Sukses

Studi: Rutin Konsumsi Jus Apel Dapat Membantu Singkirkan Lemak Perut

Liputan6.com, Jakarta Siapa pun yang bergumul dengan lemak perut pasti tahu betapa sulitnya menghilangkannya. Crunch, plank, dan latihan perut lainnya berhasil, tetapi kadang-kadang itu terlalu berat bagi kita.

Andai saja kita tidak harus melalui rezim latihan yang berat untuk mengurangi lemak perut. Nah, ini bukan hanya angan-angan; Anda benar-benar bisa makan sampai perut rata!

Menurut para ahli, ada beberapa makanan dan minuman yang dapat membantu Anda menekan lemak di sekitar perut Anda - jus apel adalah salah satunya.

Melansir dari food.NDTV, sebuah studi baru-baru ini, yang diterbitkan dalam Journal of Oleo Science, mengklaim bahwa jus apel dapat "secara signifikan" mengurangi lemak perut dalam hitungan minggu. Para peneliti sampai pada kesimpulan tersebut setelah melakukan penelitian secara acak untuk memeriksa kemanjuran asupan jangka panjang polifenol yang berasal dari apel.

Sebanyak 124 peserta diikat dan dibagi menjadi dua kelompok. Setiap hari, satu kelompok disuguhi sekitar 340 gram minuman apel kaya polifenol dan kelompok lainnya mengonsumsi minuman tanpa polifenol. Setelah 12 minggu, diketahui bahwa area lemak visceral (VFA) dari subjek dalam 'kelompok apel' telah menurun secara signifikan.

Polifenol adalah senyawa tumbuhan alami yang ditemukan dalam berbagai buah dan sayuran. Apel dianggap sebagai sumber senyawa yang sangat baik dan itulah mengapa apel digunakan dalam uji klinis ini.

Kita tumbuh dengan membaca dan mendengar tentang berbagai manfaat kesehatan yang diberikan apel. Sungguh kejutan yang menyenangkan mengetahui bahwa apel juga dapat membantu kita menurunkan berat badan, termasuk lemak perut.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Manfaat lainnya

Sementara polifenol memainkan peran utama dalam proses tersebut, lihat beberapa karakteristik apel lainnya (bukan bagian dari penelitian) yang membuat buah ini harus dimasukkan dalam diet penurunan berat badan.

1. Buah Rendah Kalori

Satu porsi apel 100 gram hanya mengandung 50 kalori, menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA). Mencerna makanan rendah kalori menghabiskan kelebihan kalori dalam tubuh, oleh karena itu, apel bekerja dengan baik dalam diet penurunan berat badan.

2. Kaya Serat Pektin

Buku "Healing Foods" oleh DK Publishing mengatakan, "apel kaya serat, terutama serat pektin, yang meningkatkan metabolisme, meningkatkan pencernaan dan mengatur kadar gula darah."

3. Kandungan Air Tinggi

Tahukah Anda bahwa apel berukuran sedang mengandung kadar air sebanyak 85 persen? Hal ini menjadikan apel buah yang sehat dan mudah dicerna yang membantu menurunkan berat badan ekstra.

Sekarang Anda punya cukup alasan untuk minum jus apel setiap hari untuk menghilangkan lemak perut yang mengganggu itu. Makan apel utuh juga merupakan ide yang bagus.

3 dari 4 halaman

6 Manfaat Kesehatan yang Mengejutkan dari Jalan Kaki Setelah Makan Malam

Sementara pekerjaan kantor dan pekerjaan rumah tangga sering membuat banyak orang sibuk, penting untuk meluangkan setidaknya beberapa waktu setiap hari untuk fokus pada kebugaran dan kesehatan Anda.

Jika sulit meluangkan waktu di siang hari untuk berolahraga, ada cara sederhana untuk tetap aktif yaitu jalan cepat setelah makan malam. Tidak yakin bagaimana itu membantu? Berikut ini beberapa dari banyak manfaat kesehatan jalan kaki setelah makan malam. Dihimpun dari India Times, ini dia.

1. Meningkatkan Pencernaan

Berjalan membantu tubuh Anda menghasilkan lebih banyak enzim lambung yang membantu meningkatkan pencernaan dan membantu mengurangi kembung dan sembelit.

2. Mengurangi Keinginan Ngemil

Ngemil tengah malam adalah praktik yang tidak sehat namun umum di antara banyak orang. Namun, hal itu bisa dikurangi dengan berjalan kaki secara teratur. Menurut beberapa laporan, berjalan cepat selama 15 menit dapat membantu mengurangi keinginan ngemil.

4 dari 4 halaman

3. Meningkatkan Metabolisme

Berjalan setelah makan malam meningkatkan metabolisme tubuh karena membantu membakar lebih banyak kalori. Sedangkan istirahat atau duduk segera setelah makan bisa menghambat hal yang sama.

4. Meningkatkan Kualitas Tidur

Jika Anda sulit tidur di malam hari, cobalah berjalan-jalan sebentar setelah makan malam. Ini akan membantu Anda dalam mengurangi stres dan tidur lebih nyenyak.

5. Mengatur Kadar Gula Darah

Berjalan setelah makan malam dapat membantu menjaga kadar gula tetap terkendali karena tubuh menggunakan sebagian glukosa dalam darah Anda selama latihan fisik.

6. Menekan Depresi

Jika Anda merasa sedih, stres, atau depresi, jalan kaki yang baik dapat membantu karena melepaskan endorfin dalam tubuh Anda dan membuat Anda merasa lebih baik.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS