Sukses

Terbaik! Ini Dia 6 Aplikasi yang Dapat Mengasah Skill Kamu dalam Bernyanyi

Jika kamu merupakan seseorang yang gemar menyanyi, inilah 6 aplikasi karaoke terbaik yang bisa kamu coba untuk menyalurkan bakat tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Menyanyi adalah aktivitas yang paling banyak dilakukan orang. Tidak peduli suara mereka indah atau tidak, nyatanya menyanyikan lagu sang idola menjadi suatu hobi yang terus dilakukan semua orang, kapan pun dan di mana saja.

Aktivitas satu ini selain membawa rasa kesenangan terhadap diri sendiri, ternyata juga baik untuk kesehatan loh. Mengutip dari Wikipedia, faktanya jika seseorang sering bernyanyi itu akan membawanya lebih bersemangat, karena tubuh akan melepaskan endorfin, menurut Profesor Graham Welch, seorang direkur penelitian pendidikan di Universitas Surrey Inggris.

Bernyanyi memberi latihan paru-paru, Bernyanyi nada otot perut dan interkostal dan juga diafragma, dan akan merangsang sirkulasi darah. Hal ini juga membuat kita bernapas lebih dalam daripada banyak bentuk olahraga berat, maka tubuh orang yang bernyanyi akan mengambil lebih banyak oksigen, sehingga bisa meningkatkan kapasitas aerobik dan mengalami pelepasan ketegangan otot juga,” jelas profesor Graham Welch.

Jika kamu adalah salah satu orang yang hobi bernyanyi, sekarang kamu sudah tidak perlu lagi mencari ruangan karaoke bertarif tinggi. Di masa kini, menyanyikan sebuah lagu dalam aplikasi menjadi trend yang mudah dilakukan. Dalam hal ini, kamu hanya perlu menggunakan perangkat smartphone, dan mendownload salah satu aplikasi yang nyaman untuk digunakan.

Melansir dari Pink Villa pada Kamis (12/10/2023), inilah 6 aplikasi Karaoke terbaik yang dapat kamu coba!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Smule

Smule menghadirkan sekitar 10 juta lagu yang dapat kamu pilih. Di sini kamu dapat mencoba bernyanyi dengan penampilan tunggal, duet, bahkan bersama grup. Bahkan, untuk membantu pengguna lebih jauh, aplikasi ini menghadirkan fitur Sing Live 24*7 untuk mencoba keberuntungan dan keahlian bernyanyi di dalam komunitas sesama pengguna dalam aplikasi.

Di sini, kamu dapat mencoba keahlian menyanyi dengan rekaman duet Dua Lipa atau Ed Sheeran, serta bintang lain yang bisa kamu pilih. Jika kamu tidak ingin menampilkan wajah di layar, atau sekedar menambahkan layar tetapi dengan sedikit filter, kamu bisa mendapatkan kedua fitur tersebut.

Adapun kelebihan dari platform tersebut yaitu, kamu bisa berkaraoke langsung dengan mencoba tes suara. Kedua, rekaman yang telah kamu buat dapat disimpan dan dibagikan. Lalu, performa yang diberikan tidak kalah bagus.

Selain itu, Smule juga memiliki beberapa kekurangan, diantaranya adalah tidak tersedia tombol logout, serta kurangnya dukungan.

3 dari 7 halaman

2. Simply Sing

Aplikasi Simply Sing dapat membantumu memodifikasi suara, jika ingin menyalin suara tertentu. Aplikasi ini mencakup banyak perpustakaan lagu yang dapat ditiru dan kamu bisa mengikuti nada suara untuk menyalin suara tersebut.

Selain itu, kamu akan menerima umpan balik tertentu setelah mencoba aplikasi ini. Dalam sesi latihan, kamu akan mendapatkan umpan balik instan tentang cara meningkatkan jangkauan suara jika kamu tidak memilih umpan balik dari komunitas.

Di aplikasi Simply Sing, kamu akan menemukan skala dan petunjuk tertentu tentang cara mencapai skala tersebut. Dengan menambahkan skor latar belakang, kamu dapat mencoba suara aplikasi.

Latihan yang diawasi AI akan menunjukkan di bagian mana kamu tertinggal atau akord apa yang harus diselesaikan, namun fitur ini bisa didapat dengan cara berlangganan premium.

Kelebihan yang dapat kamu rasakan dalam Simply Sing seperti, banyak fitur alat yang menunjukkan nada dan teknik bernyanyi. Lagu yang disediakan juga tak kalah beragam, serta adanya umpan balik secara instan.

Sementara untuk kekurangan pada aplikasi ini yaitu, platform ini hanya dapat dinikmati oleh pengguna IOS atau Iphone saja, serta termasuk aplikasi berbayar yang mewajibkan penggunanya untuk berlangganan.

4 dari 7 halaman

3. Yokee Karaoke

Sebagai produsen aplikasi, Yokee memiliki basis penggemar yang besar di seluruh dunia. Aplikasi Yokee Karaoke telah mendapat banyak perhatian. Saat menghitung kinerjanya, aplikasi memperbarui perpustakaannya setiap hari. Jadi, Anda bisa mendapatkan daftar hits mingguan.

Aplikasi Yokee karaoke membantu meningkatkan rekaman suara dengan menggunakan penyetelan otomatis. Jika kamu merasa penyetelan otomatis tidak kompatibel dengan suara yang direkam, kamu dapat mengubah pengaturan di aplikasi untuk menambahkan efek visual yang berbeda.

Untuk menambahkan keseruan bernyanyi, kamu bisa menggunakan aplikasi ini dengan menambahkan perangkat tempat aplikasi tersebut diinstal dengan speaker eksternal. Jadi, kamu dapat menikmati lebih banyak dengan bernyanyi dan grooving bersama.

