Sukses

Penyakit Hati Berlemak: Kehilangan Nafsu Makan Bisa Jadi Tanda Bahaya

Dalam penyakit hati berlemak, kehilangan nafsu makan dapat menjadi tanda bahaya

Liputan6.com, Jakarta Penyakit hati berlemak non-alkohol (NAFLD) adalah kondisi jangka panjang yang disebabkan oleh penumpukan lemak di hati. Organ vital ini bertanggung jawab atas lebih dari 500 fungsi, termasuk mengubah makanan menjadi energi dan mengeluarkan racun dari darah. Oleh karena itu, setiap masalah dengan hati bisa berbahaya.

Hati yang sehat harus mengandung sedikit atau tanpa lemak, tetapi British Liver Trust memperingatkan bahwa NAFLD memengaruhi hingga satu dari lima orang di Inggris. Seperti namanya, NAFLD tidak disebabkan oleh alkohol, tapi sering dikaitkan dengan obesitas dan diabetes tipe 2.

Seperti dilaporkan oleh Mirror, pada tahap paling awal, penyakit ini seringkali tidak menunjukkan gejala sehingga sulit diketahui. Namun, jika berkembang dapat mencapai tahap keempat dan paling parah, yang dikenal sebagai sirosis, yang terjadi setelah peradangan bertahun-tahun.

Setiap tahun lebih dari 4.000 orang di Inggris meninggal karena sirosis, yang menyebabkan hati menjadi menyusut, terdapat bekas luka dan menggumpal.

NHS mengatakan: "Kerusakan ini bersifat permanen dan dapat menyebabkan gagal hati (di mana hati Anda berhenti bekerja dengan baik) dan kanker hati."

Jika seseorang menderita sirosis, mereka lebih cenderung mengalami gejala, seperti kehilangan nafsu makan. The British Liver Trust memperingatkan bahwa tetap bergizi baik bisa menjadi sulit jika Anda menderita sirosis karena beberapa masalah yang dapat membuat makan menjadi tidak menarik.

Ini dapat termasuk:

  • Kehilangan selera makan
  • Merasa sakit (mual)
  • Sedang sakit (muntah)
  • Nyeri atau ketidaknyamanan di perut atau perut Anda
  • Merasa lelah (kelelahan)
  • Kecemasan
  • Depresi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Yang dapat dilakukan

Jika Anda berjuang dengan kehilangan nafsu makan akibat sirosis, The British Liver Trust merekomendasikan untuk:

  • Makan makanan kecil tapi sering – sedikit dan sering
  • Ngemil jika 'makanan yang tepat' terlalu sulit untuk dimakan
  • Mencoba makan sesuatu setiap dua jam, betapapun kecilnya
  • Menggoda diri sendiri dengan makanan yang Anda sukai
  • Tidak memaksakan diri untuk makan makanan yang tidak Anda sukai
  • Cobalah untuk bersantai sebelum dan sesudah Anda makan
  • Luangkan waktu Anda untuk makan – kunyah dengan baik dan bernapas dengan teratur
  • Mencoba makanan dingin seperti biskuit atau sandwich
  • Mencoba minuman bergizi jika Anda tidak menyukai makanan padat.

Ia menambahkan: “Minuman bergizi termasuk susu full cream, milkshake atau smoothie buah buatan sendiri, dan minuman yang dibuat dengan suplemen nutrisi.

"Periksa dengan dokter atau ahli diet Anda sebelum menggunakan suplemen nutrisi untuk mengetahui apakah cocok untuk Anda."

 

3 dari 5 halaman

Gejala umum sirosis lainnya

Gejala umum sirosis lainnya meliputi:

  • Merasa sangat lelah dan lemah
  • Berat badan dan massa otot menurun drastis
  • Bercak merah di telapak tangan dan pembuluh darah kecil seperti laba-laba di kulit Anda (spider angioma) di atas pinggang.

 

Jika sirosis semakin parah dapat menyebabkan:

  • Menguningnya kulit dan bagian putih mata (jaundice)
  • Muntah darah
  • Kulit yang gatal
  • Kencing gelap dan kotoran yang tampak seperti tar
  • Mudah berdarah atau memar
  • Kaki bengkak (edema) atau perut (asites) akibat penumpukan cairan
  • Kehilangan gairah seks (libido).

 

Jika Anda mengalami gejala sirosis atau penyakit hati berlemak, Anda disarankan untuk menemui dokter umum.

