Sukses

Lewat Pelatihan MUA, Disabilitas Sahabat Tuli Didorong Bangun Ekosistem Bisnis

Pelatihan MUA sahabat tuli ini bertujuan untuk menjadikan penyandang disabilitas memiliki skill yang mumpuni sehingga membangun pribadi mereka menjadi lebih percaya diri

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 22 sahabat tuli mengikuti pelatihan Makeup Artist (MUA) batch 3. Dari 22 orang sahabat tuli, 2 orang diantaranya adalah tuna daksa. Pelatihan MUA berlangsung selama sebulan sejak 20 Juni hingga 20 Juli 2023.

Pelatihan MUA sahabat tuli ini bertujuan untuk menjadikan penyandang disabilitas memiliki skill yang mumpuni sehingga membangun pribadi mereka menjadi lebih percaya diri, memiliki daya untuk mandiri secara finansial dan mampu bersaing dengan MUA profesional umumnya. 

Menurut Ketua Umum Perempuan Tangguh Indonesia (PTI), Myra Winarko, dalam jangka panjang, tujuan pelaksanaan kegiatan pelatihan MUA sahabat tuli ini adalah untuk membangun sebuah ekosistem bisnis bagi para penyandang disabilitas. 

“Selama 3 tahun, PTI berkolaborasi dengan PT Paragon Tecknology and Innovation dengan brand aneka merek antara lain, produk Wardah dan MakeOver,” kata Myra dalam keterangan tertulisnya, Selasa (4/7/2023).

Sementara itu, pembina PTI, Suzan Teten Masduki, mengatakan, sebanyak 22 sahabat tuli ini menunjukkan jatidirinya. Keterbatasan tampaknya tak menghalangi mereka untuk mencapai tujuannya sehingga sahabat tuli bisa terus berkarya.

Hal ini dibuktikan oleh sahabat tuli, mereka mampu menyetarakan dan membuka peluang usaha mandiri melalui pelatihan wirausaha pemula bidang kecantikan, makeup artist yang digelar oleh komunitas PTI.

Melalui pelatihan ini selama sebulan penuh, para sahabat tuli akan lebih paham bagaimana caranya merias wajah secara profesional dan beberapa teknik lainnya. Pelatihan ini akan membuat peserta lebih percaya diri.

“Pelatihan ini sangat mengasah kemampuannya dalam merias wajah secara profesional,” ungkap Suzan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pelatihan ini bantu meningkatkan rasa percaya diri para peserta

Pelatihan ini, menurut Myra, akan meningkatkan rasa percaya diri para peserta bahwa cantik itu bukan tentang perempuan yang popular di kalangan pria, melainkan cantik itu dari hati dan kepercayaan diri.

Lebih lanjut Myra menambahkan, pelatihan ini masih fokus di Jakarta, tapi tidak tertutup kemungkinan untuk diadakan di daerah lain di Indonesia.

“Saat ini kami masih berfokus di Jakarta, akan tetapi kami berencana akan mengadakan pelatihan juga di luar Jakarta. Dalam waktu dekat akan diadakan kegiatan pelatihan di Bandung, karena sudah berdiri PTI cabang Jawa Barat dengan program-programnya,” tutup Myra.

Pada kesempatan yang sama, Koordinator Pelatihan PTI, Susie Sahroni, mengatakan, Paragon memberikan trainer serta support peralatan makeup serta PT Panasonic Gobel yang mensupply peralatan rambut, TV, camera dan lainnya.

3 dari 3 halaman

Pelatihan ini didukung institusi dan perusahaan-perusahaan melalui CSR

Selain sponsor tersebut, pelatihan MUA batch 3 ini juga didukung oleh institusi dan perusahaan-perusahaan melalui CSR. Mereka antara lain SMESCO, BCA, Djarum Grup, Northstar, Hibank dan Kalbe Farma.

Susie juga menyampaikan apresiasi kepada para sponsor demi kelancaran kegiatan pelatihan bagi penyandang disabilitas.

Untuk ketiga kalinya, pelatihan ini berlangsung atas kerjasama PTI, Paragon Technology and Innovation dan PT Panasonic Gobel. “Tahun ini kami mendapat dukungan dari Smesco yang memberikan tempat pelatihan dan fasilitasnya,” tutur Susie. 

Myra menambahkan, PT Paragon Technology and Innovation dengan brand mereka antara lain, Wardah dan MakeOver yang memberikan tenaga pengajar mereka melatih peserta pelatihan dan support peralatan makeup.

Kemudian PT Panasonic Gobel yang mensupply peralatan rambut, tv, camera dll. Sponsor lain memberikan dukungan finansial dan produk-produk seperti susu, roti, minuman, buah-buahan seperti BCA, Milklife, 5Days, Northstar Grup, Kalbe Farma, Hibank, Sari Roti, Sunpride dan lainnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.