Sukses

Tidak Boleh Dipakai Bersamaan, Perhatikan Waktu Penggunaan Retinol dan Vitamin C dalam Rutinitas Perawatan Kulit Anda

Retinol dan Vitamin C merupakan bahan aktif yang bagus digunakan untuk perawatan kulit. Namun, Anda perlu mmeperhatikan waktu penggunaan dari kedua bahan tersebut karena tidak dapat digunakan secara bersamaan.

Liputan6.com, Jakarta - Merawat wajah menjadi suatu hal yang penting karena kulit wajah kita adalah salah satu bagian terluar dari tubuh kita yang selalu terpapar dengan polusi, sinar UV matahari, debu, dan kotoran. Selain itu, kulit wajah kita juga sangat sensitif dan rentan terhadap pengaruh faktor internal seperti diet, kelelahan, dan stress.

Jika tidak dirawat dengan baik, kulit wajah bisa mengalami berbagai masalah seperti jerawat, kulit kusam, kerutan, noda hitam, dan bahkan penyakit kulit yang lebih serius seperti kanker kulit.

Oleh karena itu, perawatan wajah yang tepat sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit wajah kita. Penting juga untuk memilih perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit karena tidak semua produk dapat cocok dengan kulit Anda.

Salah satunya adalah penggunaan retinol dan vitamin C yang merupakan bahan yang paling memiliki banyak manfaat dan banyak diteliti untuk membalikkan gejala penuaan dan membuat wajah Anda tampak bersinar alami.

Retinol adalah bahan perawatan jerawat yang sangat baik karena bekerja pada tingkat sel untuk mempercepat pergantian sel, mengurangi peradangan, dan mengurangi produksi minyak-semua proses penting untuk menjaga pori-pori bersih dan kulit bebas jerawat.

Di sisi lain, vitamin C adalah antioksidan kuat yang dapat mengurangi tanda-tanda penuaan dan menyembuhkan kerusakan kulit. Vitamin C sangat efektif dalam mencegah kerusakan akibat radikal bebas pada kulit yang disebabkan oleh masalah lingkungan seperti polusi, radiasi inframerah, dan blue light.

Namun, apakah vitamin c dan retinol dapat digunakan secara bersamaan? Bergini penjelasan menurut ahli dermatologi, dilansir dari laman Times Of India, Rabu (26/4/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pengunaan Retinol dan Vitamin C

Menurut Dr. Saru Singh, seorang ahli dermatologi dan ahli perawatan kulit, ia menjelaskan bahwa retinol dan vitamin C adapat digunakan bersamaan dengan rutinitas perawatan kulit wajah. Umumnya, retinol sangat direkomendasikan di malam hari sedangkan vitamin C paling baik digunakan di pagi hari.

Oleskan serum vitamin C pada kulit yang bersih dan kering di pagi hari, lalu gunakan pelembab wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda dan sunscreen dengan SPF 30 atau lebih tinggi. Jika kulit Anda cenderung lebih kering, Anda dapat menambahkan pelembab agar kulit wajah Anda tidak terlalu kering. Meskipun vitamin C paling efektif di pagi hari, vitamin C masih bermanfaat di malam hari.

Sedangkan retinol lebih efektif digunakan di malam hari. Oleskan retinol pada rutinitas penggunaan skincare Anda di malam hari. Kedua bahan aktif ini bisa digunakan bersamaan pada rutinitas perawatan kulit wajah. Tetapi, sebaiknya tidak digunakan bersamaan di waktu yang sama.

Jika ingin mengombinasikan kedua bahan aktif ini, sebaiknya menggunakan retinol pada malam hari dan vitamin C pada pagi hari. Gunakan produk perawatan kulit yang mengandung konsentrasi rendah dan mulai dengan penggunaan yang lebih sedikit, kemudian tingkatkan secara bertahap sesuai kebutuhan dan reaksi kulit.

3 dari 3 halaman

Pentingnya Penggunaan Sunscreen dan Pelembab

Vitamin C dan Retinol adalah salah satu antioksidan terbaik untuk perawatan kulit wajah. Sehingga, menggunakan sunscreen yang mengandung keduanya secara efektif menggandakan efek perlindungan kulit.

Terutama, jika Anda menggunakan retinol dan vitamin C dengan pelembab dan sunscreen yang dapat membantu melindungi dari radikal bebas dan paparan sinar UV, serta menjaga kulit tetap terhidrasi sepanjang hari.

Sunscreen membantu melindungi kulit dari paparan sinar UV yang dapat merusak kulit dan menyebabkan kerusakan permanen seperti kanker kulit. Paparan sinar UV juga dapat mempercepat proses penuaan dan menyebabkan munculnya kerutan, bintik-bintik hitam, dan flek pada kulit. Dengan menggunakan sunscreen, kulit wajah akan terlindungi dari kerusakan akibat sinar UV.

Pelembab membantu menjaga kelembaban kulit dengan menahan air pada kulit sehingga kulit tetap lembap dan terhidrasi. Kulit yang lembap akan terlihat lebih cerah, sehat, dan bercahaya, serta dapat mengurangi kemunculan kerutan pada kulit wajah.

Dengan mengikuti tips penggunaan di atas, Anda dapat memaksimalkan manfaat dari penggunaan retinol dan vitamin C dalam perawatan kulit wajah dan menghindari efek samping yang tidak diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.