Sukses

5 Tips Pernikahan yang Sehat dan Bahagia Menurut Pakar

Untuk membantu Anda memenuhi janjimu untuk hidup bahagia selamanya, beberapa terapis dan pakar hubungan memberikan tips untuk Anda agar menciptakan hubungan yang bahagia dan sehat dalam pernikahan.

Liputan6.com, Jakarta - Jika Anda ingin pernikahanmu berhasil, Anda perlu mencurahkan waktu, tenaga dan energi untuk pasanganmu, tidak peduli seberapa baru atau lama hubunganmu.

Jadi, untuk membantu Anda memenuhi janjimu untuk hidup bahagia selamanya, beberapa terapis dan pakar hubungan memberikan tips untuk Anda agar menciptakan hubungan yang bahagia dan sehat dalam pernikahan.

Berikut beberapa tipsnya seperti melansir dari Best Life, Selasa (6/6/2023).

1. Jangan mempermasalahkan hal-hal kecil

Tidak ada hubungan yang sempurna dan akan selalu ada hal-hal kecil yang dilakukan pasanganmu yang membuatmu kesal, tapi itu tidak berarti hal itu memerlukan diskusi serius.

"Anda bisa membiarkan kebiasaan buruknya mengganggumu--atau Anda bisa menerimanya dan mengatasinya," kata psikoterapis Tina B. Tessina, PhD, penulis How to Be Happy Partners.

"Apakah pasanganmu membiarkan tutup pasta giginya tergeletak? Beli tempat terpisah. Apakah dia membiarkan pakaiannya berserakan? Abaikan saja, atau ambil, mengingat betapa dia melakukannya untukmu dengan cara lain," sambungnya.

2. Manfaatkan tawa untuk keuntunganmu

Bahkan dalam situasi tegang, terkadang yang Anda butuhkan hanyalah momen kesembronoan untuk mengubah nada bicara.

"Jika terjadi sesuatu yang membuat frustasi, cobalah meredakan ketegangan dengan sedikit humor," saran Tessina.

"Jangan mengolok-olok pasanganmu, tetapi gunakan humor bersama sebagai cara untuk mengatakan, 'Aku tahu ini sulit, tapi kita akan melewatinya'. Pasanganmu akan menganggapmu sebagai seseorang yang menenangkan dan membut ketika masalah terjadi," lanjutnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Bagi tugas rumah tangga secara merata

Pastikan bukan hanya Anda atau pasanganmu saja yang mengurus rumah tangga. Sebuah studi tahun 2013 yang diterbitkan dalam Journal of Family Issues menemukan bahwa pasangan lebih bahagia ketika mereka berbagi tugas rumah tangga dan membesarkan anak.

Sebaliknya, sebuah penelitian tahun 2022 yang diterbitkan dalam Archives of Sexual Behavior menemukan bahwa wanita menganggap pria kurang menarik secara seksual ketika mereka tidak melakukan tugas yang adil.

4. Jangan pernah meninggalkan rumah tanpa pamit

Jangan lupa peluk dan cium pasanganmu sebelum berangkat kerja. Tidak butuh lebih dari beberapa detik dan bisa membuat perbedaan besar dalam hubunganmu.

"Kasih sayang membuat hubungan terus mengalir dan romansa tetap hidup," jelas Tessina.

 

3 dari 3 halaman

5. Saat menyampaikan keluhan atau kritikan, mulailah dengan pujian terlebih dahulu

Tidak ada yang senang mendengar tentang kesalahan yang mereka lakukan, meskipun itu perlu.

"Saat Anda perlu mengungkapkan kritik atau rasa frustasi dengan pasanganmu, mulailah dengan pujian terlebih dahulu," kata pelatih hubungan dan kencan Rosalind Sedacca.

"Juga pintar untuk mengakhiri dengan mengingatkan hal lain yang Anda sukai tentang mereka," tambahnya. Dengan melakukan itu, "letakkan pernyataan negatif dalam perspektif."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.