Sukses

7 Tips Agar Rumah Aman dari Incaran Pencuri

Berikut deretan tips untuk membuat rumah Anda tidak terlalu rentan terhadap pencuri dan melindungi ketenangan pikiran Anda.

Liputan6.com, Jakarta - Pencurian merupakan kejahatan yang terjadi karena ada kesempatan. Pencuri adalah orang asing, dan satu-satunya hal yang mereka ketahui tentang tempat Anda adalah sasaran empuk mereka. 

Studi menunjukkan bahwa sebagian besar pencurian memakan waktu antara 90 detik dan 12 menit dan terjadi antara pukul 10 pagi dan 3 sore. Saat Anda sedang pergi berlibur dan rumah kosong juga bisa menjadi sasaran empuk para pencuri. 

Untungnya, Anda dapat menggunakan beberapa kiat ahli untuk mengecoh pencuri dan menjaga keamanan keluarga dan barang-barang Anda.

Bright Side telah menyusun panduan khusus tentang cara membuat rumah Anda tidak terlalu rentan terhadap pencuri dan melindungi ketenangan pikiran Anda, berikut ulasannya. 

1. Simpan sepatu pria di dekat pintu

Pencuri biasanya adalah orang-orang yang takut akan konfrontasi. Mereka di luar sana mencari target yang rentan untuk dirampok. Menyimpan sepatu pria besar di dekat pintu menunjukkan bahwa ada pria bertubuh besar di rumah.

Hal ini seolah menunjukkan bahwa seseorang ada di rumah sekarang dan dia bisa melawan siapa saja yang berniat jahat. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Tempelkan kunci cadangan palsu di bawah keset pintu

Banyak orang menyimpan kunci cadangan di sekitar rumah, biasanya di bawah batu atau keset. Anda bisa membuat kunci serep palsu untuk mengelabui si pencuri. Setelah pencuri mendapatkan kuncinya, mereka akan mencoba membuka pintu dengan sia-sia.

Selain itu, mereka mungkin juga curiga bahwa mereka sedang diawasi. Ketakutan mereka akan membuat mereka membatalkan misinya jika seseorang melihat mereka.

3. Gunakan saklar lampu otomatis

Anda mungkin ingin memasang saklar pengatur waktu pada lampu Anda jika Anda meninggalkan rumah lebih dari beberapa jam di malam hari. Ini akan mencegah pencuri yang lebih suka beraksi saat tidak ada orang di rumah.

Selain itu, dapat mengurangi penggunaan energi dan menghilangkan listrik yang terbuang dari lampu yang dibiarkan menyala sepanjang hari atau malam.

3 dari 4 halaman

4. Jauhkan barang berharga Anda dari depan pintu

Pencuri paling sering masuk ke rumah melalui pintu depan atau jendela. Dalam hal ini, pastikan barang berharga Anda terkunci dan tidak terlihat oleh penyusup. Sebagai tindakan pencegahan, tutup tirai Anda di siang dan malam hari, dan pastikan semua pintu terkunci saat Anda tidak di rumah.

5. Jangan mengunggah di media sosial saat Anda liburan

Pastikan pencuri tidak mengetahui bahwa Anda berada di luar kota dan tidak dapat mempertahankan rumah Anda. Kemungkinan besar, mereka akan menargetkan rumah Anda saat kosong, tetapi jika mereka mengira Anda akan ada di sana, mereka kebanyakan akan meninggalkan Anda sendirian. 

Selain itu, jangan mengunggah cerita atau gambar saat Anda sedang berlibur. Jika Anda mengunggah foto diri Anda sedang mendaki atau berjemur, itu hanya akan memberi tahu pencuri bahwa rumah Anda tidak terlindungi.

4 dari 4 halaman

6. Pelihara anjing

Memelihara seekor anjing adalah salah satu cara paling efektif untuk mencegah penyusup. Seekor anjing menggonggong dapat mencegah calon pencuri sambil juga memperingatkan Anda tentang perilaku aneh apa pun di properti Anda.

Kebanyakan pencuri mengejar misi perampokan bebas konflik. Jadi, begitu mereka tahu bahwa ada seekor anjing, mereka mungkin akan mundur.

7. Memasang jendela berlapis ganda 

Memasang jendela berlapis ganda di rumah Anda akan membuat rumah jauh lebih aman. Untuk masuk ke rumah Anda, pencuri pertama-tama harus memecahkan satu panel dan kemudian beralih ke panel kedua.

Prosesnya akan memakan waktu dan berisik. Karena kebisingan, pencuri dapat memutuskan untuk berhenti atau tertangkap.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.