Sukses

14 Tradisi Unik hingga Ekstrem di Berbagai Negara Dunia, Bikin Bergidik - Part 2

Berikut ini 14 tradisi unik di berbagai negara yang masih ada sampai sekarang dan terus membuat kita bingung hingga bergidik.

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang yang pernah mengalami culture shock sekali dalam hidup kita ketika mengunjungi negara baru. Saat bepergian ke Mesir misalnya, kita mungkin bingung menemukan pengantin yang dicubit oleh teman-temannya sebelum pernikahan untuk membawa keberuntungan. Meskipun demikian, setiap tradisi dapat mengajari kita sesuatu yang berharga tentang negara dan budayanya.

Itu mengapa penting bagi kita untuk mengetahui tradisi-tradisi unik dari berbagai negara di dunia. Selain untuk menambah wawasan, tentunya ini juga untuk menghindari culture shock ketika kita mengunjungi negara tersebut. Nah, dilansir dari Brightside, berikut ini 14 tradisi unik di berbagai negara yang masih ada sampai sekarang dan terus membuat kita bingung hingga bergidik.

8. Digigit semut peluru (Brazil)

Di suku Satere-Mawe di Brasil, ketika seorang anak laki-laki beranjak dewasa, ia harus menampilkan tarian tradisional sambil mengenakan sarung tangan yang dipenuhi peluru semut. Upacara ini sangat menantang, karena gigitan semut peluru adalah salah satu gigitan serangga paling menyakitkan di dunia.

9. Lompat bungee untuk panen yang baik (Vanuatu)

Di Pulau Pentakosta Vanuatu, sebuah ritual yang dilakukan oleh laki-laki dikatakan untuk memastikan panen yang baik. Dengan melompat dari menara kayu yang tinggi hanya dengan tanaman rambat melilit pergelangan kaki mereka, mereka percaya penyelaman darat yang baik dapat meningkatkan kesehatan fisik pria dan membawa keberuntungan selama musim panen ubi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

10. Mengenakan topi lucu bagi orang lajang (Prancis)

Di Prancis, tanggal 25 November merayakan Sainte Catherine, santo pelindung muda wanita yang belum menikah. Pada hari ini, wanita yang telah mencapai usia 25 tahun mengenakan topi berwarna hijau dan kuning yang menandakan kebijaksanaan dan keyakinan. Sementara beberapa "Catherinettes" merayakan hari itu dengan harapan segera menikah, yang lain dengan bangga merangkul kehidupan lajang mereka.

11. Membuang furniture Anda ke luar jendela (Afrika Selatan)

Pada malam tahun baru, banyak negara merayakannya dengan kembang api, sementara di Afrika Selatan tradisi yang berbeda telah bertahan sejak berakhirnya apartheid. Untuk merayakan tahun baru, orang-orang membuang furniture mereka ke luar jendela dan ke jalanan di bawah. Tradisi ini diawasi oleh aparat kepolisian untuk memastikan tidak ada yang terluka.

3 dari 4 halaman

12. Pertemuan bisnis di sauna (Finlandia)

Sauna adalah bagian besar dari budaya Finlandia, tidak hanya berfungsi sebagai tempat bersejarah untuk melahirkan, tetapi juga sebagai tempat untuk mendiskusikan masalah bisnis atau bahkan politik. Bahkan, sudah menjadi tradisi umum di dunia bisnis bagi kolega atau mitra bisnis untuk pergi ke sauna bersama dan berbicara di lingkungan yang lebih santai.

13. Menangis sebelum pernikahan (China)

Sementara di banyak budaya pernikahan adalah upacara yang penuh dengan tawa, di China pernikahan tradisional didahului dengan tangisan pengantin sebulan sebelum menikah. Setelah beberapa hari, dia bergabung dengan ibunya dan anggota keluarga lainnya untuk menunjukkan kegembiraan atas pernikahannya di masa depan.

4 dari 4 halaman

14. Dilarang menggunakan tangan kiri Anda (Timur Tengah)

Di sejumlah negara Timur Tengah, menyapa seseorang atau makan dengan tangan kiri dianggap tidak sopan dan tidak sehat. Karena tangan kiri digunakan untuk membersihkan diri setelah ke kamar mandi, terlihat tangan kotor tidak pernah digunakan di meja makan atau untuk menyapa teman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.