Sukses

Bergosip Sebenarnya Baik untuk Kesehatan Mental Anda, Ungkap Peneliti

Menurut penelitian, bergosip rupanya dapat bermanfaat untuk kesehatan mental loh.

Liputan6.com, Jakarta - Meskipun bergosip biasanya tidak disukai, namun banyak dari kita yang melakukannya dari waktu ke waktu. Entah Anda suka mengobrol dengan teman-teman terbaik Anda tentang kebiasaan aneh pasangan atau tentang rekan kerja Anda, itu adalah sifat alami manusia yang ingin mengobrol tentang apa saja.

Meski gosip memiliki reputasi negatif, penelitian terbaru menunjukkan bahwa gosip sebenarnya bisa menyehatkan. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Current Biology edisi April 2021, peneliti Dartmouth membuat game online di mana para pemain harus bekerja sama untuk mencapai tujuan. 

Namun, pemain tertentu tetap tidak tahu apa-apa tentang tindakan pemain lain, memaksa mereka untuk berbicara dengan pemain yang tersisa tentang apa yang sedang terjadi. 

"Inspirasi kami adalah menciptakan skenario nyata di mana Anda adalah anggota komunitas dan dipengaruhi oleh tindakan semua anggota komunitas lainnya, yang sebagian besar jarang Anda amati dan libatkan secara langsung," jelas rekan penulis studi Eshin Jolly, PhD, dilansir dari Best Life Online. 

Di akhir permainan, Jolly dan rekan penulisnya, Luke Chang, PhD, menemukan bahwa pemain yang harus berbicara satu sama lain tentang tindakan pemain lain merasa lebih terhubung satu sama lain. 

"Dengan bertukar informasi dengan orang lain, gosip adalah cara membentuk hubungan," jelas Chang dalam buletin Dartmouth. 

"Ini melibatkan kepercayaan dan memfasilitasi ikatan sosial yang diperkuat saat komunikasi lebih lanjut terjadi."

Studi lain, yang diterbitkan dalam jurnal Social Psychological and Personality Science edisi Mei 2019, menemukan bahwa lebih sering daripada tidak, gosip adalah sarana untuk berbagi informasi, daripada menghancurkan orang lain. 

"Gosip cenderung netral, bukan positif atau negatif, dan tentang informasi sosial," tulis penulis penelitian. Menurut temuan penelitian, 85 persen gosip adalah obrolan ringan yang tidak berbahaya, sementara hanya 15 persen yang jahat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gosip bisa mengurangi rasa kesepian

Jika Anda pernah merasa lebih dekat dengan seseorang setelah berbagi gosip menarik, ada alasannya, kata para ahli. "Bergosip bisa terasa seperti cara cepat untuk terhubung, terutama karena orang-orang terlihat lebih terlibat dalam percakapan daripada saat kita berbicara tentang cuaca," kata Lauren Cook, MFT dan pendiri Heartship Psychological Services, kepada Best Life. 

"Kita adalah makhluk sosial, jadi kita secara alami tertarik untuk berbicara tentang manusia lain dan interaksi kita satu sama lain. Bergosip juga dapat membuat kita merasa memiliki status sosial yang tinggi, karena kita merasa memiliki informasi yang akan dianggap berharga oleh orang lain."

Gosip juga bisa mengurangi rasa kesepian, jelas psikiater Faisal Tai, MD. 

"Bergosip membantu membentuk hubungan antara orang-orang, dan dalam keadaan tertentu, memberi tahu orang-orang tentang hal-hal yang sebelumnya tidak mereka ketahui," jelasnya kepada Best Life. 

Karena itu bisa membuat Anda merasa kurang terisolasi dan lebih terhubung, tampaknya gosip berpotensi mengangkat suasana hati Anda dan mungkin meningkatkan kesehatan mental Anda.

3 dari 4 halaman

Gosip dapat membantu kita menjadi lebih berempati

Jauh dari berbahaya, gosip bisa menjadi alat yang membantu kita belajar tentang kehidupan orang lain, dan mungkin untuk memahami bagaimana rasanya berjalan di posisi mereka, kata Jolly kepada buletin Dartmouth.

"Gosip bisa bermanfaat karena membantu orang belajar melalui pengalaman orang lain, sekaligus memungkinkan mereka menjadi lebih dekat satu sama lain dalam prosesnya," katanya.

Kalley Hartman, LMFT di Ocean Recovery, setuju. "Bergosip dapat memberi kita kesempatan untuk melatih empati dan pengertian saat kita berusaha memahami apa yang sedang dialami orang lain," katanya. "Ini membantu kita mendapatkan perspektif tentang bagaimana perasaan orang lain tentang situasi tertentu, yang pada gilirannya dapat membantu kita menjadi lebih berbelas kasih ketika menyangkut masalah kita sendiri."

4 dari 4 halaman

Beberapa jenis gosip berbahaya

Tentu saja, jika gosip yang Anda lakukan ditujukan untuk menjatuhkan orang lain, itu tidak baik untuk kesehatan mental Anda bahkan, itu berbahaya bagi kesehatan Anda sendiri. 

"Saat kita bergosip hanya untuk menjatuhkan orang lain, ini hanya cenderung memperburuk perasaan kita tentang diri kita sendiri," jelas Hartman. "Selain itu, ketika kita berbicara buruk tentang orang lain di depan teman kita, itu merusak persahabatan kita, karena tidak lama kemudian, teman kita bertanya-tanya, 'Apa yang mereka katakan tentang saya?"'

Tai setuju dengan sentimen ini, mengatakan, "Ketika bergosip sebagian besar terdiri dari kata negatif, itu bisa membuat orang merasa bersalah dan malu pada diri mereka sendiri. Selain itu, ketika keluarga, teman, dan bahkan kolega mendengar Anda bergosip tentang seseorang, itu bisa membuat mereka bertanya-tanya apa yang mungkin Anda katakan tentang mereka. Hal ini dapat membuat membangun hubungan saling percaya lebih sulit atau bahkan tidak mungkin, dan membuat orang yang bergosip lebih terisolasi secara sosial, dan karena itu berpotensi lebih tertekan dan cemas."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.