Sukses

3 Bentuk Kepedulian yang Penting Diajarkan pada Anak Menurut HEI Schools

HEI Schools membeberkan bentuk-bentuk kepedulian yang penting diajarkan pada anak

Liputan6.com, Jakarta HEI Schools Senayan, cabang pertama sekolah PAUD dan TK asal Finlandia di Indonesia, baru saja menggelar sesi bincang edukasi anak bersama Lasse Lipponen, Profesor PAUD dari Universitas Helsinki yang hasil risetnya digunakan dalam merancang kegiatan belajar mengajar di HEI Schools.

Berjudul ”Children, Care, and Compassion: A Conversation with Professor Lasse Lipponen”, acara yang juga dihadiri oleh sesama pendidik ini membahas bagaimana kompetensi emosional, rasa kepedulian yang tinggi (care), dan kasih sayang (compassion) anak dapat meningkatkan kemampuan resiliensi yang penting diasah sejak dini.

Melalui risetnya , Profesor Lasse percaya seorang anak dengan kemampuan resiliensi dapat memahami, mengelola, dan mengatasi segala situasi di era modern yang serba cepat dan penuh tuntutan kompetisi ini.

“Compassion, care, dan empati adalah inti yang menghubungkan kita satu sama lain. Tanpa mereka, kita tidak mampu menghormati orang lain, melindungi sesama dari bahaya, dan tanggap akan kebutuhan bersama,” ungkap Profesor Lasse Lipponen.

“Pandemi membuka mata kita dan memperlihatkan bagaimana compassion, care, dan empati membentuk cara kita berinteraksi ketika menghadapi masalah atau berada di situasi yang tidak nyaman. Kita tergerak untuk membantu dan menguatkan satu sama lain sebagai satu kelompok. Inilah mengapa ketiga hal tersebut haruslah menjadi landasan dari cara kita hidup bermasyarakat.”

Compassion dan Care jugalah yang menjadi basis dari kegiatan belajar-mengajar di HEI Schools Senayan. Di sekolah ini, anak belajar dengan pemahaman akan pentingnya menghadapi ketidaknyamanan, memandang kesalahan sebagai alat pembelajaran, dan bekerja sama menghadapi suatu rintangan sebagai satu kelompok.

Anak-anak terbukti dapat tumbuh dengan kecakapan untuk beradaptasi dengan lingkungan baru, gigih dalam berusaha, dan mudah membangun relasi yang sehat dengan keluarga, teman, maupun komunitas mereka. Berikut adalah tiga bentuk kepedulian yang HEI Schools tanamkan sejak dini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Care for oneself - Rasa peduli pada diri sendiri

Self-care dan self-compassion bukanlah semata-mata tren hidup berkesadaran. Jika anak-anak sudah terbiasa belajar memahami dan memenuhi kebutuhan fisik, mental, maupun emosional dirinya sendiri, ia akan mudah menjalani hari dan menghadapi tantangan.

2. Care for others - Rasa peduli pada orang lain

Ketika anak sudah memenuhi kebutuhan dirinya sendiri, maka ia memiliki energi dan motivasi yang cukup untuk berbagi kepada orang-orang di sekelilingnya. Melalui pembelajaran kekuatan berbagi, anak belajar untuk menjadi versi terbaik yang mampu memberikan manfaat atau bantuan kepada orang lain. Mendorong anak untuk terlibat dalam kegiatan sosial secara rutin dapat membantu mereka menginternalisasi peran sebagai makhluk sosial.

 

 

3 dari 3 halaman

3. Care for the planet - Rasa peduli pada planet dan dunia

Alam dan manusia hidup berdampingan. Melalui rasa peduli pada diri sendiri dan orang lain, secara otomatis anak akan peduli pada lingkungan tempatnya bertumbuh. Di sinilah para pendidik dapat memperkenalkan kebiasaan baik untuk merawat “rumah”, planet kita, dalam keseharian.

Kepedulian, kasih sayang, dan empati terus dipupuk dalam semua kegiatan di HEI Schools seluruh dunia, termasuk HEI Schools Senayan. Ruang belajar, aktivitas sehari-hari, dan para guru pembimbing HEI Schools Senayan dirancang sedemikian rupa agar anak-anak menemukan minat untuk belajar melalui pengalaman hidup sehari-hari.

Dengan demikian, anak-anak HEI Schools memiliki kompetensi emosional yang mumpuni dan siap melangkah ke tahap pendidikan selanjutnya dengan resiliensi berdasarkan compassion dan care.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini