Sukses

Sering Dikonsumsi Sebagai Camilan, Ini Deretan Manfaat Kuaci untuk Kesehatan

Liputan6.com, Jakarta Tentu banyak dari kalian yang suka mengonsumsi kuaci sebagai camilan bukan? Ternyata semua waktu yang Anda habiskan untuk mengupas biji bunga matahari atau yang sering dikenal dengan kuaci sebenarnya menghabiskan waktu dengan baik. Kuaci yang umumnya dibuat dari biji bunga matahari atau Sunflower Seed adalah makanan yang sangat kaya nutrisi yang memberikan beberapa manfaat kesehatan yang mengesankan. 

Itu karena biji bunga matahari mengandung antioksidan, flavonol, serat, protein nabati, asam lemak yang sehat untuk jantung dan banyak lagi.

“Mereka juga ramah alergi, menjadikannya alternatif yang bagus untuk kacang tanah dan kacang pohon lainnya jika Anda memiliki alergi makanan," kata Ahli Diet Terdaftar Stefani Sassos, MS, RDN, CDN, Wakil Direktur Nutrisi untuk Good Housekeeping Institute

Dilansir dari Good Housekeeping, bunga matahari (Helianthus annuus) berasal dari Amerika Utara dan merupakan tanaman yang sangat keras yang dapat tumbuh di hampir semua jenis tanah. 

Ini tumbuh subur di lokasi dengan paparan sinar matahari penuh. Setelah bunga matahari mekar, bijinya biasanya membutuhkan sekitar satu bulan lagi sebelum dapat dipanen. 

"Biji bunga matahari adalah buah yang berasal dari bunga matahari. Bijinya tumbuh di kepala bunga tanaman dan dipanen dari sana," kata Liana Werner-Gray, Natural Food Chef dan seorang penulis buku. 

"Satu bunga matahari bisa berisi ratusan biji ini, dan bijinya sendiri bisa berdiameter lebih dari 12 inci."

Menurut National Sunflower Association, biji bunga matahari adalah daging di dalam biji bunga matahari yang sebenarnya. 

"Jika Anda membeli biji bunga matahari, itu berarti pabrikan telah membuang kulitnya dan bijinya dapat dimakan apa adanya, baik mentah atau dipanggang," kata Sassos. 

Tetapi biji bunga matahari utuh memiliki daging biji utuh dan di dalam cangkangnya. Anda bisa memanggang dan membumbuinya, lalu memakannya dengan memecahkan cangkangnya dengan gigi Anda, membuang kulitnya dan memakan bijinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Manfaat Kuaci Bagi Kesehatan

Biji bunga matahari tidak hanya menawarkan rasa kacang yang enak dan tekstur yang renyah, tetapi juga memiliki berbagai manfaat kesehatan, termasuk:

Dapat menjaga kesehatan mata Anda

"Biji bunga matahari adalah salah satu sumber makanan terkaya vitamin E dan mengandung sekitar setengah hari dari kebutuhan Anda hanya dalam satu ons," kata Sassos. "Vitamin E adalah antioksidan penting yang larut dalam lemak yang berperan dalam kesehatan mata dan memerangi peradangan." 

Studi menunjukkan bahwa vitamin E dapat mendukung penglihatan yang baik dengan menangkal penyakit mata seperti degenerasi makula terkait usia.

Dapat meningkatkan kesehatan jantung

"Biji bunga matahari tidak hanya enak, tetapi juga kaya akan asam lemak tak jenuh ganda," kata Sassos. Lemak "baik" ini ramah jantung karena dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (jahat) dalam darah, mengurangi risiko serangan jantung atau stroke. Anda bisa mencari opsi yang tawar atau sedikit asin untuk memilih yang paling menyehatkan jantung. Antioksidan dalam biji bunga matahari juga dapat membantu memerangi peradangan dan penyakit kronis lainnya.

3 dari 4 halaman

Manfaat Kuaci Bagi Kesehatan Lainnya

Dapat mendukung sistem kekebalan tubuh 

Sistem kekebalan yang kuat adalah kunci untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan, dan biji bunga matahari adalah pendukung kekebalan tubuh yang hebat, berkat kandungan vitamin E-nya. 

Mereka juga mengandung sedikit seng dan selenium yang juga dapat membantu mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat. Tambahkan ke salad atau taburkan di atas sayuran panggang untuk gigitan yang renyah dan penuh protein. Lebih baik lagi, sajikan bersama makanan kaya vitamin C untuk kombinasi penambah kekebalan tubuh terbaik.

Dapat meningkatkan pencernaan yang baik

Serat dalam biji bunga matahari dapat membantu menjaga hal-hal tetap teratur dan mencegah sembelit. Tetapi jika Anda tidak terbiasa makan makanan kaya serat, Anda mungkin ingin memulai dengan lambat dan secara bertahap meningkatkan ukuran porsi seiring waktu. Tetap terhidrasi juga merupakan kunci saat memasukkan lebih banyak makanan kaya serat ke dalam makanan Anda untuk membantu serat terserap dengan baik di perut Anda dan melewati sistem Anda.

Dapat membantu menjaga berat badan

Mendapatkan banyak serat dan protein merupakan langkah penting dalam menjaga berat badan yang sehat, dan biji bunga matahari dikemas dengan keduanya. Bagaimana mereka bekerja? Kedua nutrisi tersebut membantu Anda kenyang lebih lama, dan serat juga meningkatkan pencernaan yang baik dan mengatur kadar gula darah.

4 dari 4 halaman

Cara Makan Biji Bunga Matahari

Biji bunga matahari menjadi camilan padat nutrisi yang enak. Anda bisa memakan bijinya langsung dari kantongnya, tetapi sebenarnya biji bunga matahari utuh dengan kulitnya bisa sedikit lebih padat karya. Untuk memakan seluruh bijinya, Anda harus memecahkan kulit terluar di antara gigi Anda dan memuntahkan cangkangnya sebelum mengunyah bijinya.

Werner-Gray merekomendasikan Anda untuk menaburkan biji bunga matahari pada salad, ke dalam yogurt atau oatmeal Anda, atau menambahkannya ke camilan favorit Anda. 

Anda juga bisa menikmati biji bunga matahari dalam bentuk mentega biji. Mentega biji bunga matahari menawarkan alternatif bebas kacang yang biasanya merupakan pilihan yang aman untuk sekolah. Mentega biji bunga matahari sangat cocok untuk sepotong roti bakar, dengan apel atau sebagai pengganti selai kacang di hampir semua resep, menurut Werner-Gray.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS