Sukses

6 Tanaman yang Terbukti Ampuh Membasmi Tikus di Rumah, Dijamin Enggak Bakal Balik Lagi

Dikenal karena sifat harumnya, tanaman dan tumbuhan ini sebenarnya akan menyerang tikus, karena mereka memiliki indra penciuman yang sangat kuat, jauh lebih kuat dari manusia.

Liputan6.com, Jakarta - Tikus menjadi salah satu hewan pengerat yang paling dibenci banyak individu. Tak heran jika keberadaan tikus di rumah bisa membuat Anda geram.

Membasmi tikus bisa menjadi tugas yang menantang, membuat frustasi dan seringkali mahal. Namun, ada solusi yang lebih sederhana dan tidak merepotkan untuk membasmi tikus, yakni dengan tanaman.

Anehnya, ada tanaman khusus yang bisa mencegah tikus menyerang rumah Anda. Dikenal karena sifat harumnya, tanaman dan tumbuhan ini sebenarnya akan menyerang hewan pengerat, karena mereka memiliki indra penciuman yang sangat kuat, jauh lebih kuat dari manusia.

Terlebih lagi, pengusir alami ini tidak beracun, murah dan aman digunakan (tidak seperti beberapa perangkap), yang ideal untuk digunakan di sekitar anak-anak atau hewan peliharaan.

Ingatlah bahwa tikus tidak hanya mengganggu, menyebabkan kerusakan para properti dan taman Anda, tapi juga membawa sejumlah penyakit yang bisa membahayakan keluargamu.

Itulah mengapa sangat penting untuk melindungi rumah dan halamanmu dari hama. Jadi, jika Anda mencari alternatif penolak alami, cobalah salah satu dari tanaman ini yang bisa mencegah tikus menyerang rumahmu, seperti melansir dari Tomguide, Rabu (14/6/2023).

1. Lavender

Tanaman cantik bewarna ungu ini dikenal dengan aromanya yang segar. Meski aromanya menyenangkan untuk rumah, itu juga menjijikan bagi tikus.

Oleh karena itu, cobalah menanam lavender di halaman belakang rumah, atau Anda bisa menaburkan beberapa batang di sekitar pangkal tanaman yang ada.

Sebagai alternatif, Anda bisa mengisi kantong kecil dengan lavender kering, dan meletakkannya di tempat/celah di mana kemungkinan hewan pengerat akan menyerang rumahmu.

Atau Anda bisa memilih untuk menyemprotkan minyak esensial lavender di sekitar rumah. Bau yang kuat dna aromatik seharusnya menjauhkan tikus.

2. Lili atau bakung

Meski aroma bunganya yang menyegarkan, tapi lili atau bakung sangat menjijikan bagi tikus. Lili bisa ditanam di sekitar tanaman luar ruangan yang menarik hewan pengerat, atau menempatkan bunganya di sekitar rumah.

Namun, Anda perlu lebih berhati-hati jika memiliki hewan peliharaan di rumah. Karena lili mengandung Lycorine dan alkaloid yang bisa mengakibatkan diare, muntah dan keselamatan bagi hewan kesanganmu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Mint

Hewan pengerat seperti tikus membenci aroma segar dari varietas mint. Terutama peppermint dan spermint, karena cenderung paling kuat.

Pertimbangkan untuk menanam tumbuhan aromatik ini di halaman belakangmu, atau tempatkan di dalam pot untuk mencegah tikus.

Sebagai alternatif, Anda bisa merendam kapas dalam minyak esensial peppermint sebelum meletakkannya di sekitar area bermasalah atau area di sekitar rumah.

Ingatlah untuk membuang dan menggantinya setelah aromanya memudar. Atau cukup campurkan larutan dua sendok teh minyak peppermint ke dalam secangkir air ke dalam botol semprot.

Kemudian, gunakan solusi buatan sendiri untuk menargetkan area di sekitar rumah dan luar ruangan tempatmu biasanya melihat tikus.

4. Krisan

Krisan adalah tanaman bewarna-warni yang mengeluarkan bau kuat untuk tikus. Bunganya mengandung kombinasi khhusus senyawa insektisida yang bisa menjadi racun, dan penolak yang efektif.

Karena ini adalah bunga yang populer, Anda bisa dengan mudah menemukannya di toko tanaman setempat, dan letakkan di luar atau di dalam rumahmu.

Namun, krisan sangat beracun bagi kucing dan anjing. Menggigit salah satu dari ini bisa menyebabkan beberapa gejala yang cukup serius seperti diare, muntah, air liur berlebihan dan banyak lagi. Jadi, jauhkan dari peliharaanmu.

 

3 dari 3 halaman

5. Serai

Serai adalah tanaman tropis mirip rumput yang terkenal dengan aroma jeruknya yang segar, yang benar-benar tidak cocok dengan tikus.Idealnya, tanaman atau tempatkan tanaman serai di luar ruangan untuk menangkal hama.

Demikian pula, tikus membenci bau serai yang mirip lemon, yang bisa Anda gunakan dengan mudah di sekitar rumahmu.

Jika Anda tidak bisa menanam tanaman serai di halaman belakang, Anda bisa membeli lilin serai atau menyemprotkan minyak esensial.

Selain itu, jika Anda mencampurkan minyak ekstrak serai dengan minyak esensial lainnya, ini akan lebih ampuh lagi untuk hewan pengerat.

Faktanya, serai adalah bentuk penolak yang paling efektif, juga dikenal untuk membasmi nyamuk, dan hama lainnya.

6. Bawang putih dan bawang merah

Kita tentu memiliki bawang putih dan bawang merah di rumah, dan bau seperti itu sangat menjijikan bagi tikus.

Secara khusus, bawang putih memiliki sejumlah senyawa belerang yang mengeluarkan aroma menyengat yang tidak disukai tikus.

Demikian pula, potongan bawang mentah mengeluarkan bau yang kuat yang bisa mengiritasi mata tikus, membuatnya pergi jauh. Dan jika ini tertelan, ini bisa menyebabkan gejala anemia instan pada tikus, menghilangkan sel oksigen mereka.

Jadi, letakkan beberapa irisan bawang di sekitar rumah untuk mencegahnya. Selain itu, Anda juga bisa menanam bawang putih di halaman belakang rumah atau di pot.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.