Sukses

Jangan Diabaikan, Ini 8 Red Flag Seseorang Berpura-pura Baik kepadamu

Beriku ini tanda-tanda seseorang berpura-pura baik kepadamu.

Liputan6.com, Jakarta Setiap kali Anda menjalin pertemanan baru atau hubungan romantis, Anda mengambil lompatan kecil dalam keyakinan bahwa orang tersebut adalah dirinya yang sebenarnya. Sayangnya, hal ini tidak selalu terjadi—beberapa orang memiliki motif tersembunyi yang mendorong mereka untuk bersikap "berpura-pura baik" kepada Anda sambil merahasiakan perasaan mereka yang sebenarnya.

Tentu saja, hal ini biasanya tidak terlihat pada awal hubungan. Seringkali perlu waktu untuk menyadari bahwa seseorang tidak memikirkan kepentingan terbaik Anda. Kuncinya, kata para ahli, adalah mengenali tanda-tanda umum ketidaktulusan, dan memercayai intuisi Anda.

Begitu Anda menyadari masalahnya, terserah pada Anda untuk membangun batasan yang aman, mengomunikasikan kekhawatiran Anda, atau mengarahkan energi Anda ke hal lain.

Ingin tahu apakah seseorang dalam hidup Anda bersikap "berpura-pura baik" kepada Anda? Berikut ini delapan red flag yang bisa berarti hubungan tersebut tidak nyata seperti dihimpun dari Bestlife.

1. Perkataan mereka tidak sejalan dengan tindakan mereka

Salah satu cara mengenali seseorang yang bersikap "berpura-pura baik" kepada Anda adalah dengan membandingkan perkataannya dengan tindakannya. Jika mereka membicarakan permainan yang bagus tetapi pada akhirnya tidak memberikan dukungan saat Anda membutuhkannya, mereka mungkin kurang tulus.

“Mereka mungkin menghujani Anda dengan pujian, tetapi tindakan mereka tidak sejalan dengan perkataannya,” jelas Bayu Prihandito, seorang life coach dan pendiri Life Architekturte.

2. Mereka menyembunyikan emosi negatifnya

Wajar jika Anda ingin merahasiakan beberapa hal, tetapi jika Anda melihat teman Anda hanya mengungkapkan emosi positif, itu mungkin berarti dia menyembunyikan perasaan dan frustrasinya yang sebenarnya di hadapan Anda.

“Mengalami emosi negatif adalah hal yang wajar, dan seseorang yang menyembunyikannya sepenuhnya mungkin tidak menunjukkan jati dirinya,” jelas Ryan Sultan, MD, psikiater, terapis, dan profesor bersertifikat di Universitas Columbia.

Meski begitu, kecenderungan teman Anda untuk menyimpan kartunya dekat di dadanya mungkin lebih disebabkan oleh dirinya dibandingkan Anda. Prihandito mengatakan bahwa mengajukan pertanyaan terbuka dan mengamati respons mereka dapat membantu Anda lebih memahami niat dan motif mereka—dan menentukan apakah mereka bersikap "berpura-pura baik" kepada Anda atau hanya dilindungi secara emosional.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Bahasa tubuh mereka berbeda

Mereka mungkin mengatakan semua hal yang benar, tetapi jika bahasa tubuh mereka tampaknya menunjukkan kurangnya ketulusan, penting bagi Anda untuk memercayai naluri Anda.

"Isyarat non-verbal sering kali lebih jelas daripada kata-kata. Seseorang mungkin mengatakan bahwa mereka bahagia untuk Anda, namun bahasa tubuhnya (seperti menghindari kontak mata, senyum yang dipaksakan, atau postur tertutup) dapat menunjukkan sebaliknya," jelas Niloufar Esmaeilpour, MSc , RCC, SEP, pendiri Lotus Therapy & Counseling Center di Vancouver.

