Sukses

5 Cerita Mistis Gunung Slamet, Tempat Bersemayam Makhluk Gaib hingga Pesugihan

Gunung Slamet adalah gunung tertinggi di Jawa Tengah (3.428 mdpl), gunung ini mendapat julukan 'Atap Jawa Tengah'. Gunung Slamet juga sangat populer di kalangan pendaki dengan sejumlah cerita mistisnya yang menarik.

Liputan6.com, Jakarta Gunung Slamet adalah salah satu gunung yang terletak di wilayah Jawa Tengah. Gunung dengan tinggi 3.428 meter di atas permukaan laut (mdpl). Gunung ini terletak di 5 kabupaten, yaitu Pemalang, Banyumas, Brebes, Tegal, dan Purbalingga.

Gunung Slamet mendapat julukan 'Atap Jawa Tengah' karena memiliki puncak paling tinggi dibandingkan dengan gunung-gunung lain di Jawa Tengah. Selain itu, Gunung Slamet juga merupakan salah satu gunung favorit para pendaki, baik pemula maupun profesional. 

Namun, dibalik kemegahannya, Gunung Slamet ternyata punya banyak cerita mistis yang masih dipercaya oleh masyarakat sekitar. Penasaran ada cerita mistis apa saja di gunung tersebut? Yuk simak selengkapnya. 

Berikut beberapa cerita mistis yang ada di atap Jawa Tengah ini, yang dilansir dari berbagai sumber pada Kamis (9/11/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Puncak Gunung Slamet Dikenal sebagai Tempat Bersemayamnya Makhluk Gaib

Konon, puncak Gunung Slamet menjadi pusat peradaban sebuah kerajaan gaib. Cerita ini dipercaya oleh masyarakat sekitar, terutama masyarakat di daerah Purwokerto karena kerap melihat fenomena alam yang mendukung cerita itu. 

Salah satunya adalah cahaya-cahaya misterius yang berkeliaran. Selain itu, ada juga beberapa alasan mengapa mitos ini dipercaya oleh masyarakat sekitar. 

Pertama, wilayah sekitar Gunung Slamet kaya akan budaya dan tradisi yang terkait dengan animisme dan dinamisme, di mana gunung dianggap sebagai tempat tinggal dewa dan roh halus. 

Kedua, Gunung Slamet memiliki banyak tempat sakral, seperti puncak, mata air, dan gua yang sering dikunjungi untuk berdoa dan memohon berkah.

3 dari 11 halaman

Gunung Slamet Memiliki Pintu Gerbang Kerajaan Gaib di Pos Samarantu

Pos Samarantu adalah salah satu pos peristirahatan di jalur pendakian Gunung Slamet. Pos ini terletak di antara Pos 3 dan Pos 4 jalur pendakian via Guci dengan ketinggian 2.200 meter di atas permukaan laut. 

Pos Samarantu dikenal sebagai pos yang angker dan sering dihuni oleh makhluk halus. Pos ini juga memiliki gerbang kerajaan gaib berupa dua pohon besar sejajar seperti pintu gerbang, yang dianggap sebagai pintu masuk ke dunia gaib.

Berbagai cerita beredar tentang pengalaman aneh di sekitar gerbang gaib ini. Pendaki mengaku melihat wanita cantik yang tiba-tiba menghilang, atau mendengar suara gamelan yang aneh di malam hari.

4 dari 11 halaman

Penampakan Manusia Kerdil

Menurut cerita masyarakat setempat, di Gunung Slamet sering terlihat penampakan manusia kerdil. Manusia kerdil ini dipercaya sebagai penunggu Gunung Slamet yang sudah hidup sejak lama. 

Warga kerap menemukan jejak kaki manusia kerdil di hutan Gunung Slamet. Bahkan ada juga warga yang melihat manusia kerdil bermain di dekat perkampungan. Manusia kerdil ini memiliki tinggi sekitar 50-60 cm dan memiliki kulit berwarna kemerahan. Mereka dipercaya memiliki kemampuan untuk menghilang dan terbang.

5 dari 11 halaman

Pulau Jawa Terbelah Menjadi Dua Apabila Gunung Slamet Meletus

Mitos ini berakar dari ramalan Jayabaya, seorang raja dan pujangga Kerajaan dari Kediri abad ke-12. Dalam ramalan Jayabaya, disebutkan bahwa Gunung Slamet akan meletus dan menyebabkan Pulau Jawa terbelah menjadi dua bagian. 

Ramalan ini masih dipercaya oleh sebagian masyarakat Jawa. Pasalnya, Gunung Slamet pernah meletus pada tahun 1786 dan menyebabkan kerusakan yang cukup parah.

6 dari 11 halaman

Sosok Naga di Air Terjun Guci

Mitos seputar Gunung Slamet meluas ke kehidupan masyarakat yang tinggal di lerengnya, khususnya di Air Terjun Guci, di mana konon bersemayam siluman Naga Cerek. Banyak orang yang melakukan ritual pesugihan di sana tiap malam Jumat legi atau Selasa Kliwon. Namun pesugihan itu mensyaratkan nyawa anggota keluarga.

7 dari 11 halaman

Apakah Gunung Slamet Tidak Aktif?

Gunung Slamet memiliki vegetasi seluas 31.200 ha dan total area gunung mencapai 56.000 ha. Hingga saat ini, Gunung Slamet adalah gunung berapi yang aktif. Sebelum dinyatakan dalam level Siaga pada beberapa waktu lalu, gunung ini juga pernah mencapai level Siaga pada pertengahan 2009.

8 dari 11 halaman

Siapa yang Menjaga Gunung Slamet?

Mbah Samsuri adalah juru kunci Gunung Slamet yang dikenal sebagai sosok supel dan mudah bergaul dengan para pendaki dan masyarakat sekitar. Siapapun pendaki yang ingin melakukan pendakian ke Gunung Slamet, harus izin terlebih dahulu kepada Samsuri.

9 dari 11 halaman

Gunung Slamet Termasuk Tipe Gunung Apa?

Gunung slamet adalah sebuah gunung berapi kerucut tipe A yang berada di Jawa Tengah, Indonesia. Gunung ini merupakan gunung tunggal yang terpisah dari pegunungan.

10 dari 11 halaman

Berapa Jam Naik ke Gunung Slamet?

Para pendaki akan membutuhkan waktu sekitar 10 jam untuk mencapai puncak Gunung Slamet dari jalur Bambangan. Pendakian di jalur ini dapat dilakukan 2 hari 1 malam. Pendaki akan melewati 9 pos jika mendaki Gunung Slamet melalui Jalur Bambangan.

11 dari 11 halaman

Berapa Lama Naik Gunung Slamet Via Guci?

Di jalur ini, pendaki akan melewati 5 pos pendakian dengan durasi waktu sekitar 12 jam untuk mencapai puncak Gunung Slamet. Desa Guci juga terkenal sebagai desa wisata, di desa ini terdapat pemandian air panas. Para pendaki dapat mencoba melepas penat setelah mendaki Gunung Slamet, di pemandian air panas ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini