Sukses

Kisah Inspiratif Model dengan Penyakit Limfedema, Salah Satu Kakinya Membengkak hingga 45 Kg

Liputan6.com, Jakarta Mahogany Geter, seorang model di Tennessee, menghabiskan masa kecilnya menghindari cermin.

“Saya merasa mengerikan, seperti orang aneh,” Geter yang berusia 25 tahun mengatakan seperti dikutip dari TODAY.com.

Geter lahir dengan lymphedema di kaki kirinya, yang katanya menyebabkannya membengkak hingga 45 kg.

“Ketika saya keluar di depan umum, orang-orang menatap saya. Ada banyak pertanyaan — dan saya berbicara tentang orang dewasa yang hanya berani melirik di sini,” kata Geter. “Anak-anak memiliki keberanian untuk bertanya kepada saya.”

The Mayo Clinic menggambarkan kondisi medis tersebut sebagai pembengkakan yang disebabkan oleh penumpukan cairan getah bening di jaringan tubuh. Biasanya terjadi pada lengan atau kaki, tetapi juga dapat mempengaruhi dinding dada, perut, leher, dan alat kelamin.

“Beberapa kasus ringan. Milik saya sangat mencolok, ”kata Geter. Limfedema Geter terdeteksi tepat setelah dia lahir.

"Apa yang saya diberitahu oleh ibu saya adalah bahwa dokter dapat melihatnya karena satu jejak kaki lebih besar dari yang lain," katanya.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Mahogany Geter (@model.mahoganyyg)

 

Selama bertahun-tahun, Geter hanya mengenakan celana panjang dan rok panjang — dia takut memperlihatkan kaki telanjangnya di depan umum. Tapi itu berubah pada 2017, ketika Geter didekati oleh seorang fotografer profesional yang ingin membantunya membangun portofolio model.

“Saya sangat skeptis,” kenang Geter. “Saya ingat berpikir, 'Mengapa seseorang ingin memotret saya?'”

 

2 dari 5 halaman

Berubah pikiran

Namun beberapa hari kemudian, dengan dorongan dari keluarganya, Geter menelepon sang fotografer. Itu adalah keputusan yang pada akhirnya akan mengubah hidupnya.

"Saya menemukan ada wanita pemberani yang percaya diri di dalam diri saya," ungkapnya.

Geter mulai mendapat pekerjaan dan mulai mengunggah foto dirinya di media sosial untuk meningkatkan kesadaran tentang lymphedema. Dia mengatakan ada banyak kesalahpahaman tentang kondisi kronis ini.

“Orang-orang berpikir bahwa hanya orang berukuran plus yang memiliki limfedema, tetapi limfedema tidak memilih tipe tubuh,” jelasnya. “Saya juga diberitahu orang bahwa iblis memberi saya penyakit ini. Saya akan mendapat pesan tentang tabib yang harus saya tangani di negara lain.”

 

3 dari 5 halaman

Penyakit yang tak dapat disembuhkan

Lymphedema tidak dapat disembuhkan, demikian menurut Lauren Gressley, seorang praktisi perawat di departemen bedah vaskular di Corewell Health di Michigan. Namun, ini dapat dikelola dengan terapi dekongestif lengkap (CDT).

CDT mencakup berbagai teknik termasuk kompresi dan drainase limfatik manual, sejenis pijatan lembut yang menggerakkan cairan limfatik ke arah yang benar. Gresley tidak terlibat dalam asuhan Geter.

Geter mengatakan ia mengelola limfedema dengan drainase limfatik manual. Dia juga memakai kaus kaki kompresi yang membantu cairan bergerak ke area yang terkuras dengan baik.

Geter bermimpi melakukan pemotretan dengan supermodel Winnie Harlow. Harlow hidup dengan vitiligo, kelainan autoimun yang menyebabkan hilangnya warna kulit di bagian tertentu. Geter, seperti Harlow, ingin mendefinisikan ulang kecantikan.

"Dia benar-benar inspirasi. Aku akan menangis jika aku dapat bekerja dengannya," tutup Geter.

4 dari 5 halaman

Meski Tulus Mencintai, 4 Zodiak Ini Selalu Sial dalam Asmara

Setiap individu memiliki peruntungan yang berbeda dalam kehidupan cintanya. Kebanyakan individu tidak mengalami manis dan lembutnya cinta, tapi sangat sedikit yang beruntung menemukan cinta sejati dalam hidupnya.

Dalam menjalani hubungan asmara, menemukan cinta sejati bukanlah perkara mudah. Namun, jika telah bertemu dengan cinta sejatimu itu menjadi suatu anugerah dalam hidup.

Menemukan orang spesial yang mengerti, peduli dan mencintaimu dalam segala hal memang merupakan bentuk kebahagiaan yang paling murni. Tapi ini tidak menjamin, seringkali hubungan berakhir dengan berbagai alasan, bahkan yang sepele.

Peruntungan cinta seseorang ternyata bisa dilihat berdasarkan zodiaknya. Nah, berikut beberapa zodiak yang selalu sial dalam asmara menurut astrologi, seperti melansir dari Times of India, Senin (31/1/2023).

1. Cancer

Sudah menjadi sifat Cancer untuk terus maju dan benar-benar menunjukkan emosinya. Pemilik zodiak ini "masuk" atau "keluar" dengan setengah jalan menjadi pilihan yang hampir mustahil bagi Cancer yang sangat baik dan sensitif ini.

Tak heran jika mereka membutuhkan waktu untuk pulih dari masalah hati. Jika hubungannya kandas, mereka akan membutuhkan waktu lama untuk pulih dan menerima orang baru.

 

5 dari 5 halaman

2. Virgo

Virgo dikenal sosok yang pemilih dan perfeksionis. Itu pun berlaku dalam urusan asmaranya. Saat Virgo mencintai seseorang, mereka akan mencintainya dengan tulus. Itulah sebabnya pemilik zodiak ini sulit melalui proses yang sama untuk mencintai seseorang lagi setelah putus cinta.

3. Capricorn

Dalam menjalani hubungan, Capricorn akan selalu menjalaninya dengan serius. Namun, mereka seringkali tidak beruntung dalam cinta. Terkadang mereka telah bertemu dengan orang yang tepat, tapi pada waktu yang salah atau sebaliknya.

4. Pisces

Pisces memiliki kebiasaan tidak melihat atau menghidari untuk melihat sisi buruk orang lain. Pemilik zodiak ini melihat dunia dari kacamata mawar dan mereka memiliki kebiasaan mengorbankan kebahagiaan mereka sendiri. Untungnya, Pisces cenderung pulih relatif cepat dari hubungan masa lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.