Sukses

Persahabatan yang Sehat dan Bahagia, Ini 4 Jenis Teman yang Harus Kamu Miliki

Semua jenis teman yang berbeda memainkan peran yang berbeda pula dalam hidupmu, menawarkan dukungan, kenyamanan, nasihat, rasa memiliki, tawa, dan kenangan.

Liputan6.com, Jakarta - Kamu pasti tahu bahwa persahabatan merupakan hal penting bagi kesehatan dan kebahagiaanmu. Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa teman sangat penting bagi kesejahteraan manusia, seperti halnya keluarga. Mungkin kamu memiliki teman yang hanya kamu jumpai di pesta dan tempat kerja. Selain itu, mungkin ada pula teman dekat yang sudah tumbuh bersama sejak lama dan mengetahui kehidupanmu sepenuhnya. 

Semua jenis teman yang berbeda ini memainkan peran yang berbeda pula dalam hidupmu, menawarkan dukungan, kenyamanan, nasihat, rasa memiliki, tawa, dan kenangan. Apa pun jenis teman yang kamu miliki, penting untuk mengetahui tanda-tanta teman baik dan teman buruk serta cara mengetahui apakah seseorang bukan lagi teman baik

Lantas, seperti apa jenis persahabatan yang perlu kamu ketahui dan mungkin saja cocok dengan persahabatanmu saat ini? Berikut ulasannya, seperti yang dilansir dari halaman Verywell Mind pada Kamis (02/11/23).

1. Kenalan

Kenalan merupakan teman yang pernah kamu temui beberapa kali, baik di pesta atau melalui temanmu yang lain. Kamu mungkin tidak banyak tahu tentang kehidupan mereka karena belum pernah melakukan percakapan yang lebih dalam atau menghabiskan waktu bersama lebih lama. Kenalan adalah orang-orang yang berinteraksi secara dangkal denganmu, tanpa keterlibatan emosional yang siginifikan dalam hubungan tersebut. Namun, kenalan juga dapat memberikan sesuatu yang bisa dikenang, seperti:

  • Interaksi yang ramah. Kamu mungkin pernah mengobrol santai dengan seorang kenalan bila kamu bertemu mereka di sebuah acara atau di tempat tertentu.Biasanya, suasana yang terbentuk akan sangat ramah karena masih ada rasa canggung.
  • Koneksi media sosial. Kamu mungkin pernah menyukai atau mengomentari postingan media sosial satu sama lain dari waktu ke waktu.
  • Peluang relasi. Kamu mungkin akan saling membantu dengan adanya ide, saran, atau koneksi, terutama bila kamu mengetahui bahwa kau memiliki hobi atau minat yang sama dengan kenalanmu.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Teman Biasa

Teman biasa merupakan orang-orang yang mungkin kamu jadikan teman di kantor, acara tertentu, dan sebagainya. Kamu mungkin mengetahui tentang orang tersebut dibandingkan dengan kenalanmu, tetapi hubunganmu seringkali bertumpu pada lingkungan dan aktivitas bersama semata, seperti olahraga, tempat kerja, atau kelompok hobi tertentu. Namun, teman biasa ini akan memberikan beberapa hal, seperti:

  • Persahabatan. Teman biasa adalah orang-orang yang sering kamu jumpai untuk melakukan aktivitas, seperti makan siang bersama atau mengunungi coffee shop di lingkungan sekitar sehingga memungkinkan akan adanya hubungan persahatan.
  • Kepentingan bersama. Kamu mungkin memiliki minat dan hobi yang sama dengan teman-teman ini. Baik itu perihal kecintaan pada olahraga tertentu, hobi, atau antusiasme terhadap serial tertentu sehingga kamu dan mereka akan sibuk mendiskusikan minat yang sama tersebut.
  • Percakapan yang ringan. Kamu bisa terlibat dalam percakapan ringan dan menyenangkan dengan teman biasa. Percakapan ini mungkin akan melibatkan tawa dan humor ketika kamu menghabiskan waktu bersama dan mendiskusikan suatu topik.

3. Teman Dekat

Teman dekat adalah sahabat, orang-orang yang berada di lingkungan dekatmu. Mereka merupakan teman yang langsung membuat kamu merasa terikat, sering diajak bicara, saling berbagi, dan menceritakan ketakutan bersama. Mereka seringkali menjadi orang yang paling sejalan dengan dirimu. Teman dekat akan memberikan banyak hal dalam hidupmu, seperti:

