Sukses

Kenali Female Athlete Triad, Kondisi yang Muncul Akibat Olahraga Berlebihan

Pernah mengalami menstruasi tidak lancar? Benarkah karena berolahraga berlebihan? Simak jawaban selengkapnya di sini.

Liputan6.com, Jakarta - Ladies, apakah salah satu resolusi Anda tahun ini termasuk menurunkan berat badan? Jika iya, untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal, bisa jadi Anda sendiri akan meningkatkan latihan.

Termasuk meningkatkan durasi olahraga, yang tadinya cuma 1-2 kali seminggu, sekarang berubah menjadi 4-5 kali seminggu dengan waktu yang lebih lama. Selain itu, Anda juga memperhatikan kalori dan ikut program defisit kalori.

Lalu, tiba-tiba saja di bulan berikutnya, Anda tidak menstruasi sama sekali. Apakah ini normal? Ya, walaupun penyebab tidak haid bisa terjadi karena pengaruh siklus menstruasi yang berbeda-beda antara setiap orang, tapi jangan sampai hal ini disepelekan.

Sebab, menurut ahli diet terdaftar Kate Patton, MEd, RD, CSSD, LD, yang kami kutip dari Clevelandclinic, Kamis (23/11/2023), mengatakan selama latihan atletik, banyak orang mengira amenorrhea, atau terhentinya siklus menstruasi adalah hal yang normal. Tapi ternyata tidak. Sebab, hal ini pun ternyata dapat mengindikasikan adanya masalah serius pada pola makan Anda.

Ini adalah salah satu bagian dari Female Athlete Triad, suatu sindrom yang berpotensi serius dari tiga kondisi yang saling terkait dengan faktor risiko kesehatan bagi wanita. Seperti amenorrhea, pengeroposan tulang/osteoporosis, dan ketersediaan energi yang rendah dengan atau tanpa gangguan pola makan. Atlet wanita dengan satu faktor risiko lebih mungkin mengembangkan – atau sudah memiliki – dua faktor risiko lainnya.

Walaupun terlihat menyeramkan, tapi hal ini bisa dicegah dan bisa disembuhkan, lho. Apalagi jika Anda sudah mengenali gejalanya sejak dini serta mencari penyembuhan medis.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Amenorrhea

Berhenti menstruasi mungkin tampak seperti efek samping yang "menyenangkan" dari olahraga berat yang Anda lakukan. Namun dampak kesehatan yang terkait dengan amenorrhea sebenarnya bisa sangat serius.

Amenorrhea bisa menjadi tanda anoreksia akibat olahraga yang berhubungan dengan kekurangan energi karena kurang makan, terlalu banyak berolahraga, atau kombinasi keduanya,” kata Patton.

Selama amenorrhea, metabolisme Anda melambat atau begitu lambat, sehingga Anda berhenti berovulasi untuk menghemat energi. Namun, Anda kemudian mencapai kebalikan dari apa yang Anda harapkan.

Sebab, dalam keadaan ini, Anda tidak dapat meningkatkan massa otot tanpa lemak karena pembentukan otot memerlukan energi.

Faktanya, otot Anda bahkan mungkin rusak untuk memberi bahan bakar pada organ yang lebih penting. Tubuh Anda menjadi lebih rentan terhadap cedera dalam kondisi lemah ini.

3 dari 4 halaman

2. Pengeroposan Tulang atau Osteoporosis

Estrogen membantu menjaga tulang Anda tetap kuat. Namun ketika kadarnya menurun secara alami setelah menopause, risiko patah tulang meningkat. Namun, pengeroposan tulang atau osteoporosis dapat terjadi pada semua usia akibat rendahnya kadar estrogen yang dipicu oleh amenorrhea.

Keroposnya tulang dapat terjadi jika asupan kalori Anda tidak mencukupi untuk tingkat latihan Anda. Menggunakan energi berlebihan yang dibutuhkan untuk latihan atletik berat akan menghabiskan energi yang dibutuhkan tubuh Anda untuk produksi estrogen.

3. Gangguan makan

Gangguan makan mungkin dimulai saat Anda membatasi kalori untuk menurunkan berat badan. Beberapa wanita mungkin membatasi makan secara tidak sengaja karena mereka menyeimbangkan jadwal latihan yang berlebihan dengan tuntutan pekerjaan, sekolah dan/atau kehidupan keluarga.

Seiring waktu, pembatasan makanan ini dapat berkembang menjadi obsesi atau pendekatan makan yang tidak teratur.

“Atlet wanita yang paling rentan terhadap pembatasan asupan kalori adalah mereka yang melakukan olahraga berlebihan, melakukan olahraga yang memerlukan pemeriksaan berat badan, atau melakukan olahraga yang mendapatkan manfaat dari komposisi tubuh yang lebih ramping,” kata Patton.

Dia mengatakan remaja yang orang tuanya atau pelatihnya suka mengontrol juga berisiko mengalami gangguan makan.

4 dari 4 halaman

Tips untuk Mencapai Keseimbangan yang Sehat

Untuk berlatih sekuat tenaga, Anda perlu mengonsumsi makanan yang tepat sebagai bahan bakar tubuh Anda. Patton berkata, “Ini akan membangun otot dan mencegah cedera.”

Untuk mencegah dampak kesehatan serius yang terkait dengan Female Athlete Triad yang bisa dilakukan yaitu:

  • Makanlah tiga kali makan lengkap setiap hari.
  • Seimbangkan makanan dengan karbohidrat, protein, dan lemak.
  • Jangan pernah mengabaikan kelompok makanan tertentu, seperti lemak.
  • Menghilangkan kelompok makanan merupakan tanda gangguan makan.
  • Makanlah dalam waktu 30 hingga 60 menit setelah menyelesaikan semua latihan.
  • Makanlah makanan pasca-latihan yang tinggi karbohidrat dan protein sedang. 
  • Miliki minimal tiga camilan kaya karbohidrat sepanjang hari. Jika olahraga berlangsung lebih dari 90 menit, makanlah 15 gram karbohidrat atau minum minuman olahraga setiap 15 hingga 30 menit.
  • Konsumsi kalsium dalam jumlah yang cukup setiap hari: 1.000 hingga 1.300 mg per hari. Sumber terbaiknya antara lain susu, yogurt, susu non-susu (seperti kedelai, almond), keju, jus jeruk yang diperkaya kalsium, dan selada berdaun hijau tua.

Patton mengatakan atlet wanita yang merasa berisiko terkena kondisi ini harus menemui dokter kedokteran olahraga.

“Jika Anda mengalami kesulitan dalam membangun pola makan sehat atau meningkatkan kalori, Anda harus menemui ahli diet terdaftar untuk mendapatkan bantuan profesional,” katanya.

“Banyak wanita yang menyangkal bahwa mereka mengidap anoreksia akibat olahraga akibat pola makan yang tidak teratur. Tapi melewatkan satu periode menstruasi adalah tanda bahwa mereka tidak cukup makan dan memerlukan evaluasi lebih lanjut.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.