Sukses

Jarang Terungkap, Deretan Fakta Menarik di Beberapa Lagu Internasional hingga Tanah Air

Untuk melampiaskan perasaan yang ada, beberapa musisi membuat pesan tersembunyi dalam lagu yang diciptakan.

Liputan6.com, Jakarta Musik selalu menjadi teman di dalam kehidupan seseorang. Selalu menemani dan mengiringi berbagai momen yang sedang maupun yang telah dilalui. Mulai dari jatuh cinta, patah hati, hingga menemani dikala kemacetan. Musik memiliki kekuatan untuk membantu seseorang mengatur emosi, dan mengubah suasana hati.

Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi, jika beberapa musisi menjadikan kisah hidup mereka di dalam lirik. So, nggak hanya pendengarnya saja, seorang penyanyi atau pengarang lagu bisa menyimpan sebuah kisah yang tak terungkap dari sebuah musik.  Untuk melampiaskan perasaan yang ada, beberapa musisi membuat pesan tersembunyi dalam lagu yang diciptakan. Siapa saja mereka? Yuk, cari tahu fakta menariknya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Alessia Cara-Scars to Your Beautiful

Setiap orang pasti pernah merasa insecure atau nggak pede. Ditambah dengan pressure untuk tampil sempurna sehingga akhirnya banyak perempuan yang melakukan tindakan ekstrem. Dengan terciptanya lagu ini banyak memotret masalah yang sehari-hari ditemukan mulai dari eating disorder, bullying, self acceptance, anxiety, dan lainnya.

Dengan itu, lagu Scars To Your Beautiful mengajak para perempuan untuk menerima dan mencintai diri sendiri. Selain itu, Alessia Cara juga berusaha menyampaikan bahwa semua perempuan memiliki kecantikannya masing-masing. Sehingga, penting sekali untuk menerapkan self acceptance tanpa harus membandingkan dengan orang lain.

3 dari 6 halaman

2. Sia-Chandelier

Salah satu lagu Sia rupanya menyimpan pesan tersembunyi. Lagu Chandelier yang dirilis 6 Mei 2014 itu memiliki video klip yang unik dengan seorang gadis yang menari di sebuah ruangan. Berisi tentang perjuangan seseorang dalam bertahan hidup dari kecanduan terhadap alkohol, membuat hidupnya menjadi lebih baik.

Sejak lagu itu dirilis, Sia juga mengubah gaya hidupnya, dari seorang tukang pesta menjadi orang yang bisa memberikan pengaruh baik kepada masyarakat. Sia juga mengonfirmasi bahwa lagu tersebut adalah lagu tentang kesulitan yang ia hadapi di masa lalu, yaitu kecanduan narkoba dan minuman beralkohol yang terjadi setelah pacar meninggal pada 1997.

4 dari 6 halaman

3. BTS-Yet to Come

Lagu Yet to Come menggambarkan perjalanan BTS sebagai musisi dari group boy agensi kecil menjadi artis yang karyanya diakui dunia. Nggak hanya itu, BTS mencurahkan perasaan mereka bahwa terlepas dari popularitas yang mereka dapatkan, mereka hanya mengikuti hasrat dan kecintaan mereka pada musik.

BTS juga mencoba menjelaskan bahwa para personel BTS mulai masa depan akan menuruti hasrat (passion) dalam bermusik ketimbang popularitas dan uang semata. Melalui lagu Yet to Come, BTS juga menjanjikan bahwa apa yang mereka raih sekarang ini hanyalah awal dari perjalanan.

5 dari 6 halaman

4. Glenn Fredly-Januari

Januari merupakan salah satu lagu hits Glenn Fredly dengan lirik dan melodi yang cukup menyayat hati bagi para pendengarnya. Apakah kamu tahu kalau lagu ini terlahir dari kisah nyata Glenn Fredly?

Dikutip dari berbagai sumber, bahwa Januari merupakan curhatan Glenn yang sedang patah hati dan merasa hancur. Kala itu Glenn tiba-tiba harus putus dari kekasihnya yang juga berprofesi sebagai penyanyi dari sebuah grup vokal yang juga sedang populer. Padahal usia hubungan mereka waktu itu mencapai lebih dari delapan tahun. Pasti sedih banget ya? 

6 dari 6 halaman

5. Yura Yunita-Intuisi

Diceritakan Yura, lagu Intuisi merupakan perjalanannya ke Jepang untuk menemui dan mendukung sang kekasih dalam berkarier ternyata berakhir dengan kekecewaan. Yura menceritakan bahwa ia tidak menyangka, sosok hangat yang selama ini dikenal ternyata telah sangat berubah. 

Diciptakan dengan sangat emosional, Yura juga mengaku, hubungannya dengan sang kekasih telah terjalin selama bertahun-tahun. Selama itu, ia selalu mendukung kekasihnya yang memilih karier di Jepang. Tapi, Yura mengaku lega bisa melewati masa-masa pahit tersebut.

Itulah deretan lagu dengan fakta menarik yang mungkin ingin kamu ketahui. So, dari kelima lagu tersebut, mana favoritmu? 

 

 

Penulis: Ayra Sekar Putri

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.