Sukses

Gula vs Garam: Mana yang Lebih Berdampak pada Kesehatan Jantung?

Mana yang lebih berdampak pada kesehatan jantung, gula atau garam?

Liputan6.com, Jakarta Saat mempertimbangkan kesehatan jantung, tekanan darah adalah salah satu faktor risiko yang paling signifikan. Dan jika Anda memiliki tekanan darah tinggi, kemungkinan besar Anda berpikir untuk menurunkan asupan garam.

Tetapi penelitian baru menunjuk gula sebagai penyebab sejumlah kondisi kesehatan termasuk hipertensi, dan meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

Mengurangi asupan natrium dapat menurunkan tekanan darah pada beberapa orang, meskipun minimal (hanya sekitar 1 hingga 4 mm pada rata-rata orang pada skala di mana 140 mm adalah hipertensi dan 139 mm tidak). Tetapi pada beberapa orang mengurangi asupan natrium justru dapat meningkatkan tekanan darah. Dan potensi bahaya dari pembatasan natrium tidak berakhir di situ.

Garam vs gula: Mana yang lebih buruk untuk jantung Anda?

Terlalu banyak gula dalam sistem Anda dapat membuat Anda gemuk, mendorong Anda ke arah diabetes, dan meningkatkan aterosklerosis, yang semuanya meningkatkan risiko penyakit jantung secara signifikan.

Di sisi lain, kelebihan natrium dapat meningkatkan tingkat tekanan darah Anda, membuat Anda berisiko terkena penyakit jantung. Apakah Anda suka makanan asin atau manis, Anda harus memakannya secukupnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara mengurangi asupan garam

Alih-alih menambahkan garam ekstra ke masakan rumah Anda, tambahkan sedikit rasa dengan memanfaatkan bumbu dan rempah yang menyehatkan jantung sebagai bahan.Pilihlah untuk membeli daging segar daripada versi olahan yang cenderung memiliki kandungan garam yang jauh lebih tinggi.

Tahukah Anda bahwa tablet larut (effervescent) seperti obat penghilang rasa sakit dan suplemen vitamin dapat mengandung garam sebanyak 1g per tablet? Jika memungkinkan, pilih alternatif kapsul sebagai gantinya.

Cara mengurangi konsumsi gula

Segelas jus buah 250ml biasanya mengandung hingga tujuh sendok teh gula. Beralih ke air atau jus tomat yang mengandung lycopene sebagai gantinya.Singkirkan tambahan sendok teh gula dalam secangkir teh/kopi Anda. Jika Anda tidak bisa melupakannya sepenuhnya, pilihlah pemanis rendah kalori.

Menginginkan suguhan manis? Makan sepotong buah alih-alih meraih cokelat biasa. Meskipun buah-buahan memang mengandung sedikit gula, buah-buahan juga kaya akan vitamin, mineral, dan serat. Mereka juga akan membantu Anda mencapai 5 hari.

3 dari 4 halaman

Lakukan 5 Hal Ini untuk Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal Anda melakukan beberapa fungsi penting: Tidak hanya membuang limbah dari aliran darah, ginjal juga membantu mengatur tekanan darah, membuat sel darah merah, meningkatkan kesehatan tulang, dan banyak lagi.

Menurut American Kidney Fund, "penyakit ginjal tumbuh pada tingkat yang mengkhawatirkan." Mereka mengatakan bahwa saat ini, 37 juta orang Amerika hidup dengan penyakit ginjal, dan sekitar 807.000 orang Amerika hidup dengan gagal ginjal.

Lebih buruk lagi, sembilan dari 10 orang dengan penyakit ginjal tahap awal tidak menyadari mereka mengidapnya. Namun, ini tidak berarti mendapatkan penyakit ginjal adalah kepastian.

Ada banyak cara yang berdampak untuk meningkatkan kesehatan ginjal dan mencegah kondisi gagal ginjal. Berikut beberapa di antaranya seperti dihimpun dari Bestlife:

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

7 Alasan Anda Kerap Terbangun di Malam Hari

Jika Anda cenderung tertidur tanpa masalah hanya untuk bangun di tengah malam, Anda tidak sendiri. Menurut sebuah studi tahun 2010 di Journal of Psychosomatic Research, kira-kira sepertiga lebih dari 2.000 orang yang disurvei melaporkan terbangun di tengah malam setidaknya tiga malam per minggu.

Meskipun gangguan tidur jarang menunjukkan masalah mendasar yang serius, gangguan tersebut dapat membuat Anda merasa lelah dan pada akhirnya berdampak buruk pada kesehatan mental dan fisik Anda.

Jika Anda ingin mengatasi masalah tidur Anda, dokter mengatakan langkah pertama adalah mengidentifikasi faktor apa saja yang dapat menyebabkannya. Berikut ini tujuh alasan umum mengapa Anda terbangun malam hari dan cara mengatasinya. Dihimpun dari Bestlife ini dia.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.