Sukses

7 Makanan Terbaik untuk Dikonsumsi Saat Sakit Tenggorokan

Berikut ini deretan makanan yang bisa bantu Anda meredakan sakit tenggorokan.

Liputan6.com, Jakarta Anda tentu pernah mengalami bangun tidur dan tenggorokan Anda terasa sangat kering. Meskipun memasukkan apapun ke tenggorokan Anda terdengar kurang ideal pada saat-saat seperti ini, namun sangat penting untuk tetap makan dan minum saat Anda sakit. 

“Makanan padat nutrisi adalah resep dengan risiko rendah dan potensi keuntungan tinggi,” kata Cynthia Li, MD, seorang dokter penyakit dalam dan penulis Brave New Medicine. Jika Anda berhasil makan beberapa suap saja, Anda dapat menambah vitamin dan mineral yang akan membantu Anda melawan infeksi yang menyebabkan kesengsaraan Anda tersebut. 

“Penyebab paling umum dari sakit tenggorokan adalah infeksi virus,” kata Nate Favini, MD, kepala petugas medis di Forward. “Virus dan respons kekebalan Anda terhadap virus menyebabkan lapisan tenggorokan Anda meradang, yang menyebabkan rasa sakit.”

Anda juga harus memperhatikan COVID-19 sebagai faktor penyumbang potensial. “Manifestasi umum COVID-19 adalah pembesaran amandel, pilek, dan infeksi saluran pernapasan atas, dan semuanya dapat menyebabkan sakit tenggorokan,” kata Michelle Pearlman, MD, seorang internis, ahli gastroenterologi, dan salah satu pendiri dan CEO Prime Institute Miami. 

“Banyak virus dan bakteri yang dapat menyebabkan faringitis (alias sakit tenggorokan), hidung tersumbat, atau batuk, dan itu mengiritasi tenggorokan dan menyebabkan pembengkakan.”

Kunjungan ke dokter mungkin diperlukan tergantung pada tingkat keparahan dan lamanya gejala, tetapi sangat penting untuk beristirahat dan tetap terhidrasi. “Air dapat mengencerkan segala jenis sekresi lendir yang mungkin terjadi, dan juga dapat membantu menghidrasi tenggorokan dan menjaganya tetap lembap,” jelas dokter keluarga Jaclyn Tolentino, DO.

Dia juga merekomendasikan minum cairan hangat seperti kaldu dan teh yang mudah ditelan dan menenangkan. Anda juga harus memilih sebagian besar makanan lunak saat Anda sakit tenggorokan agar tidak memperparah lapisan tenggorokan yang lembut. Nah, berikut ini deretan makanan yang bisa bantu Anda meredakan sakit tenggorokan, dilansir dari Women's Health Magazine.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Sup ayam

Sakit tenggorokan adalah hasil dari peradangan dan dehidrasi, jelas Dr. Li. “Cairan seperti kaldu dalam sup ayam tidak hanya menggantikan air yang hilang, tetapi garam juga membantu tubuh mempertahankan cairan di dalam jaringan,” katanya. Hal yang sama berlaku untuk hampir semua kaldu, sementara sayur akan berfungsi jika Anda vegan.

2. Madu

Madu telah menjadi andalan dalam pengobatan sejak zaman kuno, dan untuk alasan yang baik. “Ilmu modern telah menunjukkan madu Manuka efektif melawan berbagai infeksi, baik bakteri maupun virus, termasuk yang menyebabkan flu biasa, serta beberapa spesies Strep,” kata Dr. Li. Namun jangan berlebihan. "Dalam dosis yang lebih besar, kandungan gulanya dapat menekan sistem kekebalan untuk melakukan tugasnya," katanya.

3 dari 5 halaman

3. Yogurt

“Yogurt adalah sumber protein, karbohidrat, dan lemak sehat yang baik, serta bakteri probiotik, kuman bermanfaat yang mendukung fungsi kekebalan tubuh dan mencegah kuman berbahaya masuk ke dalam tubuh kita,” kata Dr. Li.

Dia mengatakan mungkin ada hubungan antara konsumsi yogurt dan penurunan tingkat infeksi pernapasan dan sakit telinga. “Selain itu, tekstur yogurt yang sejuk dan lembut menjadikannya makanan yang mudah ditelan saat tidak ada lagi yang menenangkan,” kata Dr. Li.

4. Mashed potato

Tinggalkan kulit kentang sambil dihaluskan untuk mendapatkan sumber magnesium, vitamin C, dan antioksidan yang kaya, yang semuanya mendukung sistem kekebalan yang kuat. Pastikan kentang tumbuk Anda tidak terlalu panas, karena itu dapat membuat tenggorokan Anda semakin teriritasi, kata Dr. Favini.

4 dari 5 halaman

5. Telur

Telur memiliki tekstur yang cukup tidak berbahaya, tetapi menyiapkannya dengan orak-arik membuatnya sangat enak. Terlebih lagi, Dr. Li mengatakan telur kaya akan mineral seperti seng, besi, dan selenium, serta vitamin D dan B12, yang dapat membantu menangkis infeksi jahat yang menyebabkan sakit tenggorokan.

6. Oatmeal

Li mengatakan oatmeal kaya akan magnesium, seng, dan antioksidan, yang memulai proses detoksifikasi tubuh, kemudian membersihkan tubuh dari limbah dan infeksi.

5 dari 5 halaman

7. Jahe

“Jahe telah ditunjukkan dalam percobaan laboratorium memiliki sifat analgesik [pengurang rasa sakit], antioksidan, dan anti-inflamasi,” kata Dr. Li. “Tampaknya juga menghambat pertumbuhan strain bakteri berbahaya tertentu.”

Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan di Nutrition Journal, kombinasi jahe dan madu terbukti lebih efektif daripada keduanya. Karena banyak sakit tenggorokan disertai dengan postnasal drip, yang dapat mengiritasi lambung dan menyebabkan mual, “sifat terbaik jahe, [yaitu] menangkal mual, adalah alasan kuat lainnya untuk mencobanya,” tambah Dr. Li.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.