Sukses

Jangan Salah Pilih, Ketahui Perbedaan Face Wash dan Face Cleanser

Banyak yang mengira kalau face wash dan face cleanser produk yang sama. Padahal, tidak! Coba Intip beda face wash dan cleanser di sini.

Liputan6.com, Jakarta Rutinitas menggunakan skincare memang sudah bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Termasuk, secapek-capeknya dengan aktivitas harian di hari itu, hal yang tidak boleh dilewatkan sebelum tidur adalah mencuci muka dan menggosok gigi. Saat mencuci muka, tentunya Anda menggunakan sabun wajah seperti face wash atau face cleanser.

Nah, biasanya Anda menggunakan sabun pembersih wajah yang mana? Wah, memang apa yang berbeda di antara face wash dan face cleanser, ya? Walaupun keduanya memiliki peran untuk membuat wajah kembali segar, tapi keduanya memiliki fungsi yang berbeda. Bahkan tidak jarang, perbedaan antara pembersih dan pencuci muka ini tidak banyak diketahui banyak orang. 

Dirangkum dari beberapa sumber, Senin (26/6/2023), apa sebenarnya perbedaan face wash dan face cleanser ini? Biar tidak bingung, yuk, cari tahu selengkapnya di sini. Dan Anda juga bisa sambil mengecek sabun perawatan wajah di rumah apa yang dimiliki.

Apa Itu Face Wash?

Face wash atau sabun pembersih wajah yang berbahan dasar air. Sabun ini sering kali diformulasikan dalam bentuk gel, busa, ataupun sabun batang. Fungsinya untuk membersihkan wajah dari kotoran, debu, hingga polusi yang menempel. Biasanya, teksturnya akan sangat berbusa saat dipijat ke kulit wajah, karena adanya kandungan astringent dalam face wash yang menghasilkan busa.

Hal ini juga menjadi tanda bahwa face wash benar-benar masuk ke dalam kulit untuk membersihkan pori-pori, sekaligus menyapu minyak. Catatan lainnya, dalam menggunakan face wash sebaiknya cukup dua kali sehari saja. Karena jika dipakai terlalu sering, bisa membuat produksi minyak dari kulit. Akhirnya, akan menyebabkan kulit terasa “kencang” dan kering.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Menggunakan Face Wash

Selain fungsi yang sudah disebutkan sebelumnya di atas, menggunakan face wash juga memiliki banyak manfaat, antara lain:

  • Menghilangkan sel kulit mati

Selain minyak dan kotoran, face wash memiliki kemampuan unik untuk mengangkat sel kulit mati. Fungsinya membantu mencegah jerawat, meningkatkan proses pergantian sel, dan menghasilkan kulit yang tampak lebih muda.

  • Membantu meningkatkan sirkulasi darah

Cara terbaik untuk mengaplikasikan pencuci muka adalah dengan memijatnya ke kulit dengan face wash. Manfaat yang dirasakan yaitu dapat meningkatkan aliran darah ke wajah Anda dan membantu wajah yang lebih sehat dan bercahaya.

  • Mempersiapkan kulit wajah

Cuci muka pada dasarnya "mempersiapkan" kulit untuk melanjutkan rutinitas perawatan wajah Anda selanjutnya. Hal ini akan membantu membersihkan dan membuka pori-pori Anda, sehingga memungkinkan penyerapan yang lebih baik dari produk wajah lainnya.

3 dari 4 halaman

Apa Itu Face Cleanser?

Sementara itu, face cleanser adalah solusi lain dalam membantu menghilangkan kotoran dan minyak di wajah. Produk ini biasanya akan bekerja lebih efektif untuk menghilangkan makeup dan produk kecantikan lainnya dibandingkan dengan face wash

Beberapa orang biasanya menggunakan face cleanser sebelum menggunakan produk perawatan wajah lainnya, bahkan sebelum pakai makeup. Sebab, face cleanser biasanya tidak perlu dibilas dengan air dan lebih lembut di kulit. Selain itu, face cleanser biasanya memiliki pH yang lebih ramah untuk kulit, sehingga dapat digunakan bagi pemilik kulit sensitif.

Menurut para ahli kulit, penggunaan pembersih wajah bisa divariasikan berdasarkan gaya hidup Anda. Anda yang sering merias wajah atau bepergian ke luar rumah disarankan menggunakan cleanser untuk menghilangkan polutan dan menghilangkan produk kecantikan di wajah.

4 dari 4 halaman

Manfaat Menggunakan Face Cleanser

Nah, face cleanser memiliki manfaat seperti berikut ini:

  • Menghilangkan kotoran secara efektif

Sepanjang hari, wajah kita bersentuhan dengan beberapa polutan yang menempel di permukaan kulit dan membuatnya tampak kusam. Sayangnya, kotoran ini tidak larut dalam air dan tidak dapat dihilangkan begitu saja. Face cleanser adalah cara yang bagus untuk mengatasi masalah ini. Pembersih ini bisa membantu menghilangkan partikel kotoran dan debu, membuat kulit Anda segar dan cerah.

  • Mencegah jerawat

Kotoran, minyak, dan bakteri dalam jumlah yang berlebihan dapat menumpuk di pori-pori, mengakibatkan jerawat, komedo, dan komedo putih. Produk skincare dan kosmetik juga meninggalkan residu di kulit. Face cleanser berfungsi menghapus polutan penyebab jerawat dan kotoran lain dari kulit sebelum sempat masuk ke pori-pori kulit.

  • Menghidrasi kulit

Protein, seperti kolagen dan elastin, yang berkontribusi pada kesehatan dan elastisitas kulit Anda, membutuhkan kelembapan agar berfungsi. Face cleanser membantu mempertahankan kelembapan alami kulit Anda agar tetap terlihat lembut dan kenyal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.