Sukses

7 Ciri yang Hanya Dimiliki Orang yang Menikmati Kesendirian, Anda Rasakan yang Mana?

Tidak masalah menikmati kesendirian? Pasti Anda memiliki 7 tanda di bawah ini.

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda benar-benar suka menghabiskan waktu sendirian? Hal ini bukan berarti Anda single atau tidak memiliki teman sama sekali. Namun terkadang, walaupun Anda sangat menikmati waktu kebersamaan dengan teman-teman atau keluarga sekalipun, tapi tetap perlu "mengisi ulang" dan menghabiskan waktu berkualitas dengan diri sendiri.

Anda mungkin seorang introvert atau ambivert, yang berada di tengah-tengah antara introvert atau extrovert. Nah, menurut Hack Spirit, mereka yang suka menikmati waktu sendiri, ternyata memiliki ciri-ciri kepribadian khusus dibandingkan yang lainnya. Atau jika Anda cenderung lebih extrovert, tidak ada salahnya juga untuk membaca lebih detailnya di sini. Siapa tahu bisa menjadi wawasan baru saat sedang mendekati orang dengan kepribadian introvert.

Berikut ini adalah ciri-ciri yang biasa Anda atau mereka miliki, antara lain:

1. Mereka suka belajar atau banyak membaca

Beberapa orang mungkin bertanya-tanya, apa yang dilakukan orang untuk menghibur diri saat sendirian? Nah, salah satu ciri umum orang yang memiliki kepribadian suka menyendiri adalah selalu membaca atau mempelajari hal-hal baru.

Mungkin mereka sangat menyukai cerita fiksi dan membenamkan diri dalam dunia sastra, sehingga semacam menghidupkan karakter dan dunia yang diciptakan oleh penulis yang luar biasa. Selain itu, mereka juga seringkali sangat suka belajar dan mempelajari hal-hal baru.

Mungkin mereka menonton pengalaman orang-orang yang terkenal atau video pendidikan di YouTube, membaca non-fiksi, atau mengikuti kursus belajar online. Bisa juga mereka suka melakukan hal-hal yang berbeda, seperti mempelajari keterampilan baru seperti merajut atau mendaur ulang. Hal ini karena mereka tidak merasa khawatir dengan kesendirian mereka.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Senang mendengarkan musik

Beberapa orang mungkin menyukai obrolan panjang untuk menghabiskan waktu tentang diri mereka dan orang lain. Namun, ada juga beberapa di antaranya sangat suka menyendiri. Salah satu cara yang mereka lakukan dalam menghabiskan waktu yaitu dengan mendengarkan musik dengan alunan melodi dan harmoni yang menakjubkan. Anda yang mana?

Musik bisa menjadi pendamping yang luar biasa bagi seorang introvert yang ingin mengistirahatkan pikiran. Alasannya karena musik memiliki kata-kata yang dapat bekerja paling baik untuk hal ini. 

Sedangkan ada juga orang-orang yang menggunakan musik dalam upaya untuk meningkatkan kekuatan berpikir mereka. Biasanya mereka yang menyukai hal ini cukup mendengarkan musik berupa intrumen saja.

3. Pemikir yang mendalam

Semua waktu sendirian itu ada kalanya menyisakan banyak ruang untuk berpikir. Nah, semua pembelajaran itu memberikan banyak hal menarik untuk direnungkan.

Banyak filsuf terkenal yang introvert, seperti Immanuel Kant yang menulis tentang etika dan metafisika, dan eksistensialis Søren Kierkegaard. Lalu jangan lupakan juga Carl Jung, salah satu bapak psikoanalisis. 

3 dari 4 halaman

4. Suka solo traveling

Ciri lain yang membedakan orang-orang yang menyukai hal-hal sendirian yaitu mereka tidak khawatir untuk solo traveling. Mau ada teman atau tidak sekalipun, mereka bisa jalan-jalan dengan nyaman sendiri untuk melakukan petualangan yang seru. Bagi mereka, semua perjalanan itu bisa tetap dinikmati sebaik-baiknya.

5. Menyukai bermain dengan binatang

Pernahkah Anda perhatikan bahwa banyak orang yang menghabiskan banyak waktu sendirian justru senang bermain dengan binatang atau hewan peliharaan mereka. Sebab, mereka lebih merasa terhubung dengan makhluk hidup lainnya tanpa gangguan manusia. Mereka suka mengajak main atau berbicara dengan hewan di sekitar mereka. Maka jangan heran, jika saat sedang sendiri, para binatang suka mendekati mereka untuk sekadar mengajak main. 

4 dari 4 halaman

6. Sangat kreatif dan begitu imajinatif

Salah satu hal yang ditulis Susan Cain adalah “Orang extrovert lebih cenderung berfokus pada apa yang terjadi di sekitar mereka. Seolah-olah orang extrovert melihat 'apa adanya', sementara rekan introvert justru akan bertanya 'bagaimana jika'. Hal itu tidak hanya membuat mereka mampu menjadi pemikir yang mendalam tetapi juga memungkinkan mereka menjadi lebih kreatif.

Ini didukung oleh karya psikolog Mihaly Csikszentmihalyi dan Gregory Feist, yang keduanya menemukan bahwa sebagian besar orang paling kreatif adalah introvert. Tidak hanya itu, banyak juga musisi yang terkenal, mendapatkan inspirasi mereka karena sedang menikmati waktu sendiri.

7. Sangat mandiri

Seperti yang telah kita lihat, mereka yang suka menghabiskan waktu sendirian, seringkali memiliki kesadaran diri yang mendalam. Mereka memahami kebutuhan dan preferensi mereka sendiri.

Sifat introvert ini memungkinkan mereka membuat pilihan yang selaras dengan nilai dan hasrat mereka, bahkan jika itu berarti harus melawan arus. Kecerdasan adalah sifat penting lainnya dari mereka yang suka menyendiri. Mereka menikmati tantangan menemukan solusi kreatif untuk melewati tantangan tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.