Sukses

Top 3: Profil dan Biodata Richard Eliezer

Artikel tentang profil dan biodata Richard Eliezer menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6-Liputan6.com.

Liputan6.com, Jakarta Bharada E alias Richard Eliezer menjalani sidang dengan agenda pembacaan vonis dalam kasus pembunuhan Brigadir Yosua Hutabarat (Brigadir J) hari ini, Rabu (15/02/2023) di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan (Jaksel).

Richard Eliezer dikenal sebagai Justice Collaborator pada kasus Brigadir J karena membantu mengungkap peran Ferdy Sambo, dkk.

Artikel tentang profil dan biodata Richard Eliezer menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6-Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang tanda hipertensi yang muncul di kaki.

Sementara itu artikel ketiga terpopuler tentang warganet terbagi dua kubu atas vonis Bharada E.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Profil dan Biodata Richard Eliezer, Berapa Usia sang Justice Collaborator Saat Sidang Vonis Kasus Brigadir J?

Memiliki nama lengkap Richard Eliezer Pudihang Lumiu, Bharada E lahir di Manado, Sulawesi Utara, pada tanggal 14 Mei 1998. Dengan kata lain, pada agenda pembacaan vonisnya, Richard Eliezer berusia 24 tahun menuju 25 tahun.

Bharada E adalah satu dari tujuh ajudan yang dimiliki oleh Ferdy Sambo dengan pangkat paling rendah, yakni golongan Tamtama. Ia memulai karier di kepolisian dengan sekolah di Akademi Kepolisian (Akpol) Watukosek, Pasuruan, Jawa Timur.

Lulus dari pendidikan polisi pada tahun 2019, Richard Eliezer kemudian diangkat menjadi ajudan Ferdy Sambo. Selama di Polri sendiri, ia merupakan penembak kelas satu di Resimen Pelopor. Ia juga merupakan pelatih teknik penyelamatan pada medan vertikal atau curam (vertical rescue).

Sebelumnya,  Tim Penasihat Hukum terdakwa Richard Eliezer alias Bharada E, Ronny Talapessy menyampaikan kondisi kliennya jelang sidang vonis atas perkara dugaan pembunuhan berencana Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J. Dia menuturkan, Bharada E dalam keadaan ikhlas. Bahkan dirinya saling menguatkan.

Selengkapnya...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Kenali Tanda-Tanda Hipertensi yang Muncul di Kaki

Tekanan darah tinggi atau juga disebut hipertensi terjadi ketika kekuatan darah yang mengalir masuk dan melalui pembuluh darah terlalu besar.

Tekanan darah tinggi tidak menunjukkan gejala apa pun. Inilah mengapa sering disebut sebagai 'silent killer'. Melansir dari Times of India, Rabu (15/2/2023), menurut American Heart Association (AHA), banyak individu dengan tekanan darah tinggi bahkan tidak menyadarinya.

Tanda dan gejalanya sering disalahpahami dengan hal lain, yang menyebabkan diagnosis dan pengobatan tertunda. Hal ini pada gilirannya meningkatkan risiko masalah jantung termasuk serangan jantung dan stroke.

Cara terbaik untuk mengidentifikasi hipertensi adalah dengan memantaunya secara teratur. Anda juga bisa mengeceknya sendiri di rumah.

Ada kalanya tekanan darah tinggi bisa muncul dengan sendirinya di tubuh. Saat Anda mengalami gejala, biasanya karena pembuluh darah di sekitar tubuhmu telah rusak.

Selengkapnya...

3 dari 3 halaman

3. Jujur Saat Sidang dan Jadi Justice Collaborator, Richard Eliezer Bikin Warganet Terbagi Dua Kubu

Sidang dengan agenda pembacaan vonis Bharada E alias Richard Eliezer digelar hari ini, Rabu (15/2/2023) di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan (Jaksel).

Sebelumnya, Richard Eliezer dituntut 12 tahun penjara. Meski demikian, kuasa hukum keluarga Brigadir J, Kamaruddin Simanjuntak berharap hukuman pria itu diperingan karena telah mengaku bersalah dan meminta maaf kepada keluarga korban.

Untuk dibebaskan sih agak sulit ya, karena ini kan pembunuhan, merampas nyawa orang lain. Tetapi untuk kita memohon diperhatikan dia sebagai Justice Collaborator atau sebagai pihak yang berpihak kepada penegak hukum," kata Kamaruddin kepada wartawan, Selasa (14/2/2023).

Hal ini senada dengan apa yang dikatakan oleh Wakil Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK), Edwin Partogi Pasaribu. Ia meminta majelis hakim memperhatikan status Bharada E sebagai Justice Collaborator (JC).

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.