Sukses

Alami Nyeri Sendi dan Tulang? Anda bisa Lakukan 4 Gerakan Senam Rematik Ini!

Senam rematik merupakan sebuah latihan fisik yang berfokus menangani permasalahan penderita rematik.

Liputan6.com, Jakarta Anda salah seorang penderita rematik? Salah satu langkah yang bisa dilakukan untuk meringankan keluhan nyeri, kaku, sendi yang bengkak, hingga kelaian bentuk tubuh adalah dengan senam rematik. 

Pasalnya, senam rematik merupakan sebuah latihan fisik yang berfokus menangani permasalahan penderita rematik. Dalam senam tersebut terdapat beberapa gerakan yang harus dilakukan secara optimal. 

Senam rematik terdiri dari delapan komponen gerak, yaitu menjaga postur tubuh, peregangan otot, latihan lingkup gerak sendi, latihan penguatan otot, penguatan kerja jantung dan paru, latihan keseimbangan, koordinasi, serta ketahanan otot.

Selain delapan gerakan senam rematik tersebut, ada gerakan lain yang memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh yang serupa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

1. Pilates

Pilates dapat meringankan permasalah rematik Anda. Pilates dapat meningkatkan keseimbangan serta kekuatan sendi dan otot pada tubuh. Gerakan ini ditujukan untuk membuat tubuh semakin kuat, fleksibel, dan seimbang. Bisa dibilang, pilates sangat cocok untuk Anda penderita rematik. 

2. Yoga

Ingin meningkatkan kelenturan gerak tubuh? Anda bisa melakukan yoga. Olahraga yang termasuk ke dalam jenis senam rematik ini dapat dilakukan bagi Anda penderita rematik. Selain itu, gerakan yang terdapat di yoga juga bisa melatih pernapasan Anda.

3. Senam Peregangan

Senam peregangan juga bisa Anda lakukan untuk mengurangi permasalahan rematik. Gerakan dalam senam ini juga ringan untuk dilakukan dan tidak menyakitkan.

Tak hanya itu, senam peregangan juga dapat membantu meningkatkan gerak dan fleksibilitas sendi. Anda bisa melakukan senam peregangan pada otot pinggul, punggung, pinggang, serta lengan.

4. Tai Chi

Tai Chi juga dapat mengurangi gejala rematik yang dirasakan. Gerakan dalam Tai Chi terdiri dari rangkaian gerakan secara perlahan, teknik pernapasan dalam, dan konsentrasi. 

Selain itu, Tai Chi juga termasuk olahraga yang low impact. Pasalnya, Tai Chi hanya menggunakan beban minimal pada otot maupun persendian tubuh. Olahraga satu ini sangat cocok untuk Anda yang sudah lansia dan penderita rematik.

Itulah empat gerakan yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi nyeri pada sendi dan otot-otot pada tubuh. Lakukanlah berbagai gerakan tersebut secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal. Dan jangan lupa juga untuk mengonsumsi ramuan herbal yang bisa mengusir linu yang terasa pada tubuh, ya!

 

(*) 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.