Sukses

Hubungan Terasa Hambar? Coba Micro-Dating Biar Kembali Mesra dengan Pasangan

Luangkan waktu kurang lebih 10 menit untuk berkencan, bisa membuat hubungan Anda dan pasangan semakin mesra.

Liputan6.com, Jakarta - Di tengah jadwal yang padat, deadline kerja yang tidak habis-habis, rapat bertemu klien, belum lagi kesibukan dengan urusan masing-masing, rasanya semakin sulit untuk memprioritaskan waktu berduaan dengan pasangan.

Alhasil, rencana-rencana romantis untuk kencan, tamasya, liburan, atau sekadar nonton bareng jadi semakin sulit. Padahal, jika intensitas waktu berkualitas berkurang, bisa membuat hubungan semakin hambar hingga mengalami konflik, karena minimnya interaksi dan komunikasi. 

Di sinilah, micro-dating atau kencan singkat dibutuhkan. Menurut Gottman Institute, sebuah organisasi yang menganalisis dan meneliti dinamika hubungan, seperti dilansir dari Essence, Jumat (19/5/2023), micro-dating adalah sebuah tren baru yang dapat membantu Anda membangun keintiman dan hubungan kembali dengan pasangan. 

Walaupun menyediakan waktu hanya 10 menit tanpa gangguan bersama pasangan, tapi hal ini bisa memperkuat koneksi, komunikasi, serta menambahkan perasaan cinta satu sama lain.

Menurut Kiaundra Jackson, seorang terapis pernikahan dan keluarga berlisensi, percaya bahwa micro-dating bisa menjadi solusi bagi pasangan yang kesulitan menemukan waktu bersama sepanjang minggu.

“Kita semua tahu ini bukan hal yang paling sehat untuk dilakukan. Akan tetapi kebanyakan pasangan berjuang untuk mencari waktu yang pas sepanjang minggu mereka. Apabila kencan malam reguler direncanakan, seseorang mungkin terlalu lelah untuk terlibat dan hadir sepenuhnya," ucap Jakson.

Membagi waktu pada micro-dating sangat bermanfaat untuk pasangan yang mempunyai kesibukan luar biasa. Selama kurang lebih 10 menit tanpa gangguan, bisa meningkatkan hubungan cinta – terutama jika bahasa cinta mereka adalah quality time atau waktu yang berkualitas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Alasan Kencan 10 Menit dapat Membangun Keintiman Secara efektif

Seperti melansir dari Wellandgood, tujuan dari micro-dating sendiri untuk membangun dan mempertahankan keintiman. Tanpa adanya sebuah usaha dan perhatian dari masing-masing, tingkat keintiman dalam sebuah hubungan bisa terganggu bahkan gagal.

Akan tetapi, keintiman adalah sebuah proses tentang membangun koneksi dan memperhatikan pasangan, dan kencan singkat—yang menghargai waktu berkualitas daripada kuantitas waktu—dapat membantu mencapai hal tersebut.

“Anda tidak dapat benar-benar memiliki hubungan yang sehat dan stabil tanpa keintiman. Kami pun juga membutuhkan pengalaman bersama agar kami merasa seperti itu adalah sebuah hubungan,” kata terapis Joy Berkheimer, LMFT. Nah, kencan mikro memberikan peluang besar untuk mendapatkan pengalaman seperti itu.

Dapat meluangkan waktu berkualitas berdua pasangan begitu penting dilakukan, terlebih jika Anda sudah berbagi tanggung jawab yang bisa menjauhkan diri dari pasangan. Seperti misalnya Anda sudah menikah dan memiliki anak, atau sudah menikah tapi kalian berdua tetap bekerja.

Situasi tersebut sebetulnya sangat umum terjadi pada banyak pasangan, terutama bagi mereka yang sudah menikah dan bertahun-tahun menjalin hubungan. Maka, dengan kencan singkat berdua tanpa gangguan bisa membangun kembali keintiman. Nah, waktu sepuluh menit menjadi waktu minimal yang bisa Anda habiskan untuk kencan singkat tersebut. 

Akan tetapi, bila Anda memiliki waktu lebih banyak dari itu, justru lebih bagus lagi. Karena inti dari micro-dating sendiri adalah memanfaatkan waktu semaksimal mungkin untuk pasangan. Jadi, sesedikit apapun waktunya jauh lebih baik daripada tidak ada waktu sama sekali.

3 dari 4 halaman

Tips Supaya Micro-Dating Berjalan Lancar

Lalu bagaimanakah cara menciptakan kencan yang dapat mempererat hubungan asmara dengan pasangan? Setidaknya Anda perlu memerhatikan tiga hal ini, seperti:

  • Pilih tanggal dan waktu yang cocok

Rencanakan berdua dengan pasangan kapan harus melakukan aktivitas ini tanpa mengesampingkan kesibukan atau rencana-rencana yang lain. Jika sudah, masing-masing dari Anda harus berkomitmen pada jadwal yang sudah ditentukan. Supaya tidak lupa, tandai kalender dan langsung kosongkan jadwal di hari itu.

  • Cari aktivitas yang bisa dinikmati berdua

Namanya juga sedang kencan, jadi aktivitas yang mau dilakukan harus bisa dinikmati bersama-sama. Anda bisa berjalan-jalan di sekitar taman, duduk ngopi santai di kafe dalam waktu yang cukup singkat.

Jika tidak ingin keluar rumah, sesederhana melipat cucian atau membersihkan rumah sambil mengobrol juga sudah cukup, kok. Hal-hal kecil ini bisa membangun kegembiraan yang menjadi kunci dari hubungan yang hebat.

  • Matikan gawai jika memungkinkan

Coba sesekali matikan gawai atau ponsel Anda ketika sedang berduaan. Sebab, penggunaan alat teknologi yang satu ini bisa mengganggu dan menjauhkan Anda dari pasangan. Dengan tidak memegangnya, Anda dapat hadir dan mendengarkan satu sama lain.

4 dari 4 halaman

Contoh Micro-Dating yang Bisa Dicoba

Ingin mencoba kencan singkat ini? Yuk, coba disimak empat contoh yang bisa Anda lakukan bersama pasangan:

  • Berpelukan

Sebelum bangun dari tempat tidur di pagi hari atau sebelum berangkat kerja, cobalah meluangkan waktu beberapa menit untuk saling berpelukan. Peluklah ia selayaknya kalian masih berpacaran di masa lalu.

  • Menikmati kopi atau teh di pagi hari

Jika biasanya Anda dan pasangan menikmati pagi hari dengan kebiasaan yang berbeda, coba sesekali luangkan waktu berdua di pagi hari sebelum bekerja. Jadikan momen tersebut untuk mendapatkan rasa tenang dan membuka obrolan yang menyenangkan.

  • Membuat makan malam

Sering makan malam di luar karena bertepatan dengan jam pulang kantor? Coba pulang lebih awal dan sempatkan untuk membuat makan malam bersama. Anda dan pasangan bisa saling membantu menyiapkan bahan-bahan dan membersihkan alat makan yang kotor. 

  • Berolahraga bersama

Olahraga memang bermanfaat bagi kesehatan, tapi kalau dilakukan sendiri rasanya kurang menyenangkan. Nah, kalau mager olahraga sendiri, coba ajak pasangan untuk berolahraga bareng. Selain sehat, juga menambah hubunganmu dan pasangan supaya semakin mesra.

Nah, itu tadi penjelasan seputar micro-dating beserta contoh yang bisa Anda lakukan dengan pasangan. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk mencobanya di minggu ini?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.