Sukses

7 Cara Memotivasi Diri untuk Bangun Pagi, Biar Semangat Memulai Hari

Bangun pagi memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan dan produktivitas seseorang. Namun, banyak orang yang merasa sulit untuk bangun pagi. Berikut 7 cara yang dapat Anda lakukan untuk memotivasi diri untuk bangun pagi.

Liputan6.com, Jakarta - Bangun pagi memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan dan produktivitas seseorang. Bangun pagi merupakan cara yang bagus untuk memberi diri Anda waktu ekstra untuk melakukan suatu kegiatan, salah satunya untuk melakukan hal-hal yang Anda sukai.

Anda dapat  menggunakan waktu di pagi hari untuk melakukan kegiatan yang dapat meningkatkan kreativitas seperti mengembangkan hobi yang Anda miliki atau juga dapat melakukan hal sederhana seperti menikmati ketenangan di pagi hari.

Manfaat bangun pagi sangat baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Bangun pagi dapat secara konsisten membantu mengatur pola tidur dan mengotipmalkan kualitas tidur, meningkatkan produktivitas dan kualitas mental Anda serta memberikan kesempatan untuk memulai hari dengan tubuh segar dan energik.

Namun, banyak orang yang merasa sulit untuk bangun pagi dan berjuang untuk menukar waktu tidur yang berharga dengan jam atau menit tambahan yang ditambahkan pada hari itu. Mungkin sulit, namun bukan berarti hal tersebut tidak dapat Anda lakukan.

Para ahli mengatakan bahwa ada beberapa cara untuk memotivasi Anda untuk bangun lebih awal demi mendapatkan pagi yang lebih menyenangkan, produktif, dan penuh makna untuk mendapatkan manfaat yang maksimal bagi kesehatan tubuh Anda.

Berikut beberapa cara bangun pagi yang mudah dilakukan, seperti dilansir dari Bestlife pada Rabu, (19/7/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Tetapkan Niat Mengapa Anda Ingin Bangun Pagi

Luangkan waktu sejenak untuk merenungkan dan menuliskan alasan mengapa Anda ingin bangun lebih awal di pagi hari. Misalnya, Anda menginginkan hari yang lebih produktif atau ingin menikmati suasana di pagi hari. Bahkan dengan alasan sederhana, Anda dapat menemukan alasan untuk bangun di pagi hari.

2. Ikuti Rutinitas Tidur yang Konsisten

Salah satu cara terbaik termotivasi untuk bangun lebih awal adalah membangun rutinitas tidur yang baik. Semakin cepat Anda tertidur, semakin segar Anda saat bangun di pagi hari.

“Untuk melakukannya, jauhkan ponsel dan gangguan lainnya 30 menit sebelum Anda tertidur,” jelas Griffin Jackson, spesialits tidur dan pakar kesehatan. Ia menambahkan bahwa penting untuk membuat jadwal tidur pada waktu yang sama setiap malam.

3 dari 5 halaman

3. Tidak Menunda Alarm

Menunda alarm dapat memperlambat proses membangunkan Anda dan membuat Anda merasa kurang beristirahat setelah Anda bangun dari tempat tidur. Jika Anda memiliki kesulitan untuk bangun saat alarm pertama berbunyi, Anda dapat secara bertahap melepaskan diri dari menunda tombol dengan mengatur alarm dengan waktu tidur yang strategis.

4. Gunakan Alarm yang Anda Sukai

Untuk memotivasi diri Anda agar bangun lebih awal, menggunakan alarm yang disukai dapat memudahkan Anda untuk bangun. Misalnya, Anda dapat memutar musik atau video yang membantu Anda bangun dari tempat tidur dengan mudah, hal ini dapat membantu Anda merasa lebih terjaga sepenuhnya dari pada suara ‘bip’ yang berulang-ulang.

4 dari 5 halaman

5. Ciptakan Kebiasaan Pagi yang Positif

Salah satu cara terbaik untuk memotivasi diri Anda agar bangun pagi adalah dengan memanfaatkan waktu khusus di pagi hari. Misalnya, merencanakan kencan sarapan dengan teman, berjalan-jalan di sekitar lingkungan Anda, menikmati suasana pagi yang panjang dan santai, atau mencari waktu untuk berolahraga, semuanya dapat mendorong Anda untuk bangun lebih awal di pagi hari.

6. Tidur yang Cukup Secara Keseluruhan

Jika Anda mendapatkan jumlah total tidur yang tepat yang dibutuhkan tubuh Anda, bangun pagi seharusnya tidak menjadi masalah. Hal ini merupakan salah satu tips terpenting untuk bangun pagi. Pastikan Anda memiliki waktu yang cukup untuk beristirahat sehingga tubuh Anda secara alami akan bangun pada waktu yang seharusnya.

5 dari 5 halaman

7. Meminta Bantuan Teman

Jika Anda mengenal seseorang yang terbiasa bangun pagi atau seseorang yang ingin bangun lebih awal di pagi hari, Anda bisa tetap termotivasi dengan tetap bertanggung jawab satu sama lain.

Dengan memulai hari Anda dengan hubungan yang berarti, Anda tidak hanya dapat meningkatkan kesehatan mental dan fisik, tetapi juga meningkatkan kualitas tidur Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.