Selain itu, aplikasi ini memberimu pilihan untuk merekam kinerja Jadi, aplikasi Yokee Karaoke dapat digunakan sebagai alat yang sempurna untuk berpesta, tetapi dalam versi uji coba, aplikasi tersebut mungkin tertinggal karena gangguan suara adalah masalah besar.

Kelebihan yang ditawarkan cukup menarik, diantaranya banyak genre lagu yang disuguhkan, dan kamu bisa menyetel suara secara otomatis. Untuk kekurangannya yaitu, akan ada hambatan bagi pengguna uji coba gratis, serta banyak iklan yang ditampilkan.

5 dari 7 halaman

4. Star Maker

Sebagai aplikasi karaoke, aplikasi Starmaker mampu memberikanmu banyak sekali lagu yang bisa dicoba. Batasannya masih panjang dari hip-hop hingga folk. Selain menyinkronkan bibir dengan lagu, kamu juga dapat merekam sebuah video penampilan.

Jika perangkat iOS atau Androidmu mengizinkan, aplikasi ini dapat digunakan untuk mengambil video selfie penampilan, serta menggunakan filter yang tersedia pada aplikasi. Ada beberapa frame yang bisa dicoba dan mempercantik video nyanyian.

Selain itu, kamu juga dapat membagikan video tersebut ke akun media sosial. Dari aplikasi StarMaker, kamu bisa mendapatkan beberapa penggemar tetapi untuk itu, dengan cara mempostingnya ke dalam komunitas. Kamu juga dapat menikmati opsi untuk berkolaborasi dengan pengguna lain dan merencanakan duet.

Bagian Hook dapat memberimu pilihan lain untuk mengambil baris tertentu dari lagu favorit, serta mencobanya di karaoke. Kamu bisa menerapkan beberapa nada suara yang disajikan di aplikasi untuk menambah pesona ekstra pada pertunjukan.

Kelebihannya, aplikasi ini menyajikan beragam filter yang bisa digunakan dalam merekam video, serta ribuan lagu yang dapat dicoba. Sementara itu, kekurangannya adalah seorang pengguna bisa bermain dengan curang di platform tersebut.

6 dari 7 halaman

5. Sing Karaoke

Sing Karaoke dapat disebut sebagai aplikasi mewah seperti Yokee Musik. Kamu mungkin menemukan beberapa lagu di aplikasi ini dalam bahasa Eropa lainnya, seperti Spanyol dan Portugis.

Kamu harus mengambil lagu favorit dari buku lagu yang tersedia, dan mencoba sebuah keajaiban dalam bernyanyi dengan fasilitas yang tersedia di aplikasi ini. Hal pertama yang dapat kamu lakukan adalah menambahkan teknik pitching untuk meningkatkan nada suara atau meningkatkan nada ke tingkat tertentu.

Kamu dapat mencoba opsi putar ulang untuk mengetahui kesalahan di baris dan memperbaiki bagian tersebut. Strategi lain yang mungkin dapat kamu ambil adalah memilih bantuan dari pengguna aplikasi lainnya. Kamu juga dapat menemukan profil mereka, dan dapat terhubung untuk menilai hasil rekaman.

Jika kamu ingin membuat rekaman terlihat rapi, maka opsi pengeditan video adalah langkah bagus untuk diambil. Di sini, kamu bisa mengedit video pertunjukan di aplikasi yang sama, dengan ikon atau bingkai dan membaginya dengan pengguna lain dan di platform media sosial.

Kelebihan dari Sing Karaoke adalah banyak lagu berbahasa Inggris, Portugis, dan Spanyol yang ditampilkan, serta pitch yang bisa dilihat dan ditingkatkan. Selain itu, kamu dapat menghubungi pengguna lain yang tergabung ke dalam aplikasi. Kekurangannya yaitu kamu perlu berlangganan untuk mencoba semua fitur di sini.

7 dari 7 halaman

6. Cizoo

Aplikasi Cizoo juga memiliki banyak daftar lagu gratis, yang dapat kamu pilih untuk lagu apa pun. Bahkan jika ingin mencoba beberapa lagu balada, aplikasi ini juga menyediakannya. Kamu mungkin ingin menambahkan beberapa penyetelan pada suara agar terdengar lebih baik atau artistik.

Saat ini, aplikasi Cizoo hadir dengan efek ajaib dan audio berkualitas tinggi. Pengubah ini dapat membantu meningkatkan kualitas suara kamu. Selain itu, kamu juga bisa nmencoba bernyanyi solo atau duet ketika menjajal platform ini. Mode penentu bernama “Acapella” juga ditambahkan ke aplikasi Cizoo. Di mana, dalam mode ini, kamu bisa menyanyikan lagu tanpa musik latar apa pun.

Aplikasi ini terdapat fitur media sosial khusus tempat pengguna dapat membagikan lagu dan mengomentarinya. Kamu dapat mengikuti profil penyanyi lain dan mengajukan pertanyaan tentang penampilan yang mereka bawakan. Kamu juga dapat mengumpulkan pengetahuan musik dengan bantuan tes kuis yang tersedia di aplikasi Cizoo.

Kelebihan yang ditawarkan dalam Cizoo, seperti ribuan lagu di perpustakaan yang bisa kamu nikmati secara gratis, mode acapella yang tidak tersedia dalam aplikasi lain, serta fitur sosial media khusus pengguna.

Sedangkan untuk kekurangannya adalah adanya tarif tinggi untuk pengguna yang berlangganan VIP, serta banyaknya profil palsu yang digunakan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.