Sukses

5 Tanda Pasangan Sudah Tidak Lagi Mencintai Anda

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam hubungan Anda yang bisa jadi tanda bahwa pasangan tidak mencintai Anda lagi.

Liputan6.com, Jakarta - Jatuh cinta benar-benar merupakan perasaan ajaib dan dalam hubungan jangka panjang, hubungan yang dalam itu merupakan bagian yang penting dalam hidup Anda. Namun seiring berjalannya waktu, terkadang cinta bisa memudar bahkan saat kita tidak menginginkannya. Jika Anda merasa pasangan Anda menjauh, ada beberapa tanda peringatan utama bahwa mereka benar-benar putus cinta, kata terapis.

"Ketika kita pertama kali bertemu seseorang, otak kita dipenuhi dengan bahan kimia yang kadang-kadang dapat menipu kita untuk berpikir bahwa kita jatuh cinta dengan seseorang padahal sebenarnya kita sedang 'bernafsu'," Beth Ribarsky, PhD, profesor komunikasi antarpribadi di University of Illinois Springfield, memberi tahu Bestlife. 

"Ketika bahan kimia itu berkurang selama suatu hubungan, seseorang mungkin merasa kurang cinta."

Courtney Hubscher, MS, konselor dan terapis kesehatan mental berlisensi di GroundWork Counseling di Orlando, Florida, mengatakan ada banyak alasan mengapa hal ini dapat terjadi, apakah Anda dan pasangan tumbuh terpisah, mengubah prioritas, atau memiliki perubahan minat atau nilai.

Namun, menurut Ribarsky, "Itu mungkin tidak berarti mereka tidak lagi mencintai Anda, tetapi mungkin mereka tidak lagi jatuh cinta dengan Anda." Dengan pemikiran ini, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam hubungan Anda yang bisa jadi tanda bahwa pasangan tidak mencintai Anda lagi. Dilansir dari Bestlife, berikut ulasannya. 

1. Mereka tidak lagi tertarik untuk menjadi intim

Secara keseluruhan, psikolog mengatakan bahwa jika pasangan Anda mengubah sikap mereka terhadap keintiman fisik, itu akan mengirimkan tanda bahaya.

"Keintiman seksual bertambah dan berkurang selama sebagian besar hubungan, tetapi perubahan hasrat seksual yang lambat atau tiba-tiba sering menandakan kurangnya cinta romantis," kata psikolog klinis Carla Marie Manly, PhD. "Meskipun faktor lain seperti penyakit fisik dan stres dapat mengurangi hasrat untuk keintiman seksual, penting untuk memperhatikan pola ketidaktertarikan."

Ribarsky juga menunjukkan hal ini, mencatat bahwa Anda harus mengesampingkan potensi penyebab stres lainnya sebelum langsung mengambil kesimpulan. "Mungkin pasangan Anda sangat stres tentang pekerjaan ini mungkin membuat mereka kurang fokus pada keintiman fisik dan juga kurang komunikatif secara umum."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Adanya penurunan komunikasi

Jika pasangan Anda kurang berbicara dengan Anda, memberi Anda jawaban satu kata, atau tidak tertarik dengan keseharian Anda, dia mungkin juga jatuh cinta.

"Meskipun umum bagi pasangan untuk melewati fase ketidaktertarikan karena tekanan hidup dan kelelahan, itu adalah tanda bahaya utama ketika pasangan secara kronis tidak tertarik pada pikiran, perasaan, dan aktivitas Anda," kata Manly.

Randi Levin, ahli strategi kehidupan transisi dan pendiri Randi Levin Coaching, menjelaskan bahwa hal ini juga terjadi ketika pasangan Anda yakin bahwa mereka sudah tahu bagaimana Anda akan bereaksi berdasarkan percakapan sebelumnya.

"Asumsi menghancurkan hubungan karena komunikasi condong ke apa yang diyakini sedang terjadi atau berpotensi terjadi, bukan apa yang sebenarnya terjadi," jelas Levin. "Ketukan yang terlewat itu mengubah dinamika dan melemahkan komunikasi dan pemahaman."

Tetapi sekali lagi, Anda perlu mempertimbangkan apakah pasangan Anda sebenarnya kurang tertarik pada Anda dan kebahagiaan Anda atau apakah ada hal lain yang menyebabkan mereka menjauh.

"Kuncinya adalah berbicara tentang pengamatan semacam itu dan membuka kemungkinan untuk mengatasi ketidakpuasan apa pun dalam hubungan dan/atau memberikan kesempatan untuk mendukung pasangan Anda dalam stres mereka," jelas Ribarsky.

3 dari 5 halaman

3. Mereka tidak berbicara tentang masa depan

Ketika Anda dan pasangan sedang jatuh cinta, Anda mungkin berpikir tentang seperti apa hari, minggu, bulan, dan tahun-tahun mendatang. Jadi jika ini tidak lagi menjadi perhatian utama pasangan Anda, itu memprihatinkan, menurut Levin.

