Sukses

Tak Hanya Baik untuk Fisik, Menari Juga Memberikan Dampak Positif Bagi Mental Anda

Entah Anda lebih suka menari sendiri atau terlibat dalam program yang lebih formal dan koreografi, menari menawarkan keuntungan yang jelas bagi kesehatan fisik dan juga mental Anda.

Liputan6.com, Jakarta Bagi sebagian besar orang menari adalah hal yang sulit dilakukan. Beberapa orang lebih suka menari sendiri mengikuti lagu favorit mereka di Spotify atau di radio. Yang lain ingin belajar dansa ballroom atau hip-hop atau ikuti kelas tango di pusat komunitas lokal mereka.

Entah Anda lebih suka menari sendiri atau terlibat dalam program yang lebih formal dan koreografi, menari menawarkan keuntungan yang jelas bagi kesehatan fisik Anda.

Anda tidak hanya menggerakkan tubuh secara ritmis dan mengekspresikan perasaan. Anda juga bisa membakar kalori dan berolahraga dengan pasti. Tetapi aktivitas fisik yang kreatif dan menyenangkan ini juga bermanfaat bagi fungsi otak Anda. Anda sedang beristirahat dari pekerjaan, keluarga, dan stres sehari-hari. Terakhir, Anda tidak punya waktu untuk merenung saat menari.

Manfaat untuk kesehatan mental Anda yang berasal dari menari mungkin tidak begitu terlihat, tetapi banyak dan mendalam. Dilansir dari Very Well Mind, menurut studi Kesehatan UCLA yang diterbitkan dalam Complementary Therapies in Clinical Practice edisi Agustus 2021, tarian yang mengalir bebas dan sadar menghasilkan manfaat kesehatan mental yang positif di antara para peserta.

Ini didasarkan pada survei terhadap 1.000 penari di seluruh dunia yang mengalami depresi, kecemasan, atau riwayat trauma. Sebagian besar yaitu sekitar 98% dari semua penari mengatakan bahwa latihan tersebut meningkatkan suasana hati mereka. Banyak juga yang melaporkan bahwa tarian memberi mereka lebih percaya diri dan kasih sayang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Penelitian Dilakukan untuk Mencari Tahu Manfaat Menari Bagi Seseorang

Prabha Siddarth, PhD, ahli statistik penelitian di Institut Jane dan Terry Semel untuk Ilmu Saraf dan Perilaku Manusia di UCLA dan penulis senior studi tersebut mencatat bagaimana perasaan peserta dengan melakukan tarian mandiri ini.

Dalam studi terbaru lainnya, yang diterbitkan di Frontiers in Aging Neuroscience, peneliti membandingkan efek berjalan, peregangan, dan menari pada jaringan kabel dan materi abu-abu otak yang menua. Menari memiliki efek positif yang paling menonjol.

Setelah merekrut sukarelawan berusia 60-an dan 70-an dengan otak sehat yang tidak menunjukkan tanda-tanda gangguan kognitif, para peneliti secara acak menempatkan mereka dalam tiga kelompok. Satu kelompok berjalan, yang lain melakukan peregangan dan latihan keseimbangan dan kelompok terakhir belajar menari. Koreografi tarian menjadi semakin menantang dari waktu ke waktu.

Mereka semua melakukan aktivitas yang ditugaskan selama satu jam sehari, tiga kali seminggu. Setelah jangka waktu enam bulan, otak para relawan dipindai ulang dan dibandingkan dengan saat mereka memulai rejimen.

3 dari 5 halaman

Menari melindungi otak dari degenerasi saraf akibat penuaan

Agnieszka Burzynska, penulis utama studi yang saat ini menjadi Ilmuwan Saraf dan Direktur Laboratorium BRAiN di Colorado State University, menemukan hanya satu kelompok yang menunjukkan peningkatan yaitu mereka yang menari. 

Peserta yang belajar country dancing sekarang memiliki materi putih yang lebih padat di bagian otak yang memproses ingatan. Materi putih biasanya rusak seiring bertambahnya usia seseorang, yang dapat menyebabkan penurunan kognitif. Menari melindungi otak dari degenerasi saraf akibat penuaan. Jadi, menari bukan hanya aktivitas aerobik yang baik untuk kesehatan fisik tapi ini juga membantu otak Anda.

Tarian country, dansa ballroom, tango, salsa, dan waltz semuanya dilakukan dengan orang lain. Saat Anda berpartisipasi dalam tarian ini, Anda juga terlibat dalam kegiatan sosial yang bermanfaat. Anda juga merangsang otak Anda secara kognitif saat mempelajari langkah-langkah tarian. Oleh karena itu, menari mungkin merupakan salah satu aktivitas fisik terbaik yang dapat Anda pilih untuk kesehatan otak.

4 dari 5 halaman

Menari juga bisa dijadikan sebagai terapi

Rupanya gerakan menari juga bisa dijadikan sebagai terapi. Ini didefinisikan oleh American Dance Therapy Association (ADTA) sebagai penggunaan gerakan psikoterapi untuk mempromosikan integrasi emosional, sosial, kognitif, dan fisik individu, untuk tujuan meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan.

Sebuah studi penelitian dilakukan tentang efek gerakan dan tarian pada hasil psikologis yang berhubungan dengan kesehatan. Temuannya pun menjanjikan. Manfaat gerakan dan tarian termasuk peningkatan kualitas hidup dan keterampilan interpersonal sekaligus menurunkan depresi dan kecemasan. Jika Anda belum mempertimbangkan untuk menari, pikirkan lagi tentang memasukkan tarian ke dalam program kesehatan fisik dan mental Anda.

5 dari 5 halaman

Manfaat Menari Bagi Fisik dan Mental

Banyak sekali manfaat menari. Mari kita lihat deretan manfaat mental dan fisik dari menari berikut ini:

  • Menjaga pikiran tetap tajam
  • Meningkatkan harga diri
  • Melibatkan keterampilan sosial
  • Meningkatkan endorfin
  • Mudah terikat dengan orang lain
  • Meningkatkan suasana hati Anda
  • Mengurangi kesepian
  • Meringankan depresi
  • Menurunkan kecemasan
  • Mengurangi perenungan
  • Membantu daya ingat
  • Dapat mencegah demensia
  • Menaikkan ambang nyeri
  • Mengurangi persepsi nyeri

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.