Sukses

Arti Jika Anda Bermimpi Tentang Kematian Menurut Pakar

Pernahkah Anda bermimpi tentang kematian? Jika ya, berikut ini deretan makna jika Anda bermimpi tentang kematian menurut pakar.

Liputan6.com, Jakarta Sebagian besar orang mungkin pernah bermimpi tentang kematian. Bermimpi tentang kematian bisa mengganggu dan meresahkan. Apakah mimpi itu tentang kematian Anda atau orang lain, Anda mungkin bertanya-tanya apa artinya bagi hidup Anda.

Jika Anda bermimpi tentang kematian, Anda tidak sendirian. Mengalami mimpi tentang kematian adalah hal yang biasa, kata Shelby Harris, PsyD, direktur kesehatan tidur di Sleepopolis, dilansir dari Verywell Mind.

Mimpi kita jarang sekali bersifat literal, melainkan berbicara dalam simbol dan metafora, kata Lauri Loewenberg, seorang analis mimpi bersertifikat. Kematian dalam mimpi mungkin sebenarnya bukan tentang kematian. Sebaliknya, hal ini sering kali mewakili perubahan, akhir hubungan, atau akhir kehidupan seperti yang Anda tahu, kata Loewenberg.

Misalnya, jika Anda bermimpi tentang kematian Anda, ini bisa menandakan bahwa sebagian hidup Anda akan segera berakhir. Atau, jika kamu bermimpi tentang kematian orang lain, ini bisa menandakan bahwa hubungan kamu dengan mereka, atau sesuatu yang mereka wakili bagi kamu, sedang berubah.

Daripada menganggap mimpi kematian secara harfiah, Loewenberg merekomendasikan untuk melihatnya sebagai pesan dari alam bawah sadar Anda bahwa inilah saatnya untuk maju dan/atau berkembang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Emosi dari mimpi dapat bertahan lama dan memengaruhi suasana hati Anda

Jika ada bagian dari hidup Anda yang akan segera berakhir, alam bawah sadar Anda menyajikannya kepada Anda sebagai kematian sehingga Anda dapat lebih mudah melepaskannya dan membuka diri terhadap pertumbuhan yang akan datang dari move on dari sesuatu yang tidak lagi dapat bertahan.

Bermimpi tentang kematian bisa menyusahkan dan menyebabkan Anda mengalami berbagai emosi. Anda mungkin merasa sedih, takut, cemas, panik, bingung, atau bahkan penasaran, kata Dr. Harris.

Selain emosi yang intens, Anda mungkin juga mengalami gejala fisik seperti detak jantung yang cepat, sesak napas, berkeringat, atau gerakan kaki saat bermimpi.

Bergantung pada seberapa jelas mimpi tersebut dan seberapa banyak Anda mengingatnya saat bangun, emosi dari mimpi tersebut dapat bertahan lama dan memengaruhi suasana hati Anda.

Memimpikan kematian bahkan mungkin mendorong Anda untuk lebih memikirkan keadaan hidup Anda saat ini dan apa arti mimpi tersebut, Dr. Harris menambahkan.

3 dari 4 halaman

Jenis-Jenis Mimpi Kematian dan Artinya

Loewenberg membantu kita memecahkan arti dari beberapa jenis mimpi kematian.

Arti Mimpi Pasangan Anda Meninggal

Mimpi bahwa pasangan Anda meninggal bisa menjadi indikasi bahwa mereka sedang berubah, kata Loewenberg. Atau, ini bisa berarti bahwa hubungan Anda dengan mereka telah berakhir atau cara Anda memandang mereka sedang berubah, tambahnya.

Arti Mimpi Orang Tua Meninggal

Arti mimpi orang tua meninggal bisa jadi disebabkan oleh perubahan dalam kehidupan orang tua atau perubahan dalam hubungan kamu dengan mereka, kata Loewenberg.

Namun, katanya, orang tuamu mungkin juga mewakili sebagian dari dirimu. “Dalam hal ini, orang tua Anda bisa saja membela peran atau identitas Anda sendiri sebagai orang tua.”

Arti Mimpi Anak Meninggal

Ini bisa menjadi mimpi kematian yang paling menyedihkan untuk dialami karena ketakutan dan kesedihan yang Anda rasakan dalam mimpi itu sangat nyata, kata Loewenberg.

Namun, ia menjelaskan bahwa mimpi ini paling sering dipicu oleh peristiwa penting dalam kehidupan anak Anda, seperti belajar berjalan, masuk perguruan tinggi, dan lainnya.

“Mimpi ini cenderung terjadi ketika salah satu fase kehidupan anak Anda telah berakhir. Ini adalah cara jiwa Anda berduka atas berlalunya waktu dan berakhirnya ketergantungan anak Anda pada Anda sebagai orang tua,” kata Loewenberg.

 

4 dari 4 halaman

Jenis-Jenis Mimpi Kematian dan Artinya Selanjutnya

Arti Mimpi Saudara Meninggal

Arti mimpi saudara Anda meninggal bisa menandakan bahwa hubungan Anda dengan mereka berkembang dalam beberapa hal atau bahwa beberapa aspek kehidupan mereka berubah, kata Loewenberg.

Namun, saudara Anda juga bisa mewakili bagian dari diri Anda dalam mimpi, kata Loewenberg. Misalnya, dia mengatakan jika Anda memiliki ciri kepribadian yang sama dengan mereka, atau jika ada bagian dari mereka yang Anda kenali, mimpi saudara Anda meninggal bisa berarti bahwa bagian dari diri Anda sedang dalam perjalanan keluar.

Arti Mimpi Teman Meninggal

Memimpikan kematian teman Anda bisa berarti persahabatan Anda dengannya memudar atau ada perubahan dalam kehidupan teman Anda di mana dia yang dulu sepertinya sudah tidak ada lagi, kata Loewenberg.

Arti Memimpikan Seseorang yang Telah Meninggal

Jika seseorang yang benar-benar meninggal dalam kehidupan nyata muncul sebagai hantu dalam mimpi Anda, mimpi itu mungkin mewakili sesuatu dari masa lalu Anda yang saat ini menghantui pikiran Anda, seperti masalah atau kenangan yang belum anda lepaskan, jelas Loewenberg.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.