Sukses

20 Fakta Menarik Tentang Pele Sang Legenda Sepak Bola

Deretan fakta-fakta menarik tentang Pele sang legenda sepak bola Brasil.

Liputan6.com, Jakarta Legenda sepak bola dunia yakni Edson Arantes do Nascimento atau nama akrabnya Pele meninggal dunia pada Jumat (30/12/22) dini hari waktu setempat di Sao Paolo Brasil, tepatnya di Rumah Sakit Albert Einstein.

Sang legenda sepak bola tersebut meninggal di usia 82, akibat penyakit-penyakit yang dideritanya yakni disfungsi ginjal dan jantung serta mengidap tumor yang ada di ususnya. 

Pele yang dikenal sebagai pemain hebat dalam kariernya mencetakan gol terbanyak dan masuk ke dalam catatan buku Guiness World Record dengan 1.289 kali di 1.363 pertandingan. 

Selain fakta Pele mencetak gol terbanyak, masih banyak lagi fakta menarik yang masih belum diketahui sebagian orang tentang Pele. Mengutip dari GOAL Internasional, berikut 20 fakta menarik tentang Pele:

  1. Pele mencetak total 1.283 gol kelas satu, termasuk 77 gol untuk Brasil.
  2. Ia memenangkan tiga Piala Dunia, dua Kejuaraan Klub Dunia dan sembilan Kejuaraan Negara Bagian Sao Paulo.
  3. Pele dinamai sesuai dengan nama penemu Amerika Thomas Edison, sementara nama aslinya adalah Edson Arantes do Nascimiento.
  4. Pele dikontrak oleh Santos saat berusia 15 tahun. Dia mencetak empat gol pada debutnya di liga dalam pertandingan melawan FC Corinthians pada 7 September 1956.
  5. Waldemar de Brito, penyerang hebat Brasil lainnya, dikreditkan karena menemukan Pele, membawanya ke Santos, dan mengatakan kepada mereka bahwa ia akan menjadi "pemain sepak bola terhebat di dunia."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fakta Menarik Tentang Pele

6. Pada usia 17 tahun, Pele menjadi pemenang termuda yang pernah ada di Piala Dunia. Dia juga mencetak dua gol di final melawan tuan rumah Swedia.

7. Pele ditunjuk sebagai Menteri Olahraga di Brasil pada tahun 1995 dan menjabat hingga tahun 1998.

8. Ia terpilih sebagai atlet abad ini oleh Komite Olimpiade Internasional (IOC) pada tahun 1999.

9. Pada tahun 1997, Pele diberi gelar kehormatan British Knighthood.

10. Pada tanggal 19 November 1969, Pele mencetak gol ke-1000 dalam kariernya. Ratusan orang berlarian ke lapangan untuk mengerumuni bintang Brasil ini dan butuh waktu lebih dari 30 menit untuk melanjutkan permainan.

11. Di Santos, tanggal 19 November dikenal sebagai 'Hari Pele' untuk merayakan ulang tahun golnya yang ke-1.000.

12. Pele berada di urutan kelima dalam daftar pencetak gol sepanjang masa di Piala Dunia dengan 12 gol - dan pemain Brasil kedua tertinggi di belakang Ronaldo.

3 dari 4 halaman

Fakta Lainnya

13. Ketika Pele pensiun, J.B. Pinheiro, duta besar Brasil untuk PBB, mengatakan, "Pele bermain sepak bola selama 22 tahun, dan dalam waktu itu ia melakukan lebih banyak hal untuk mempromosikan persahabatan dan persaudaraan dunia daripada duta besar lainnya di mana pun."

14. Pada tahun 1967, gencatan senjata 48 jam diumumkan di Nigeria sehingga pasukan Federal dan Pemberontak dapat menyaksikan Pele bermain dalam kunjungan ke negara yang dilanda perang.

15. Pele mengatakan pada tahun 2006, "Selama 20 tahun mereka menanyakan pertanyaan yang sama kepada saya, siapa yang terhebat? Pele atau Maradona? Saya menjawab bahwa yang harus Anda lakukan adalah melihat fakta-fakta yang ada, berapa banyak gol yang ia cetak dengan kaki kanannya atau dengan kepalanya?"

16. Ketika Pele bermain untuk New York, begitu banyak lawan-lawannya yang ingin bertukar kaos dengannya sehingga klub harus memberikan kaos kepada setiap lawan mereka setelah setiap pertandingan. "Pele adalah daya tarik utama," kata Gordon Bradley, salah satu pelatih klub pada saat itu. "Kadang-kadang kami harus membawa 25 atau 30 kaos bersama kami ke pertandingan - jika tidak, kami tidak akan pernah keluar dari stadion hidup-hidup."

4 dari 4 halaman

Fakta Lainnya

17. Pele membuat penampilan cameo dalam film Mike Bassett: England Manager, di mana ia diwawancarai oleh penyiar Martin Bashir. Dia menertawakan peluang Inggris untuk memenangkan Piala Dunia.

18. Pele memberikan tanggapan tentang pentingnya bintang sepak bola, "Ketika bintang sepak bola menghilang, begitu juga dengan tim, dan itu adalah fenomena yang sangat aneh. Ini seperti di teater, dalam sebuah drama, di mana ada seorang bintang besar. Jika sang bintang tidak sehat, seluruh pemain akan menderita."

19. Pele telah membantu mengumpulkan jutaan poundsterling untuk tujuan amal termasuk Great Ormond Street dan Harlem Street Soccer.

20. Penulis sepak bola Inggris terkenal Geoffrey Green pernah menyatakan, "Di Stefano dibuat di bumi, Pele dibuat di surga."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.