Sukses

8 Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah Agar Kulit Makin Mulus

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki kulit mulus tanpa pori-pori wajah yang terlihat menjadi dambaan setiap individu, terutama para kaum hawa. Pori-pori yang besar membuat tekstur wajah jadi terlihat saat mengenakan makeup.

Meski memiliki fungsi yang baik untuk kulit, pori-pori wajah yang besar terkadang dapat mengganggu penampilan, sekaligus jadi tempat tumbuhnya komedo dan jerawat.

Dilansir dari Web MD, Selasa (17/1/2023), pori-pori besar dipicu oleh beberapa faktor. Di antaranya adalah produksi minyak yang berlebih pada wajah, serta elastisitas kulit yang menurun.

Karena itu, banyak orang mencari cara mengecilkan pori-pori wajah. Nah, dengan mengatasi faktor pemicu tersebut, pori-pori besar jadi bisa teratasi. Selain itu, kulit wajah yang mulus tentu akan membuat Anda tampil lebih percaya diri.

Cara alami mengecilkan pori-pori wajah bisa jadi pilihan tepat jika Anda ingin menghilangkan pori-pori besar, tapi enggan menghabiskan banyak uang untuk perawatan kulit yang menggunakan peralatan canggih.

Berikut ini beberapa cara mudah mengecilkan pori-pori wajah, yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber:

1. Bersihkan Wajah dengan Air Dingin

Salah satu cara paling mudah mengecilkan pori-pori wajah adalah membersihkan wajah secara rutin sebanyak 2 kali sehari, yaitu di pagi dan malam hari sebelum tidur.

Jika biasanya Anda mencuci muka dengan menggunakan air hangat, sebaiknya ganti dengan air dingin. Pasalnya, suhu dingin dapat membantu menjaga elastisitas kulit dan dapat membantu mengecilkan pori-pori.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

2. Gunakan Pelembap

Rutin mengoleskan pelembap juga bisa mengecilkan pori-pori di wajah. Alasannya karena pelembap mampu menghidrasi dan mempertahankan kadar kelembapan kulit di wajah hingga kulit terlihat kencang. Dengan demikian, secara otomatis pori-pori di wajahmu akan mengecil.

3. Perawatan dengan Es Batu

Selain cuci muka dengan air dingin, menggosokkan wajah dengan es batu secara perlahan juga dapat dilakukan untuk mengecilkan pori-pori wajah. Selain mengecilkan pori-pori, es batu juga dapat membantu wajah tampak lebih bercahaya.

4. Gunakan Sunscreen

Gunakanlah tabir surya SPF 30 atau lebih agar kulit terlindung dari paparan sinar matahari langsung. Apabila kulit terlalu banyak terpapar sinar matahari, elastisitas kulit bisa berkurang dan membuat pori-pori semakin membesar.

3 dari 4 halaman

5. Eksfoliasi Wajah

Eksfoliasi wajah adalah salah satu cara alami mengecilkan pori-pori wajah yang sering ditinggalkan. Padahal, cara ini efektif untuk menghilangkan sumbatan pada pori-pori yang membuatnya terlihat lebih besar.

Lakukanlah eksofoliasi wajah secara rutin setidaknya 1–2 kali dalam seminggu. Anda bisa melakukan eksfoliasi di rumah dengan bahan alami yang Anda buat sendiri. Namun perlu diingat, eksfoliasi bisa membuat kulit menjadi kering, sehingga Anda harus segera mengoleskan pelembap setelahnya agar kulit tetap terhidrasi.

6. Rajin Pakai Sheet Mask

Untuk mengecilkan pori-pori wajah, Anda juga jangan melewatkan perawatan menggunakan masker sebagai perawatan mingguan. Pakailah masker berjenis sheet mask yang bisa memberikan kelembapan dan membuat pori-pori tampak lebih kecil.

4 dari 4 halaman

7. Konsumsi Cukup Air Putih

Pastikan pula Anda mengonsumsi air putih yang cukup, setidaknya 2 liter per hari. Konsumsi air putih yang cukup tidak hanya dapat membuat kulit menjadi lembap dari dalam, tapi juga dapat menghilangkan racun dan kotoran di dalam pori-pori, sehingga membuatnya tampak lebih kecil.

8. Konsumsi Makanan Sehat

Selain perawatan dari luar, wajahmu juga membutuhkan perawatan dari dalam. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan sehat.

Hindari konsumsi makanan tinggi lemak dan minyak berlebih karena dapat menyebabkan pori-pori wajah tersumbat. Mulai sekarang, cobalah banyak mengonsumsi makanan kaya kolagen, seperti kaldu tulang, daging ayam, dan putih telur. Makanan tersebut mampu meningkatkan elastisitas kulit hingga pori-pori tampak mengecil.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS