Sukses

Waspada, Ini 5 Tanda Perselingkuhan Menurut Pakar Hubungan

Menurut studi pada Oktober 2022 yang dilakukan oleh YouGov, 54 persen orang Amerika “yang pernah menjalin hubungan monogami mengatakan bahwa mereka telah ditipu, baik secara fisik, emosional atau keduanya.”

Liputan6.com, Jakarta Tidak ada yang mau berpikir pasangannya tidak setia. Namun, menurut studi pada Oktober 2022 yang dilakukan oleh YouGov, 54 persen orang Amerika “yang pernah menjalin hubungan monogami mengatakan bahwa mereka telah ditipu, baik secara fisik, emosional atau keduanya.” 

Tetapi yang membuat statistik ini semakin buruk adalah seringkali, tanda-tanda perselingkuhan terlalu mudah untuk dilewatkan, apakah pasanganmu membawa ponselnya ke mana-mana, melakukan kontak mata yang tidak nyaman, atau bahkan mempertanyakan kesetiaanmu.

Oleh karena itu, ketahui beberapa tanda perselingkuhan menurut pakar hubungan, seperti  melansir dari Best Life, Rabu (7/6/2023).

1. Dia telah memproteksi semua gadgetnya dengan kata sandi 

Aturan praktis pertama dalam berselingkuh adalah melihat perubahan perilaku. Jika pasanganmu selalu menjadi orang yang sangat tertutup, maka fakta bahwa dia tidak ingin membagikan kata sandinya belum tentu menjadi indikasi adanya kecurigaan.

Tetapi jika dia dulunya adalah individu yang terbuka dan tiba-tiba Anda lebih sulit untuk membuka ganget miliknya, itu patut dicurigai.

“Mereka dengan cepat mengambilnya jika Anda mendekat, atau mereka tiba-tiba melindunginya dengan kata sandi dan menjadi gelisah jika Anda bertanya mengapa,” kata Laura Wasse, pakar hubungan dan kepala evolusi perceraian di Divorce.com.

2. Dia tiba-tiba menggunakan ponselnya setiap saat

Jika pasanganmu tiba-tiba mengirim pesan dan tersenyum sepanjang waktu, atau memeriksa pesan di ponselnya beberapa kali sehari, itu menjadi tanda bahaya besar.

Lisa Lawless, PhD, CEO Holistic Wisdom, mengatakan hal ini bisa sangat merepotkan jika dia menerima lebih banyak telepon atau pesan singkat daripada biasanya di malam hari. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Dia membawa ponselnya ke mana-mana

Jika dia akan berada di kamar mandi untuk sementara waktu, mungkin bukan hal yang aneh jika pasanganmu membawa ponselnya.

Tetapi jika dia mulai membawanya ke mana-mana—pikirkan saat dia menyikat gigi atau membuang sampah, itu memprihatinkan.

Lawless menambahkan bahwa dia mungkin “gugup saat ponselnya terlihat atau Anda berada di sekitar gadgetnya.” 

4. Dia menuduh Anda selingkuh 

Tampaknya berlawanan dengan intuisi, tetapi orang yang selingkuh sering menuduh pasangannya selingkuh. 

“Individu yang berselingkuh bisa secara tidak sadar memproyeksikan ketidaksetiaan mereka pada pasangannya dan mulai mempertanyakan kesetiaan dan kepercayaan mereka,” jelas Lori Kret, LCSW, BCC, salah satu pendiri Aspen Relationship Institute.

Menurutnya, hal ini bisa terjadi sebagai akibat dari pasangan yang berselingkuh mencoba untuk merasionalisasi kecerobohannya dengan menggambarkan pasangannya sama-sama tidak setia. 

Alasan lain Kret mengatakan, hal ini terjadi karena kecurigaan mereka muncul dari “asumsi bawah sadar bahwa orang lain akan bertindak dan berperilaku serupa dengan cara mereka melakukannya.”

 

3 dari 3 halaman

5. Dia sangat penyayang

Ini yang menarik, lonjakan kasih sayang yang tiba-tiba dan tidak bisa dijelaskan. Kedengarannya berlawanan dengan intuisi, bukan?

“Tapi kadang-kadang, ketika pasangan selingkuh, mereka mungkin memberikan kompensasi yang berlebihan karena rasa bersalah,” ucap Wasser.

Dia mungkin memberimu hadiah, pujian atau kasih sayang yang tidak terduga. Jadi, jika Anda menemukan pasanganmu menjadi terlalu perhatian tanpa alasan yang jelas, mungkin ada baiknya untuk membicarakannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.