Sukses

Selain untuk Pemahaman Diri, Ini 6 Manfaat yang Didapat Jika Rutin Menulis Jurnal Harian

Masalah mental dapat diatasi dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan menulis jurnal harian. Terdengar seperti hal sederhana memang, namun memiliki dampak positif yang baik untuk kesehatan mental secara keseluruhan.

Liputan6.com, Jakarta - Masalah mental dapat diatasi dengan berbagai cara, salah satunya dengan menulis jurnal harian.

Menulis jurnal harian menjadi suatu kegiatan mencatat pengalaman, pemikiran, atau peristiwa yang terjadi dalam hidup setiap harinya. Menulis jurnal harian dapat menjadi hal yang menyenangkan dan memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah dapat merefleksikan diri, mencatat pencapaian, dan menyimpan kenangan.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa membuat jurnal harian dapat bermanfaat bagi kesehatan mental karena Anda dapat mengungkapkan perasaan dan emosi Anda dalam sebuah tulisan. Hal ini akan mengurangi rasa stres yang Anda miliki dan dapat meningkatkan pemahaman akan diri sendiri.

Ketika Anda menulis perasaan dan pikiran yang negatif, secara tidak langsung Anda dapat meringankan beban emosional dari pikiran ke dalam jurnal tersebut. Hal ini dapat membantu Anda untuk mengurangi kecemasan, depresi, dan bahkan tekanan mental yang Anda rasakan.

Menulis jurnal harian merupakan sebuah cara yang sederhana namun efektif yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan mental. Tidak hanya memberi ruang kepada diri sendiri, Anda juga dapat melihat diri Anda tumbuh secara pribadi.

Oleh karena itu, Anda dapat memulai membuat jurnal harian dari sekarang karena tidak hanya mengurangi masalah mental, Anda juga akan mendapat manfaat lainnya. Berikut manfaat menulis jurnal harian, seperti melansir dari laman Health Line, Senin (29/5/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Menulis Jurnal Harian

1. Mengurangi Stres

Membuat jurnal harian dapat membantu mengurangi stres. Menulis mengenai hal yang menjadi penyebab stres dapat memberikan pengaruh yang baik bagi kesehatan mental. Dengan mengungkapkan dan meluapkannya, Anda dapat mengurangi kecemasan dan ketegangan yang Ada.

Selain itu, dengan menuangkan emosi dalam kata-kata tertulis, Anda dapat mengurangi beban emosional yang Anda rasakan dan Anda dapat menjadi lebih lega setelah menulisnya.

2. Meningkatkan Kesejahteraan Hidup

Menulis jurnal harian dapat meningkatkan kesejahteraan hidup secara keseluruhan. Dengan menulis jurnal, Anda melibatkan pikiran dan emosi sehingga hal ini akan membantu Anda dalam memahami diri sendiri dengan baik.

Selain itu, menulis jurnal harian juga akan membuat Anda lebih mengenal dengan diri sendiri. Memahami perasaan dan kebutuhan Anda, memahami apa yang penting, dan memahami apa yang menjadi tujuan utama hidup Anda.

3 dari 4 halaman

3. Menjauhkan Diri dari Pikiran Negatif

Membuat jurnal harian dapat membantu Anda dalam menjauhi hal-hal negatif dalam hidup Anda. Saat menulis jurnal harian, Anda akan mengungkapkan emosi negatif yang Anda alami, dan hal tersebut akan memberikan diri ruang untuk mengklarifikasi emosi tersebut.

Dari hal-hal negatif yang Anda tulis, Anda dapat mengambil pembelajaran dan pemahaman yang berharga. Dengan begitu, Anda akan dapat mengatasinya jika terdapat situasi sulit yang datang kepada Anda.

4. Merupakan Sebuah Cara Memproses Emosi

Banyak orang yang menjalani hari-hari mereka dengan tidak memperhatikan emosi mereka. Hal ini akan menimbulkan masalah karena emosi Anda akan memiliki cara untuk tetap muncul dan memengaruhi tindakan Anda tanpa sadar.

Membuat jurnal harian dapat memberi Anda kesempatan untuk memproses emosi Anda. Dengan begitu, emosi menjadi tidak terlalu membebani dan lebih mudah dikelola.

4 dari 4 halaman

5. Membuat Rencana Masa Depan

Membuat jurnal harian dapat membantu Anda dalam menentukan tujuan dan langkah seperti apa yang ingin Anda lakukan. Menulis pikiran Anda mengenai suatu situasi merupakan cara terbaik untuk memahami diri Anda untuk bertindak di masa depan.

Selain Anda dapat menetapkan tujuan, Anda juga dapat mencatat langkah-langkah kecil yang Anda ambil sehingga dapat tetap termotivasi dan melihat perkembangan Anda seiring waktu. Jurnal harian membantu Anda untuk tetap pada rencana, dan berkomitmen mengenai masa depan yang Anda inginkan.

6. Memperdalam Penemuan Jati Diri

Menulis jurnal harian memberikan jeda yang sangat dibutuhkan untuk membantu kita terhubung kembali dengan diri kita sendiri dan menemukan kembali siapa diri kita. Ketika kita menulis, kita mempelajari preferensi, titik-titik sakit, ketakutan, kesukaan, dan impian kita.

Dengan begitu Anda dapat terus berkembang. Menulis jurnal membantu kita untuk mendengarkan, menjadi saksi atas perubahan-perubahan ini, dan mengenal diri kita sendiri dengan lebih baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.