Sukses

7 Alasan Berat Badan Anda Naik Saat di Kantor, Salah Satunya karena Multitasking

Pernah merasa berat badan Anda justru bertambah ketika di kantor? Ternyata, ini alasannya!

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda seorang pekerja kantoran atau mungkin mengenal orang-orang yang bekerja di kantor? Entah disadari atau tidak, rasanya tidak sedikit pekerja kantoran yang mengalami kenaikan berat badan saat bekerja.

Sebagai contoh, pada saat awal masuk kerja, Anda mungkin menyadari bahwa berat badan yang dimiliki termasuk ke dalam berat badan yang cukup ideal. Namun setelah bekerja selama beberapa tahun, berat badan cenderung meningkat.

Hal ini bisa dibuktikan dari timbangan yang naik, baju yang sudah tidak cukup lagi, hingga gampang sekali merasa kelelahan. Sayangnya jika kondisi ini dibiarkan begitu saja, bisa menyebabkan masalah kesehatan yang serius, seperti obesitas.

Lantas, kenapa hal ini bisa terjadi, ya? Ternyata ada banyak penyebab yang melatarbelakanginya. Seperti yang dilansir dari Times of India, Rabu (23/8/2023), ini dia tujuh alasannya berat badan naik ketika bekerja di kantor

1. Tidak bisa menolak ajakan makan dari rekan kerja

Tidak hanya mengerjakan tugas, budaya perusahaan sering kali mencakup makan siang dan makan malam bersama sebagai bagian dari aktivitas untuk mengenal tim lebih dekat. Ini mungkin terjadi terlalu sering dalam sebulan dan bisa menjadi alasan utama kenaikan berat badan Anda.

Apalagi jika sering diadakan secara prasmanan, sehingga membuat Anda makan makanan yang tidak akan Anda makan sebaliknya, sehingga berat badan naik secara signifikan. Nah, jika ingin berat badan tetap terkendali, tetap mengonsumsi makanan yang lebih sehat yang bisa ditemukan seperti salad atau buah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Makan sembarangan

Saat makan menjadi waktunya istirahat yang ideal dan seharusnya dilakukan dengan cara yang lebih mindful. Termasuk memikirkan makanan yang akan dikonsumsi. Seperti misalnya, saat makan siang Anda mungkin makan makanan sehat atau dari masak sendiri, tapi pada jam 4 sore Anda sudah merasa lelah secara fisik dan mental.

Akibat dari kelelahan ini, membuat Anda akan makan sembarangan, seperti misalnya sandwich atau kopi susu hanya karena lapar dan supaya tidak menjadi mengantuk ketika bekerja. Nah, salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut bisa dengan membawa makanan ringan yang lebih sehat atau buah-buahan. 

3. Pengaruh dari lingkungan

Menurut sains, jika pencahayaan ruangan redup, Anda cenderung makan lebih banyak dibandingkan dengan pengaturan cahaya terang. Aturan ini juga berlaku untuk suhu ruangan.

Jika pencahayaan di kantor Anda redup, sesekali keluarlah dan berjalan-jalan sebentar. Hal ini selain membuat pikiran tetap segar, Anda juga tidak akan gampang lapar.

3 dari 4 halaman

4. Jam kerja yang tidak menentu

Jika Anda bekerja dengan shift, jam kerja yang lebih awal atau akhir seringnya mengacaukan waktu makan Anda. Ketika tidak memiliki cukup waktu untuk diri sendiri, akibatnya Anda tidak memiliki waktu untuk sekadar berolahraga dan memilih tidur langsung.

Ini juga mengganggu hormon yang menyebabkan Anda merasa lapar sepanjang waktu. Jika sulit untuk mengatur waktu berolahraga, salah satu caranya dengan bergerak sebanyak yang Anda bisa lakukan seperti dengan jalan menggunakan tangga daripada naik lift atau eskalator. 

5. Makan lebih banyak karena stres

Gaya hidup saat ini membuat Anda sangat rentan terhadap situasi stres. Maka tidak mengherankan bila Anda cenderung makan lebih banyak sebagai respons terhadap hal ini.

Sekresi kortisol dalam tubuh memicu rasa lapar pada saat-saat yang tidak perlu dan membuat Anda makan meskipun sebenarnya belum atau melewati waktu makan. Tidur yang cukup dan berolahraga sangat membantu dalam kondisi seperti ini.

4 dari 4 halaman

6. Terlalu sering multitasking

Penelitian menemukan bahwa meskipun tubuh manusia mampu menangani banyak tugas, kondisi ini dapat memicu stres dan rasa lapar. Sebab, pikiran dan tubuh Anda terlibat dalam hal-hal yang berbeda sepanjang hari yang menyebabkan kelelahan setelah pekerjaan selesai dan karenanya Anda makan makanan apa pun yang didapatkan untuk bersantai.

Oleh karenanya, dalam mengatur berat badan selalu usahakan untuk tetap mengonsumsi camilan sehat, seperti kacang-kacangan. Selain itu, tujuannya agar Anda tidak mengonsumsi junk food sebelum jam makan malam.

7. Kurang minum

Ini adalah penyebab terbesar kenaikan berat badan di tempat kerja. Sering kali Anda lupa minum air saat jam kerja karena terlalu sibuk dengan pekerjaan.

Minum lebih sedikit air dan mengonsumsi minuman berkafein dapat mengusir kantuk, tetapi juga memengaruhi berat badan dan tingkat energi Anda secara luar biasa. Bawalah botol air bersama Anda dan miliki target untuk menghabiskan setidaknya tiga kali sehari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.