penerbitan dari Media Factory dan Wizards of the Coast ke The Pokémon Company.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.