Sukses

5 Olahraga Terbaik untuk Usia 30-an Agar Tubuh Tetap Fleksibel dan Kencang

Berkut ini olahraga yang baik dilakukan untuk mereka yang berusia 30-an

Liputan6.com, Jakarta Saat kita mencapai usia 30 tahun, tubuh kita mengalami perubahan besar dan sangat penting untuk mempersiapkan diri menghadapi perubahan itu. Seiring bertambahnya usia, massa otot dan kelenturan kita berkurang, dan metabolisme kita menurun.

Kabar baiknya adalah dengan mengikuti gaya hidup sehat dan berolahraga, seseorang dapat tetap bugar bahkan hingga usia tiga puluhan. Berikut ini beberapa tip cara berolahraga setelah usia Anda menginjak 30-an. Dilansir dari Indiatimes, ini dia:

1. Yoga

Yoga akan membantu Anda meningkatkan fleksibilitas, memperkuat otot core, mengurangi stres, meningkatkan sirkulasi darah, dan membantu meningkatkan kualitas tidur Anda. Saat ini orang-orang berusia tiga puluhan menikah dan merencanakan keluarga, oleh karena itu amat penting untuk tetap bugar dengan rutin melakukan yoga.

2. Jalan cepat

Menurut sebuah studi oleh Harvard Medical School, jalan kaki hanya 2,5 jam seminggu, yaitu 21 menit sehari dapat mengurangi risiko penyakit jantung hingga 30%. Selain itu, Anda tidak perlu menyisihkan waktu untuk jalan-jalan.

Anda hanya perlu aktif sepanjang hari dan berjalan kaki sebanyak yang Anda bisa agar metabolisme Anda tetap aktif.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Renang

Begitu banyak orang saat ini memiliki gaya hidup yang tidak banyak bergerak di usia tiga puluhan dan risiko cedera juga meningkat seiring dengan itu. Itulah mengapa berenang adalah olahraga yang bagus untuk orang-orang yang tidak lagi seaktif di usia dua puluhan.

Berenang membantu memindahkan lebih banyak darah beroksigen ke otot yang bahkan memungkinkannya bekerja lebih banyak dan tetap fleksibel.

4. Push-Up

Push-up adalah cara yang bagus untuk melatih otot di lengan, bahu, dan dada; meskipun, latihan ini bisa sulit untuk diselesaikan dengan benar. Anda bisa mengubah latihan ini dengan tujuan agar sesuai dengan kemampuan Anda dan tetap mendapatkan manfaat kesehatan dengan melakukan wall push up. Lakukan satu set 10 repetisi, istirahat, dan ulangi set lainnya.

5. Pilates

Pilates adalah latihan lain yang baik untuk pasca 30-an karena membantu meningkatkan fleksibilitas, postur dan kekuatan core, serta mengurangi nyeri punggung, leher, dan persendian. Dibandingkan dengan yoga, Anda membakar lebih banyak kalori dalam pilates karena latihannya lebih cepat dan bagus untuk mengencangkan perut.

3 dari 4 halaman

Alasan Mengapa Orang Cerdas Lebih Suka Bekerja Sendirian

Individu yang cerdas dan pintar memiliki pikirannya sendiri. Mereka sebagian besar asyik dengan pekerjaan mereka dan mereka sibuk sendiri sambil menetapkan tujuan dan mencapainya. 

Yang membedakan mereka dari yang lain adalah cara kerjanya. Anda mungkin telah memperhatikan bahwa orang-orang tertentu suka bekerja sendiri. Ini karena mereka tidak suka ditemani orang.

Mari kita lihat deretan alasan mengapa orang cerdas lebih suka bekerja sendiri, seperti dilansir dari Times of India, Kamis (19/1/2023).

Mereka mempersiapkan diri untuk masa depan

Ketika orang lebih suka bekerja sendiri, mereka dapat memiliki banyak waktu untuk memikirkan masa depan dan diri mereka sendiri.

Mereka bisa merenungkan pilihannya dan memikirkan segala sesuatu yang dapat berkontribusi pada masa depannya. Ini juga membantunya melatih keterampilan konsentrasi.

Ini meningkatkan produktivitas mereka

Ketika seseorang menghabiskan seluruh waktunya untuk bersosialisasi dengan orang lain, mereka kehilangan kemampuan untuk meningkatkan produktivitasnya.

Menjaga produktivitas membantu seseorang menyelesaikan pekerjaannya secara efisien dan cepat, tanpa membuang banyak waktu yang biasanya dilakukan orang.

4 dari 4 halaman

Mendorong pemikiran perspektif yang berbeda

Ketika seseorang sendirian, itu membantu mereka menavigasi situasi yang berbeda dengan berbagai cara.

Pola pikir ini memungkinkan seseorang untuk melihat sesuatu secara berbeda dan lebih terbuka terhadap peluang. Ini menambah kemampuan intelektualnya.

Meningkatkan keterampilan kreatif 

Orang cerdas suka bekerja sendiri karena memungkinkan mereka selaras dengan diri kreatif batinnya. Mereka dapat mengintrospeksi berbagai bidang dan bahkan berpikir out of the box.

Ketika ada begitu banyak orang di sekitar, sulit untuk berpikir dengan tenang dan kreatif karena ada kekacauan di sekitar.

Membantu seseorang untuk menerima diri mereka yang unik

Orang cerdas sangat menarik karena mereka menerima dirinya yang sebenarnya. Saat mereka bekerja sendiri, mereka tidak harus berurusan dengan pendapat, penilaian, atau pandangan orang lain yang bertentangan. Ini membantu mereka merangkul keunikannya.

Menantang 

Tantangan membentuk seseorang menjadi versi yang lebih baik dari diri mereka sendiri dan orang cerdas menyukai tantangan.

Mereka menyukai kenyataan bahwa mereka dapat menghadapi masalah dan bahkan menyelesaikannya pada waktu mereka sendiri, tanpa orang lain terus-menerus mengganggunya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.