Sukses

Warna Pakaian Bisa Menggambarkan Kepribadian Orang yang Mengenakannya

Pelajari tentang keajaiban warna dan apa yang diungkapkannya tentang kepribadian Anda, dan Anda selalu dapat menampilkan citra terbaik Anda kepada dunia.

Liputan6.com, Jakarta Gaya berpakaian atau fashion Anda adalah tentang ekspresi diri. Anda memilih pakaian yang menarik bagi Anda. Anda ingin pakaian Anda menyampaikan sesuatu yang penting kepada dunia di sekitar Anda. 

Tak hanya itu pakaian yang Anda pilih juga mengungkapkan banyak hal tentang kepribadian Anda. Science Digest menggambarkan sebuah penelitian terbuka di mana siswa diminta untuk mengenakan jas lab milik dokter. 

Ketika mereka melakukannya, mereka langsung dapat fokus dan mempertahankan perhatian berkelanjutan dengan lebih baik. Ada juga penelitian yang menunjukkan bahwa semakin kuat kita mempertimbangkan jenis pakaian yang kita kenakan, semakin besar pula perasaan kita. 

Warna melakukan hal yang hampir sama. Ini mengirimkan umpan balik ke otak kita. Mengenakan warna netral membuat kita merasa aman. Mengenakan warna yang lebih cerah dan berani membuat kita merasa lebih ekstrover, hidup, dan terlibat dengan dunia. 

Ilmu di balik hubungan antara warna dan suasana hati sangat luas. Memang benar persepsi warna dan maknanya agak subjektif. Faktor budaya juga harus dipertimbangkan. Namun berikut adalah beberapa ciri dan kualitas yang umumnya dikaitkan dengan warna. Pelajari tentang keajaiban warna dan apa yang diungkapkannya tentang kepribadian Anda, dan Anda selalu dapat menampilkan citra terbaik Anda kepada dunia. 

Kekuatan Warna 

Pada kenyataannya, pilihan warna kita hanya dibatasi oleh diri kita sendiri dan apa yang kita yakini. Dunia ini terbuat dari warna-warna yang indah. Lebih dari 2.000 tahun yang lalu, orang Tiongkok dan Mesir menggunakan warna untuk menyembuhkan dan mempengaruhi tubuh. 

Saat ini, terdapat cukup banyak penelitian tentang terapi warna yang membuktikan hubungan antara tubuh dan warna. Jika warna menciptakan ruang positif dan memengaruhi energi serta suasana hati di rumah kita, kita harus bisa menggunakan prinsip yang sama dalam gaya kita sendiri. Dilansir dari sixtyandme, Senin (18/9/2023), berikut ini deretan warna pakaian yang bisa menggambarkan kepribadian orang yang mengenakannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Hitam untuk Elegan

Hitam menggambarkan sophisticated, bergaya, dan klasik. Setiap wanita pasti memiliki pakaian hitam favoritnya. Itu berwibawa dan kuat namun tetap elegan. Namun berhati-hatilah agar tidak terjebak dalam lemari pakaian serba hitam. Misalnya, beberapa wanita berukuran plus menyukai warna-warna gelap untuk efek melangsingkan mereka. 

Memang benar bahwa warna hitam memberi Anda siluet yang lebih ramping secara alami dan bisa sangat menarik. Tapi jangan membatasi diri Anda sendiri. Gunakan warna hitam untuk mengekspresikan satu aspek kepribadian Anda, bukan untuk menyembunyikan semua warna yang ingin Anda bagikan.

Abu-abu untuk Keseimbangan

Abu-abu menggambarkan netral, halus, dan seimbang. Menambahkan sentuhan abu-abu pada pakaian Anda membuat Anda menonjol karena semua alasan yang tepat. Warnanya berada di antara dua warna yang mencolok dan dramatis yaitu hitam dan putih. Jadi, warna abu-abu sangat bagus untuk melengkapi potongan mencolok dengan warna netral.