4. Mereka sering menyanjung Anda

Para ahli juga mengatakan bahwa Anda harus berhati-hati ketika teman baru atau kekasih Anda sangat bergantung pada sanjungan untuk menarik Anda ke dalam hubungan tersebut.

“Meskipun kita semua menyukai pujian, sanjungan yang berlebihan terkadang bisa menjadi tanda ketidaktulusan. Jika seseorang memuji Anda tanpa alasan atau alasan yang tulus, itu mungkin merupakan taktik untuk memenangkan hati Anda karena motif mendasar lainnya,” kata Prihandito.

 

3 dari 4 halaman

5. Mereka bergosip tentang orang lain

Mengamati cara teman Anda memperlakukan orang-orang yang ada dalam hidupnya akan memberi Anda petunjuk bagus tentang bagaimana mereka akan memperlakukan Anda.

“Jika seseorang berbicara negatif tentang orang lain kepada Anda, ada kemungkinan mereka akan melakukan hal yang sama terhadap Anda saat Anda tidak ada,” kata Esmaeilpour. "Dengarkan bagaimana mereka berbicara tentang kenalan atau teman bersama. Apakah sebagian besarnya bersifat negatif atau tidak sopan?"

Jika Anda melihat pola negatif terhadap orang lain, terapis mengatakan yang terbaik adalah menetapkan batasan yang sehat dalam hubungan. “Batasi informasi pribadi yang Anda bagikan dengan orang ini dan pertahankan jarak,” sarannya. 

“Ada juga kemungkinan untuk menghadapi perilaku tersebut dengan lembut, mengungkapkan ketidaknyamanan dengan diskusi negatif.”

6. Kebaikan mereka bersyarat

Anda mungkin memperhatikan bahwa seseorang dalam hidup Anda hadir dan baik hati hanya ketika hal itu tampaknya paling bermanfaat bagi mereka. Ini adalah tanda bahaya besar yang bisa menunjukkan bahwa mereka "berpura-pura baik" karena suatu motif tersembunyi.

“Jika kebaikan mereka tampak bersyarat, artinya terikat pada situasi atau manfaat tertentu, itu adalah tanda bahaya,” kata Prihandito. "Kebaikan dan cinta yang tulus tidak bersyarat dan tidak digunakan sebagai alat pertukaran."

 

4 dari 4 halaman

7. Hubungan terasa asimetris

Hubungan yang tulus didasarkan pada rasa saling percaya, pengertian, dan minat. Jika Anda menyadari bahwa segala sesuatunya terasa tidak simetris antara Anda dan seorang teman, atau bahwa hubungan tersebut hanya melibatkan sebagian dari mereka, itu bisa berarti dia bersikap "berpura-pura baik" kepada Anda.

“Meskipun mereka mungkin menanyakan banyak pertanyaan pribadi tentang Anda, mereka mungkin sangat berhati-hati saat Anda menanyakan tentang kehidupan mereka. Keingintahuan asimetris ini dapat menjadi upaya untuk menciptakan ketidakseimbangan investasi emosional dalam interaksi,” jelas Lachlan Brown, seorang hubungan ahli dengan latar belakang psikologi perilaku.

8. Mereka mencerminkan opini, tindakan, atau ekspresi Anda

Ini juga merupakan tanda bahaya jika hubungan terasa terlalu simetris. Misalnya, jika Anda menyadari bahwa Anda selalu cenderung setuju dalam segala hal, atau bahwa tindakan Anda selalu selaras, ini bisa menjadi tanda bahwa tindakan tersebut mencerminkan kepribadian Anda untuk memperdalam ikatan.

“Saya harus mengakui bahwa mirroring adalah bagian alami dari interaksi manusia,” kata Brown. "Tetapi pencerminan yang ekstrim (misalnya menyalin opini, tindakan, dan bahkan nada suara Anda) dapat mengindikasikan upaya untuk memenangkan hati Anda dengan cepat, sering kali karena alasan manipulatif."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.