  • Bantuan emosional. teman dekat merupakan jangkar emosionalmu. Mereka menyediakan ruang aman yang dapat kamu gunakan dengan bebas untuk mengekspresikan pikiran, perasaan, dan ketakutanmu tanpa khawatir dihakimi.
  • Saling percaya. Teman-teman dekat ini adalah orang yang tepat untuk kamu andalkan, apa pun yang terjadi, mereka akan setia padamu dan selalu mendukungmu.
  • Kenyamanan. Teman dekat akan memberikan hiburan saat kehilangan, patah hati dan kesedihan. Mereka memahami rasa sakit yang kamu hadapi dan selalu menawarkan dukungan emosional.
  • Waktu berkualitas. Menghabiskan waktu bersama teman dekat adalah prioritas. Kamu akan menikmati kebersamaan satu sama lain dan beruoaya untuk terhubung secara teratur, baik ketika makan, minum kopi, atau aktivitas yang menyenangkan lainnya. Teman-teman ini merupakan orang yang kamu tuju untuk merayakan hari-hari pentingmu.
  • Nasihat. Teman dekat merupakan pemberi nasihat terbaik. Ketika kamu mempertimbangkan suatu ide atau menghadapi dilema, mereka akan menawarkan dukungan, nasihat, bimbingan, dan pandangan.
3 dari 4 halaman

4. Teman Seumur Hidup

Sahabat seumur hidup merupakan orang-orang yang berteman dengan kamu sejak kecil. Seringkali dengan teman inilah kamu bisa menjadi dirimu sendiri. Teman seumur hidup akan memberikan hal yang sangat luar biasa, seperti:

  • Ketabahan. Sahabat seumur hidup mempunyai ketabahan yang mirip dengan anggota keluarga. Mereka telah menjadi bagian dari perjalanan hidupmu dari masa kanak-kanak hingga dewasa. Mereka selalu hadir dalam hidupmu.
  • Pengalaman bersama. Teman-teman ini telah menyaksikan berbagai fase kehidupanmu dan melewati setiap pencapaian bersamamu. Pengalaman bersama akan menciptakan rasa memiliki yang mendalam.
  • Ikatan keluarga. Teman seumur hidup seringkali dekat dengan anggota keluargamu dan sebaliknya serta menciptakan ikatan kekeluargaan yang lebih dari sekadar hubungan pertemanan.
  • Keabadian. Persahabatan ini melampaui waktu dan jarak. Meskipun kami sudah bertahun-tahun tidak bertemu, rasanya tak ada waktu berlalu ketika kamu bersatu kembali. Persahabatan seumur hidup berlanjut tepat di tempat berakhirnya.
  • Kenangan seumur hidup. Teman seumur hidup merupakan penjaga kenangan bersama. Mereka akan mengingat kisah masa kecil, lelucon, dan petualangan yang kamu lakukan bersama, serta menjadikan setiap reuni sebagai perjalanan menyusuri jalan kenangan.
4 dari 4 halaman

Tanda-tanda Teman yang Baik

Jika kamu mencoba menentukan apakah seseorang adalah teman baik, coblah untuk menanyakan pertanyaan-pertanyaan berikut pada dirimu sendiri:

  • Apakah kamu merasa nyaman menjadi dirimu yang paling tulus di sekitar orang ini?
  • Apakah mereka secara umum mengeluarkan sisi terbaik kamu?
  • Apakah kamu memercayai mereka dengan informasi yang kamu bagikan kepada mereka?
  • Apakah kamu merasa dihormati dan dipeluk apa adanya?
  • Dapatkah kamu dengan percaya diri meminta bantuan mereka?
  • Bisakah kamu mengungkapkan ketidaksetujuan kamu dengan nyaman pada mereka?
  • Apakah percakapan terbuka dan masukan yang membangun merupakan bagian dari dinamika pertemananmu?

Jika tanggapan kamu terhadap pertanyaan-pertanyaan ini sebagian besar adalah “ya”, kemungkinan besar kamu memiliki teman baik dalam pertemananmu saat ini.

Tanda-tanda Teman yang Buruk

  • Orang tersebut mengkhianati kepercayaanmu atau menyebarkan gosip tentang kamu di belakangmu.
  • Orang tersebut bersaing dengan kamu dan merasa iri atau terancam oleh kesuksesanmu.
  • Mereka terus-menerus mengkritik kamu, meremehkan pencapaianmu, atau melontarkan komentar yang menyakitkan, mengikis harga diri kamu.
  • Mereka egois dan cenderung secara konsisten mendahulukan kebutuhan dan kepentingan mereka di atas kebutuhan dan kepentingan pertemananmu. Mereka mengabaikan perasaan, masalah, atau pencapaian kamu  serta hanya fokus pada diri mereka sendiri.
  • Mereka tidak pernah memulai kontak, merencanakan pertemuan, atau menghubungi. Kamulah yang melakukan segala upaya untuk menjaga persahabatan.
  • Mereka memanipulasi kamu secara emosional, membuat kamu merasa bersalah karena melakukan hal-hal yang tidak kamu sukai, memanfaatkan kebaikanmu, atau menciptakan drama yang tidak perlu dalam pertemananmu.
  • Mereka mengabaikan batasanmu dan mendorong kamu ke dalam situasi yang membuat kamu tidak nyaman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.