Untuk mencegah atau mengurangi efek penyakit hati berlemak, NHS merekomendasikan untuk menerapkan gaya hidup sehat, termasuk:

  • Menurunkan berat badan jika kelebihan berat badan
  • Makan makanan yang sehat – tinggi buah-buahan, sayuran, protein dan karbohidrat, tetapi rendah lemak, gula dan garam
  • Menukar minuman manis dengan air
  • Berolahraga secara teratur
  • Berhenti merokok.
4 dari 5 halaman

4 Manfaat Buah Jeruk untuk Kesehatan dan Kecantikan

Buah jeruk menjadi sumber potasium, serat, dan kaya akan vitamin C. Jeruk juga miliki sumber minyak citrus alami yang sangat besar, yang membantu menjaga kulit Anda tetap terhidrasi dari dalam, serta lentur dan kenyal di bagian luar.

Makan jeruk juga membantu membangun kolagen alami, yang membantu mencegah penuaan dini. Selain itu, jeruk juga kaya akan serat, folat dan antioksidan yang baik untuk tubuh.

Karena kaya kandungan yang baik untuk kecantikan dan kesehatan tubuh, berikut beberapa manfaat yang didapat jika rutin makan jeruk, seperti melansir dari Bright Side, Kamis (9/2/2023).

1. Membantu menurunkan berat badan

Untuk mencapai tujuan penurunan berat badan, kita perlu berolahraga dan memiliki pola makan seimbang, yang berarti mengonsumsi semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh agar berfungsi dengan baik.

Jeruk kaya akan nutrisi penting, jadi dengan makan satu buah jeruk saja sehari, kita bisa menutupi sebagiannya.

Jeruk berukuran sedang memberi tubuh hanya 60 kalori. Buah ini juga memiliki 3 gram serat, yang memberikan manfaat seperti kesehatan usus yang lebih baik, kolesterol baik, dan risiko penyakit jantung yang lebih rendah, serta memperlambat cara tubuh kita menyerap gula.

Serat juga bisa membantu kita merasa kenyang lebih lama. Memiliki pola makan yang kaya di dalamnya bisa membantu mengurangi keinginan dan asupan kalori kita, sehingga menurunkan berat badan.

Saat Anda makan jeruk, pastikan untuk mengonsumsi tidak hanya jusnya, tapi juga daging buahnya karena di situlah sebagian besar seratnya berada.

2. Membantu kesehatan usus

Menurut beberapa penelitian, konsumsi jeruk setiap hari bisa memberikan efek positif pada mikroba usus kita. Ini juga menyebabkan penurunan glukosa, sensitivitas insulin, dan LDL (kolesterol jahat).

Jus jeruk bertindak sebagai prebiotik dan mendorong pertumbuhan bakteri usus, yang penting bagi kesehatan kita.

5 dari 5 halaman

3. Menjaga kesehatan mata

Para peneliti mengatakan bahwa dengan makan jeruk sehari, Anda lebih mungkin memiliki risiko 60% lebih rendah terkena degenerasi makula, penyakit mata yang bisa mengaburkan penglihatan sentralmu ke titik di mana kacamata pun tidak akan membantumu melihat dengan baik. Kondisi ini bisa terbentuk akibat proses alami penuaan.

Vitamin C sangat penting untuk penglihatan kita karena memberikan kontribusi untuk memiliki pembuluh darah yang sehat di mata kita, dan bisa membantu memerangi katarak.

Jika kita ingin memiliki penglihatan yang baik di masa depan, ada baiknya kita mulai memperhatikan asupan vitamin C harian kita.

4. Membantu tubuh dalam pembuatan kolagen

Satu jeruk menyediakan sekitar 70 miligram vitamin C. Nutrisi penting ini juga memiliki manfaat yang luar biasa, seperti meningkatkan penyerapan zat besi, melawan peradangan, dan menurunkan tekanan darah, serta membantu pembentukan kolagen di tulang kita.

Kolagen adalah protein yang dihasilkan tubuh kita. Ini memberikan dukungan struktural pada jaringan dan membantu dalam proses penting, seperti perbaikan jaringan dan respons imun.

Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen kita melambat dan elastin kita hilang, mengakibatkan penuaan dan kulit kita tampak kendor dan kering.

Tidak mungkin untuk menghentikan kehilangan kolagen sama sekali karena itu adalah bagian dari bertambahnya usia, tapi kita bisa mencoba memperlambat prosesnya, dan makan jeruk sehari akan membuat perbedaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.