Sukses

Mengenal Tradisi Saat Perayaan Jumat Agung, Hari Penuh Makna Bagi Umat Kristiani

Jumat Agung adalah sebuah peringatan menandakan kesucian dan keagungan Yesus. Selain itu, terdapat beberapa tradisi yang dilakukan umat Kristiani zaman dahulu untuk memperingati hari Jumat Agung.

Liputan6.com, Jakarta - Tepat hari ini, Jumat (7/4/2023), diperingati sebagai perayaan Jumat Agung bagi para umat Kristiani. Biasanya peringatan Jumat Agung dilaksanakan setelah Kamis Putih dan sebelum Minggu Paskah.

Jumat Agung sendiri adalah hari peringatan umat Kristiani pada penderitaan dan eksekusi Yesus oleh kerajaan penduduk Romawi di Yerusalem.

Tentunya wafat dan kematian Yesus menjadi peristiwa penting bagi setiap umat Kristiani. Oleh karena itu, Jumat Agung adalah sebuah peringatan menandakan kesucian dan keagungan Yesus. 

Dilansir dari Merdeka, Kamis (6/4/2023), ada beberapa hal yang umumnya dilakukan umat Kristiani pada saat Jumat Agung. Biasanya pada hari peringatan Jumat Agung, umat Kristiani akan mengunjungi gereja untuk berdoa dan mengikuti acara kebaktian yang meliputi pembacaan Al-Kitab, khotbah, hingga doa dan hymne nyanyian.

Momen ini juga menjadi waktu yang baik untuk memanjatkan doa dan pengharapan. Selain itu, terdapat beberapa tradisi yang dilakukan umat Kristiani zaman dahulu untuk memperingati Jumat Agung.

Mengenal Perayaan Jumat Agung 

Sebelumnya penting untuk memahami apa itu perayaan Jumat Agung. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Jumat Agung sendiri adalah hari ketika umat Kristiani memperingati dan mengenang penderitaan dan eksekusi Yesus oleh pendudukan Romawi di Yerusalem. 

Jumat Agung biasanya dirayakan setelah Kamis Putih dan sebelum perayaan Minggu Paskah. Umat Kristiani mempunyai agenda kegiatan yang selalu dilakukan setiap perayaan Jumat Agung mulai dari berpuasa hingga menghadiri kebaktian untuk mendengarkan khutbah, memanjatkan doa, dan menyanyikan lagu pujian untuk mengenang perjuangan Yesus.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Disebut Juga dengan Good Friday

Jumat Agung disebut juga sebagai Good Friday. Jumat Agung adalah istilah yang kemungkinan besar diambil dari kata “good” atau baik yang juga mempunyai arti suci. Teori ini nyatanya telah didukung oleh banyak pakar linguistik.

Sementara itu, ahli bahasa dan sejarawan tidak jarang mendebatkan teori bahwa istilah ini juga disebut Hari Jumat Tuhan yang kemudian mendatangkan kebaikan. Namun, tak sedikit pula yang menganggap kedua hal tersebut tidak mempunyai hubungan yang jelas.

3 dari 4 halaman

Tradisi Perayaan Jumat Agung yang Dilakukan Umat Kristiani

Seperti peringatan besar di agama-agama lain, ada beberapa tradisi yang dilakukan umat Kristiani setiap merayakan Jumat Agung. Jumat Agung adalah hari peringatan keagamaan yang zaman dahulu dilakukan dengan cara berziarah ke kota Yerusalem.

Seiring berjalannya, perayaan Jumat Agung juga diadakan setiap tahun di berbagai tempat di seluruh negara di mana umat Kristiani mengunjungi tujuh gereja yang berbeda pada hari Jumat Agung.

Nantinya mereka akan meluangkan waktu untuk berdoa di masing-masing gereja. Selain itu, umat Kristiani juga menghadiri acara kebaktian untuk mengenang penderitaan dan kematian Yesus. Acara tersebut umumnya meliputi kegiatan pembacaan bagian Al-Kitab, mendengarkan khotbah, berdoa, dan menyanyikan hymne atau lagu pujian.

Selain itu, ada pula beberapa umat yang berpuasa, misalnya bagi umat Katolik Roma. Bagi mereka, ibadah Jumat Agung adalah bagian tengah dari liturgi selama tiga hari atau ritus resmi yang sering disebut dengan Triduum. Ini merupakan peringatan sakral yang selalu diadakan setiap tahun.

4 dari 4 halaman

20 Ucapan Jumat Agung Penuh Makna, Bisa Dijadikan Status Media Sosial dan Dikirim ke Kerabat

Tahun ini perayaan Jumat Agung jatuh pada hari Jumat tanggal 7 April 2023. Jumat Agung sendiri adalah hari peringatan dari penyaliban dan wafatnya Yesus Kristus di bukit Golgota. Jumat Agung biasanya dirayakan pada hari Jumat sebelum minggu Paskah. 

Umat kristiani di seluruh dunia menjadikan Jumat Agung atau Paskah sebagai salah satu di antara hari-hari suci yang ada. Perayaan Jumat Agung dan Paskah umumnya dijadikan momen untuk berkumpul dan berbagi kebahagiaan bersama keluarga serta orang terdekat bagi umat Kristiani. 

Saat perayaan Jumat Agung maupun Paskah tak sedikit umat kristiani yang membagikan kata-kata ucapan selamat hari Paskah kepada pasangan, teman, kerabat, dan keluarga yang merayakan.

Biasanya kata-kata ucapan tersebut tentunya berisi doa serta harapan positif. Ucapan tersebut umumnya dibagikan di media sosial Twitter, instagram, atau status Whatsapp.

Selain itu kalian juga bisa mengirimkan ucapan Jumat Agung tersebut secara langsung melalui pesan singkat kepada orang terdekat. Berikut ini kumpulan kata-kata ucapan Jumat Agung yang penuh doa dan harapan yang bisa kalian bagikan kepada kerabat dekat.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.