Sukses

7 Kegiatan yang Bisa Dilakukan untuk Memperingati Hari Ayah Nasional

Berikut ini deretan hal yang bisa dilakukan saat memperingati Hari Ayah.

Liputan6.com, Jakarta Tanggal 12 November setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Ayah Nasional. Sama seperti Hari Ibu, Hari Ayah adalah hari yang istimewa untuk menunjukkan kasih sayang dan apresiasi kepada sosok dalam hidup Anda.

Menemukan hal yang dapat dilakukan untuk Hari Ayah bisa jadi sulit. Jika Anda kesulitan memikirkan apa yang harus dilakukan untuk menjadikan hari itu istimewa atau jenis aktivitas apa yang mungkin disukai ayah Anda (atau sosok ayah), cobalah beberapa ide di bawah ini. 

Atau gunakan ide tersebut sebagai inspirasi saat Anda mencari cara untuk menghormati dan merayakan orang yang paling berjasa dalam hidup Anda. Dilansir dari Family Search, Minggu (12/11/2023), berikut ini deretan hal yang bisa dilakukan saat memperingati Hari Ayah. 

1. Pelajari tentang silsilah keluarganya

Menelusuri silsilah keluarga ayah Anda dapat membantu Anda mempelajari lebih dalam tentang masa lalu dan warisan budaya keluarganya. Ini bisa menjadi cara yang berarti untuk merasa lebih terhubung dengan keluarga ayah Anda, dulu dan sekarang. Mulailah mencatat silsilahnya keluarganya atau tanyakan padanya tentang cerita favoritnya tentang orang tua, kakek nenek, atau leluhur lainnya. Kisah masa kecil dan kisah keluarga yang disayangi benar-benar dapat dijadikan sebagai hal yang istimewa.

2. Bagikan kenangan favoritmu tentang ayahmu

Berbagi dan menyimpan kenangan favorit Anda tentang ayah atau sosok ayah dalam hidup Anda akan membuat kenangan favorit Anda tetap segar dalam ingatan Anda. Cobalah mengingat saat-saat dia mengasuh Anda, membuat Anda tertawa, mengajari Anda sesuatu yang penting, atau menginspirasi Anda. Kegiatan ini dapat membantunya merasa dicintai dan dihargai.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Buatlah hadiah buatan sendiri untuk ayah

Meluangkan waktu untuk memberikan hadiah istimewa yang dapat Anda buat di rumah akan membuat hadiah tersebut menjadi lebih bermakna. Atau, jika dia senang membuat kerajinan tangan, jadikan itu sebagai aktivitas keluarga.

4. Berlibur bersama ayah

Anda dapat melakukan perjalanan akhir pekan ke suatu tempat baru atau bahkan sekadar menjelajahi tempat baru di kota Anda sendiri. Pernahkah Anda mempertimbangkan wisata warisan budaya? Apa pun yang Anda lakukan, itu akan menjadi cara yang bagus untuk melakukan hal-hal baru bersama. 

3 dari 3 halaman

5. Mainkan game bersama ayah

Bermain permainan papan, permainan kartu, atau bahkan video game adalah cara sempurna untuk menjalin ikatan sebagai sebuah keluarga. Temukan permainan favorit, dan mainkan bersama untuk mendapatkan waktu berkualitas.

6. Buatlah pertunjukan

Buatlah pertunjukan hanya untuk ayahmu. Bisa berupa sandiwara, lagu, stand-up comedy, atau pertunjukan bakat. Ini sangat menyenangkan jika Anda memiliki anak.

7. Berpartisipasi dalam hobi favoritnya

Jika ayah Anda suka memasak, cobalah memasak bersama, atau jika berkebun, luangkan waktu di siang hari untuk melakukannya bersamanya. Dia akan menikmati melakukan apa yang dia sukai, dan dia akan semakin menyukainya karena Anda melakukannya bersamanya. Hargai momen-momen ini untuk belajar dari dan tentang dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.