Namun, jangan menambahkan terlalu banyak warna abu-abu ke lemari pakaian Anda. Pakaian yang benar-benar abu-abu bisa membuat Anda terlihat kumuh, meninggalkan kesan sedih dan membosankan. Gunakan warna abu-abu secukupnya untuk tampil percaya diri dan canggih.

3 dari 6 halaman

Biru untuk Kepositifan

Biru menggambarkan kedamaian, tenteram, dan positif. Warna biru juga bisa membuat Anda terlihat mandiri dan pintar. Warna biru yang menenangkan memberikan kesan santai, seperti melihat langit. Selama musim semi dan musim panas, warna biru cerah dapat mencerahkan lemari pakaian Anda. Mereka memberinya kehidupan segar setelah musim dingin yang panjang.

Di bulan-bulan yang lebih dingin, gunakan warna biru yang dalam dan bernuansa alami untuk menonjolkan penampilan Anda. Biru kobalt yang dalam terasa mandiri dan dramatis. Ini tidak menantang, tetapi Anda tidak bisa tidak memperhatikannya.

Untuk efek yang lebih lembut, gunakan warna biru muda, aqua, dan pirus di lemari pakaian Anda. Mereka menawarkan nuansa biru yang tenang tanpa sifat yang lebih kuat.

Ungu untuk Rasa Hormat

Ungu menggambarkan kaya, royal, dan artistik. Warna ungu tidak hanya mengekspresikan kekayaan. Ini juga mengungkapkan kepribadian yang mendalam, kehidupan batin yang memuaskan, atau semangat kreatif yang kuat. Warna ungu pekat mengingatkan pada raja-raja berabad-abad yang lalu. Ini memberi Anda suasana anggun yang menuntut rasa hormat dan perhatian.

4 dari 6 halaman

Merah untuk Berani

Warna merah menggambarkan intensitas, dominasi, dan gairah. Jika Anda suka memakai warna merah, Anda mungkin orang yang ekstrovert dan supel. Gaun merah membuat Anda menjadi pusat perhatian dan bisa menjadi penampilan yang cukup seksi. Ingin tampil berani? Pilih warna merah tua.

Pink untuk Energi Muda

Warna pink menggambarkan energik, periang, menyenangkan. Warna merah muda dan merah jambu mengekspresikan versi intensitas merah yang sedikit lebih lembut. Warna merah muda penuh dengan energi awet muda tetapi penuh dengan kesenangan, bukan gairah sensual warna merah.

5 dari 6 halaman

Kuning untuk Menambah Inspirasi

Warna kuning menggambarkan keceriaan, cerdas, dan cerah. Kuning adalah warna inspiratif yang dapat membantu Anda tetap fokus positif. Habiskan hari bersama teman yang memakai pakaian kuning dan segalanya pasti akan terasa lebih cerah.

Oranye untuk Jiwa Sosial

Warna oranye menggambarkan kreatif, sosial, dan ambisius. Mengenakan warna oranye membuat Anda bersemangat dalam pesta. Oranye menarik orang lain untuk mengobrol dan interaksi sosial lainnya. Warna yang menghibur dan ramah ini sangat bagus untuk wanita ekstrovert. Anda akan selalu membuat pernyataan sosial yang menarik dan unik dengan pakaian oranye yang berani.

6 dari 6 halaman

Hijau untuk Kehidupan

Warna hijau menggambarkan alami, menyembuhkan, dan tenang. Hijau adalah warna yang mengelilingi Anda di alam. Bagi orang Amerika, ini juga merupakan simbol kesuksesan dan uang.

Kenakan warna hijau untuk tampil karismatik dan menawan. Orang-orang akan tertarik dengan gaya Anda yang alami dan membumi. Nada yang lebih gelap mencerminkan hutan atau permata berharga. 

Putih untuk Rasa Percaya Diri

Warna putih menggambarkan bersih, segar, dan baru. Mengenakan warna putih membutuhkan kepercayaan diri. Orang lain akan memandang Anda sebagai orang yang positif dan berani jika Anda mengenakan pakaian putih. Jangan menganggapnya membosankan atau biasa saja. Putih itu sederhana namun kuat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.