Sukses

5 Manfaat Minum Teh Lemon dan Jahe Sebelum Tidur

Ternyata minum teh lemon jahe sebelum tidur memiliki manfaat kesehatan yang bisa Anda rasakan, lho.

Liputan6.com, Jakarta - Apakah Anda termasuk salah satu orang yang sering merasa sulit tidur? Jika iya, menurut data dari Healthline, Rabu (11/10/2023), Anda mungkin termasuk di antara 10–30% orang dewasa yang mengalami kesulitan untuk tidur. Maka tidak heran jika Anda mungkin akan mencari berbagai cara untuk mengatasi masalah ini.

Nah, salah satu cara yang bisa dicoba yaitu dengan mengonsumsi ramuan herbal, seperti teh lemon-jahe sebelum tidur, sehingga bisa membantu untuk menenangkan pikiran.

Seperti namanya, teh lemon-jahe, merupakan infus herbal dari lemon segar dan jahe — dengan sedikit pemanis seperti madu atau pemanis alami lainnya.

Lalu, Anda mungkin bertanya-tanya apakah teh lemon-jahe memiliki manfaat kesehatan? Meskipun mungkin setelah mengonsumsinya tidak serta-merta membuat Anda langsung mengantuk, akan tetapi hal ini dapat membantu Anda menenangkan diri dan lebih relaks setelah aktivitas yang padat.

Berikut ini ada beberapa teh lemon-jahe yang bisa didapatkan, antara lain:

1. Mengurangi gangguan pencernaan

Jika gangguan pencernaan kronis atau makan malam yang berat membuat Anda terjaga lebih lama dari yang Anda inginkan, secangkir teh lemon-jahe bisa menjadi minuman yang baik dikonsumsi sebelum tidur.

Jahe (Zingiber officinale) adalah akar yang telah lama digunakan dalam pengobatan alternatif dan tradisional karena kemampuannya meringankan penundaan saat pengosongan perut.

Terlebih lagi, lemon (Citrus limon) mengandung senyawa tumbuhan yang disebut limonene yang membantu pencernaan dengan membantu memindahkan makanan di sepanjang saluran pencernaan Anda, yang berpotensi mengurangi rasa kenyang yang tidak nyaman.

Meskipun jumlah limonene dalam secangkir teh lemon-jahe berbeda-beda, Anda mungkin menemukan bahwa kombinasi lemon, jahe, dan air dalam teh lemon-jahe dapat mengatasi gangguan pencernaan di malam hari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Meredakan rasa mual

Jahe telah lama disebut-sebut karena kemampuannya meredakan mual yang dialami banyak orang selama kehamilan atau kemoterapi, dan banyak situasi lainnya. Menurut penelitian, mengonsumsi 1–1,5 gram jahe per hari mungkin cukup untuk mendapatkan efek antimual.

Meskipun para ilmuwan belum menunjukkan dengan tepat bagaimana jahe bekerja untuk mengurangi rasa mual, mereka mengenali gingerol sebagai salah satu senyawa tanaman utama yang bertanggung jawab atas efek ini.

Namun, hasilnya beragam. Dalam tinjauan lain terhadap tujuh penelitian, tiga penelitian menemukan bahwa jahe mempunyai efek positif terhadap mual, dua penelitian menunjukkan sebagian besar efek positif, sementara dua penelitian lainnya tidak menemukan bahwa jahe mempunyai efek apa pun terhadap mual dan muntah yang berhubungan dengan kemoterapi.

Jahe tampaknya paling efektif dalam membantu mencegah mual yang berhubungan dengan kehamilan. Namun, tampaknya kurang efektif mencegah muntah. Infus lemon-jahe umumnya dianggap aman selama kehamilan.

Namun, untuk amannya, bicarakan dengan ahli kesehatan jika Anda tertarik untuk mencobanya dan jika Anda akan segera melahirkan atau memiliki riwayat gangguan pembekuan darah atau keguguran.

3 dari 4 halaman

3. Menciptakan momen mindfullness

Melakukan ritual yang menenangkan, seperti minum secangkir teh lemon-jahe setiap malam, dapat memberikan manfaat tambahan berupa memberikan Anda momen refleksi yang menenangkan. Anggap saja ini sebagai kesempatan untuk melatih perhatian.

Latihan mindfulness bukan hanya untuk relaksasi – tetapi juga bisa menjadi penambah kesehatan. Sebuah studi ulasan menemukan bahwa kewaspadaan dapat membantu Anda memproses emosi negatif dan menjalani hari Anda dengan lebih penuh niat.

Terlebih lagi, jika Anda membiarkan kulit lemon tercium di bawah hidung Anda dalam secangkir teh lemon-jahe hangat, Anda menyebarkan minyak esensial lemon. Uap minyak lemon mungkin bermanfaat, meski diperlukan lebih banyak penelitian. Pasti rasanya langsung membuat relaks dan tenang, kan?

4 dari 4 halaman

4. Meredakan konstipasi atau sembelit

Sembelit dapat disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk dehidrasi dan pola makan yang rendah serat. Jika sembelit disebabkan oleh dehidrasi, bersantai di malam hari dengan secangkir teh lemon-jahe hangat dapat membantu karena air membantu tinja melewati saluran pencernaan dengan lebih mudah.

Jika Anda merasa sembelit kronis, pastikan Anda juga minum cukup cairan sepanjang hari. Namun, coba bicaralah dengan ahli kesehatan jika Anda kesulitan buang air besar atau buang air besar kurang dari tiga kali seminggu.

5. Dapat mengurangi hidung tersumbat

Uap yang dihasilkan dari infus lemon-jahe panas dapat membantu membuka rongga hidung, sehingga membantu membersihkan hidung tersumbat. Meminum sesuatu yang hangat juga meredakan sakit tenggorokan akibat penumpukan lendir.

Meskipun efek ini sebagian besar bersifat anekdotal dan didukung oleh pengobatan tradisional, efek ini mungkin berguna untuk diingat selama musim pilek dan flu atau jika Anda mengalami alergi musiman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.