Sukses

Tidur Lebih Nyenyak Pakai Parfum? Ini Tips dan Manfaatnya!

Kebiasaan unik tersebut pertama kali menjadi tren karena kebiasaan Marilyn Monroe yang menggunakan parfum sebelum tidur.

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang lahir dengan segala sesuatu yang unik dan anti-mainstream, salah satunya menggunakan parfum sebelum tidur. Kebiasaan ini bisa menjadi bentuk aromaterapi yang tidak disengaja dilakukan. Banyak orang berpendapat bahwa setelah beraktivitas seharian, wewangian dalam parfum dapat menenangkan dan memanjakan kamu hingga tertidur nyenyak sepanjang malam.

Dilansir dari Realsimpel.com, ada studi yang menunjukkan bahwa parfum bisa mempengaruhi suasana hati, mengurangi stres, dan mengendurkan otot-otot tubuh. Fyi, kebiasaan unik ini pertama kali menjadi tren karena Marilyn Monroe mengatakan bahwa ia selalu menggunakan parfum sebelum tidur. So, ini dia sederet tips dan manfaat memakai parfum sebelum tidur!

1. Tidur Lebih Nyenyak dan Berkualitas

Aroma parfum yang disemprotkan sebelum tidur bisa meningkatkan kualitas tidurmu, loh! Efek menenangkan dan relaksasi yang dirasakan bisa membuat kamu bangun dengan mood yang lebih baik. Eits, namun aroma yang dipilih harus tepat juga sehingga bisa berefek yang nyenyak untuk tidur.  

Paolo Terenzi, seorang pembuat parfum dan presiden Tiziana Terenzi menyarankan untuk memakai parfum aroma vanila agar bisa tidur nyenyak. Namun, saat kesulitan tidur, menurut Rachel Beider, ahli aromaterapi bersertifikat dari Cinquieme Sens via Pratt di New York City menyarankan untuk memakai parfum dengan kombinasi aroma clary sage, roman chamomile, dan bergamot.

2. Membuat Positive Vibes

Masih memberikan manfaat untuk kualitas tidur, memakai parfum sebelum tidur juga bisa membuat positive vibes di pagi hari saat kamu bangun. Untuk kamu yang merasa akhir-akhir ini sedang banyak pikiran atau stress sehingga membuatmu sulit tidur, maka kebiasaan ini layak untuk kamu coba. 

3. Meningkatkan Daya Ingat

Selain bisa meningkatkan kepercayaan diri seseorang. Tahukah kamu bahwa parfum wewangian bisa mempengaruhi daya ingat dan kemampuan seseorang. Banyak studi dan penelitian telah membuktikan bahwa ada hubungan erat antara kualitas tidur dan kemampuan otak. Semakin baik kualitas tidur, kemampuan otak semakin meningkat. Karenanya, nggak heran bila saat tidur tidak nyenyak, terkadang kamu menjadi kurang fokus dalam bekerja atau belajar. Oleh sebab itu, parfum bisa kamu manfaatkan ketika ingin beristirahat di malam hari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tips Menyemprot Parfum

Kamu perlu memakai parfum sebelum tidur dengan tepat agar tidur yang didapatkan juga berkualitas. Beberapa tipsnya yaitu kamu bisa memakai parfum ke tubuh sesaat sebelum berbaring di ranjang. Atau juga bisa menyemprotkan parfum sesudah mandi karena pori-pori yang terbuka akan membuat aroma parfum jadi tahan lebih lama sepanjang malam. Jika ingin menjaga kenyenyakan tidur lebih lama, kamu perlu menyemprotkan parfum ke ruangan atau bantal guling.

Nggak hanya tips dalam menyemprot saja, memilih parfum dengan aroma yang tepat merupakan hal yang penting. Menurut aurelsg.com, ini dia beberapa aroma parfum yang bisa digunakan sebelum tidur seperti, aroma vanilla bisa membuat rasa nyaman ,dan menenangkan untuk tidur dengan cepat. Aromanya yang lezat mendorong relaksasi dan telah terbukti menstabilkan detak jantung dan menurunkan tekanan darah. 

Selanjutnya lavender yang sering disebut sebagai bantuan tidur klasik, karena aromanya yang memiliki banyak sifat menenangkan. selain melepaskan ketegangan, juga membantu kamu bersantai, dan bahkan dapat meningkatkan rasa sakit. Yang terakhir ada aroma kayu cendana, dengan aroma yang kaya dan bersahaja. Cendana adalah salah satu aroma terbaik dalam menyeimbangkan suasana hati.

Well, apakah kamu tertarik mempraktikkan kebiasaan ini sebelum tidur? Hmm, pastikan kamu harus melakukannya dengan benar, ya!

 

 

Penulis: Arya Sekar Putri

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini