Sukses

Erik ten Hag Mengisyaratkan Akan Berhenti Menggunakan Taktik Manchester United yang Dibenci Paul Scholes

Erik ten Hag bakal berhenti menggunakan taktik Manchester United ini

Liputan6.com, Jakarta Erik ten Hag telah memberikan petunjuk terbesar bahwa dia tidak memiliki rencana untuk memanfaatkan Bruno Fernandes dalam "wide position" setelah bintang Manchester United itu tampil mempesona dalam peran lini tengah melawan Everton.

Fernandes (28) telah memantapkan dirinya sebagai salah satu pemain klub paling berpengaruh sejak bergabung dari Sporting Lisbon pada tahun 2020 dan telah menjadi pemain reguler sejak Ten Hag menggantikan Ralf Rangnick musim panas lalu.

Playmaker Portugal itu telah memainkan sebagian besar sepak bolanya untuk Manchester United sebagai pemain No.10, namun, ia telah ditempatkan di sejumlah peran berbeda oleh Ten Hag musim ini - termasuk periode singkat di sayap.

Fernandes bermain melebar dengan Wout Weghorst ditempatkan sebagai No.10 dalam kekalahan telak 7-0 Manchester United melawan Liverpool bulan lalu dan banyak dikritik karena perilaku pemarahnya selama pertandingan.

Dia pulih dengan gaya dengan penampilan brilian dalam perannya yang biasa dalam kemenangan 4-1 United atas Real Betis di Liga Europa hanya beberapa hari kemudian. Itu mendorong ikon Old Trafford Paul Scholes mendesak Ten Hag untuk tidak pernah memainkan wakil kaptennya lagi di area luas.

"Beberapa pemain datang untuk dikritik, terutama Bruno, saya pikir dia brilian di tengah lapangan di mana kita tahu itu adalah posisi terbaiknya," kata Scholes kepada BT Sport setelah menang atas Betis.

"Saya harap kita tidak pernah melihatnya di area yang luas lagi di lapangan sepak bola karena itu bukan kekuatannya, dia sangat bagus di tengah lapangan yang mendikte permainan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pujian ten Hag untuk Fernandes

Bukan untuk pertama kalinya, Fernandes menarik perhatian dari peran yang lebih dalam dalam kemenangan 2-0 United atas Everton, yang menjadi panas setelah kemenangan tengah pekan melawan Brentford. Dan komentar Ten Hag yang memuji kinerja Fernandes menunjukkan bahwa kembali ke sayap tidak mungkin terjadi dalam waktu dekat.

"Saya pikir [Fernandes] brilian tetapi dia sudah bermain brilian dalam banyak pertandingan dalam peran yang lebih dalam. Tidak semua orang menyadarinya tetapi bahkan minggu lalu di Newcastle dia bermain sangat baik," kata Ten Hag kepada Match of the Day setelah pertandingan Sabtu sore.

"Melawan Brentford bermain sangat baik, hari ini juga, tapi saya katakan dia pasti salah satu pemain terbaik, mungkin pemain terbaik di lapangan, tapi kami memiliki lebih banyak di level tinggi."

Setelah musim yang sulit tahun lalu, Fernandes telah menemukan kembali beberapa performa terbaiknya di bawah Ten Hag dan berhasil mencetak 10 gol dan 12 assist di semua kompetisi untuk Manchester United musim ini.

3 dari 5 halaman

Setelah Diultimatum, Manchester United Patok Harga Rp 927,6 Miliar untuk Scott McTominay

Manchester United dikabarkan menolak menjual Scott McTominay selama bursa transfer musim panas 2023. Kecuali, jika juara Liga Inggris 20 kali tersebut menerima tawaran setidaknya 50 juta pound atau sekitar Rp 927,6 miliar.

Masa depan Scott McTominay kini menjadi spekulasi. Sejumlah klub, termasuk Newcastle United dan West Ham United, disebut-sebut menginginkan jasa gelandang asal Skotlandia itu..

McTominay kembali menjadi pemain reguler untuk MU pada musim ini. Dia membuat 35 penampilan di semua kompetisi, mencetak tiga gol dan satu assist dalam prosesnya.

Namun, pemain berusia 26 tahun ini hanya menjadi starter dalam 10 pertandingan Liga Inggris musim ini. Dia kalah bersaing dengan Casemiro, Christian Eriksen, dan Bruno Fernandes.

Skorsing Casemiro, baru-baru ini, dan cedera pergelangan kaki Eriksen memungkinkan McTominay untuk menjadi starter dalam tiga pertandingan terakhir Man Utd di Liga Inggris. Dia mencetak gol dalam laga melawan Everton pada Sabtu (8/4/2023) lalu.

Eriksen kembali tampil dalam kemenangan 2-0 atas Everton dan Casemiro telah terbebas dari skorsing. Situasi ini dapat menyulitkan McTominay untuk mendapatkan posisi starter secara reguler di masa mendatang.

4 dari 5 halaman

Tidak Ingin Menjual

Sebuah laporan baru-baru ini mengklaim bahwa Scott McTominay telah mengatakan kepada Manchester United bahwa dia ingin pergi musim panas ini. Itu dilakukan untuk mengamankan posisi starter secara reguler pada tahap kariernya saat ini.

Namun, Manajer MU Erik ten Hag juga mengatakan bahwa ia tidak ingin menjual sang gelandang secara aktif, terlepas dari spekulasi yang beredar baru-baru ini.

Menurut The Sun, juara Liga Inggris 20 kali itu tak akan mengizinkan McTominay. Kecuali, Setan Merah menerima tawaran setidaknya 50 juta pound.

Laporan tersebut mengklaim bahwa Man United tidak berencana untuk menjual pemain asal Skotlandia tersebut. Namun, mereka sadar akan ketertarikan tersebut dan tawaran setidaknya 50 juta pound bakal sulit untuk ditolak.

Newcastle United sangat dikaitkan dengan McTominay di Januari 2023. Namun, Ten Hag tidak siap untuk membiarkannya pergi di tengah-tengah musim karena padatnya pertandingan.

5 dari 5 halaman

Berharap Starter

Scott McTominay masih memiliki dua tahun tersisa dalam kontraknya di Old Trafford. Selain itu,, Manchester United juga memiliki opsi tambahan 12 bulan.

Di semua kompetisi, dia telah mewakili Man United dalam 205 pertandingan, mencetak 19 gol dan mencatatkan lima assist dalam prosesnya.

Setelah mencetak gol dalam penampilan positif melawan Everton pada Sabtu (8/4/2023) lalu, McTominay sekarang akan berharap untuk mempertahankan tempatnya di XI untuk leg pertama perempat final Liga Europa melawan Sevilla.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.