"Jika pasangan berhenti berdiskusi atau melakukan pembelian besar seperti rumah, mobil, atau furniture, atau merencanakan perubahan yang diantisipasi, ini adalah tanda bahaya bahwa hubungan tersebut mandek dan menjadi basi," kata Levin. "Keputusan yang pernah didiskusikan sebagai tim saat ini mungkin dibuat sendiri, dan ini dapat menyebabkan ketidakseimbangan dalam hubungan, terutama soal uang."

Di sisi lain, menurut psikolog berlisensi David Tzall, PsyD, pasangan Anda mungkin masih membuat rencana untuk masa depan—tetapi bermasalah jika mereka tidak melihat Anda dalam gambar.

"Ini mungkin karena beberapa alasan di luar hubungan," kata Tzall. "Mereka mungkin berurusan dengan masalah pribadi yang memengaruhi kemampuan mereka untuk membuat rencana. Mereka mungkin berasumsi bahwa Anda tidak tertarik dengan rencana yang mereka buat, dan karena itu tidak merasa perlu melibatkan Anda. 

"Jika Anda ingin lebih terlibat, temukan rencana yang cocok untuk Anda berdua," saran Tzall. "Komunikasikan kepada mereka betapa pentingnya bagi Anda dan bahwa Anda ingin disertakan."

4 dari 5 halaman

4. Mereka selalu memancing perkelahian

Argumen sehari-hari biasanya merupakan hal yang biasa dalam hubungan tetapi jika pasangan Anda terus-menerus memulai pertengkaran, itu mungkin merupakan upaya untuk mengomunikasikan perasaan mereka yang sebenarnya.

"Perdebatan kronis dan pencarian kesalahan bisa menjadi tanda bahwa pasangan tidak lagi mencintai," kata Manly. "Terutama ketika perilaku pasangan menandai perubahan yang terus-menerus atau dramatis dari dinamika sebelumnya, penting untuk memperhatikan tanda-tanda bahwa cinta mungkin memudar."

"Pertengkaran, sarkasme, dan kritik adalah racun bagi hubungan yang sehat," tambah Manly. "Meskipun pasangan yang sehat tidak setuju satu sama lain, mereka tidak terlibat dalam dinamika pertarungan yang beracun."

Ribarsky mengatakan jika pasangan Anda jatuh cinta, Anda mungkin juga memperhatikan bahwa setiap percakapan berakhir dengan perselisihan, atau Anda mungkin merasa pasangan Anda tidak mendengarkan Anda. 

Sekali lagi, komunikasi adalah kuncinya di sini. "Jika pasangan Anda lebih sering tersinggung atau marah, cobalah mencari tahu apa yang menyebabkan perilakunya," jelas Tzall. "Dorong mereka untuk berbagi perasaan dengan Anda dan tawarkan dukungan Anda. Jika mereka kesal tentang sesuatu dalam hubungan, yang terbaik adalah membagikannya agar dapat ditangani dan tidak diabaikan sehingga kebencian tumbuh di antara kalian berdua."

5 dari 5 halaman

5. Mereka tidak ingin menghabiskan waktu dengan Anda

Salah satu bagian terbaik dari menjalin hubungan adalah memiliki seseorang untuk menghabiskan waktu bersama dan menikmati hal-hal kecil dalam hidup. Jadi, jika pasangan Anda tidak ingin melakukan ini dengan Anda, ada yang tidak beres.

"Berkurangnya minat pada aktivitas penghubung seperti waktu berkualitas bersama merupakan sinyal penting bahwa pasangan mungkin putus cinta," kata Manly. "Idealnya, kedua pasangan berharap dapat menikmati berbagai aktivitas bersama seperti hobi, olahraga, memasak, atau jalan-jalan."

Waktu berkualitas yang berkurang juga ada dalam daftar tanda Ribarsky, tetapi dia mencatat bahwa jika pasangan Anda tidak lagi jatuh cinta, mereka mungkin juga bekerja lebih lama atau memilih untuk menghabiskan waktu dengan teman mereka daripada Anda.

Namun, ini tidak selalu berarti ada sesuatu yang salah. "Mungkin mereka hanya membutuhkan jalan keluar lain — minat dan teman yang terpisah benar-benar sehat dalam suatu hubungan!" kata Ribarsky. "Atau, mungkin mereka bekerja beberapa jam ekstra untuk menyimpan kejutan untukmu."

Jika menurut Anda masalahnya ada di luar, Manly menyarankan untuk menjadwalkan waktu dengan pasangan Anda "di mana Anda dapat menyalakan dan menumbuhkan waktu yang menyenangkan bersama". Bahkan jika Anda melihat tanda-tanda peringatan ini, Anda tidak perlu menyerah pada hubungan Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.