Sukses

6 Minuman Pereda Nyeri Haid, Konsumsi yang Rutin Saat Menstruasi

Menstruasi bisa bikin mood berantakan sehingga butuh minuman pereda nyeri haid

Liputan6.com, Jakarta - Nyeri haid adalah rasa yang kerap menghantui perempuan saat menstruasi. Entah terjadi sebelum atau selama datang bulan.

Nyeri haid yang dirasakan perempuan saat menstruasi kerap membuat tidak nyaman bahkan bisa membuat tubuh lemas dan tidak bisa beraktivitas. 

Nyeri haid atau dismenore yang dialami perempuan disebabkan oleh beberapa hal seperti adanya kontraksi otot pada harim atau ada dalam kondisi tertentu.

Nyeri haid memang muncul hanya sesekali dalam sebulan dan bukanlah hal yang berbahaya. Namun, kamu perlu waspada jika nyeri haid terasa sangat parah dan muncul setiap kali datang bulan. 

Apabila siklus haid kamu tidak lancar setiap bulan, langkah pertama yang harus diambil yaitu memeriksakan diri ke dokter terlebih dahulu guna mengetahui penyebabnya.

Setelah mendapat diagnosis dari dokter, kemungkinan kamu akan disarankan untuk menjalankan perawatan sambil memperbanyak asupan bernutrisi tertentu.

Asupan bernutrisi didapatkan dengan mengonsumsi minuman atau makanan yang dapat melancarkan haid yaitu yang kaya nutrisi penting seperti vitamin C, D, zat besi, kalsium, dan asam folat.

Namun, jika kalian saat haid tidak nafsu makan, kalian juga dapat mengatasinya dengan minuman saja.

Berikut ini 6 minuman pereda nyeri haid dilansir flo.health.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Yogurt dan Air Putih

1. Yogurt

Yogurt bisa dijadikan minuman sehat saat sedang menstruasi. Hal ini disebabkan yogurt mengandung magnesium dan kalsium di dalamnya.

Tidak hanya kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh, tapi bakteri baik yang terdapat di dalam yogurt turut membantu dalam melancarkan sistem pencernaan kamu.

Mengonsumsi yogurt pada saat haid dapat membuat perasaanku lebih baik. Namun, kamu juga tetap harus memastikan agar tidak mengonsumsi yogurt secara berlebihan.

Hal ini dikarenakan banyaknya kandungan gula dalam minuman yogurt. Alih-alih ingin meredakan gejala haid, kamu justru menambah asupan gula ke dalam tubuh.

2. Air Putih 

Tidak banyak wanita yang mengerti bahwa mengonsumsi air putih selama haid adalah hal yang penting dilakukan.

Malahan, asupan ini sering kali dihindari karena dipercaya bisa menyebabkan kembung. Namun, ternyata hal itu tidaklah benar.

Minum air putih tidak akan membuat perut kembung malahan bisa membantu menghidrasi tubuh, sehingga terhindar dari pusing akibat dehidrasi.

Air putih juga bisa membantu mengatasi kram pada perut dan melancarkan aliran darah. 

 

3 dari 4 halaman

Smoothies Sayuran dan Buah serta Teh Jahe

3. Smoothies Sayuran dan Buah

Seperti yang kamu ketahui, buah dan sayur mengandung banyak sekali nutrisi yang baik untuk tubuh. Saat haid, kamu bisa coba mengonsumsi smoothies dari buah dan sayuran.

Gunakan buah atau sayur yang banyak mengandung vitamin D seperti pisang, kiwi, bayam, kale, dan lain sebagainya. Menurut studi, wanita yang mengonsumsi minuman atau makanan yang mengandung vitamin D, memiliki risiko yang lebih rendah untuk mengalami gejala menstruasi.

Kamu juga bisa mengonsumsi smoothies dari buah yang mengandung banyak vitamin C seperti jeruk dan lemon. Vitamin C dipercaya dapat mengurangi rasa nyeri yang timbul saat haid karena mengandung anti peradangan.

4. Teh Jahe 

Segelas teh jahe hangat juga bisa menjadi solusi dan baik dikonsumsi saat menstruasi. Jahe memiliki manfaat anti-inflamasi yang bisa membantu mengatasi nyeri yang muncul pada periode menstruasi.

Teh jahe juga bisa membantu mengatasi gejala mual yang dialami dan membantu tubuh merasa lebih nyaman. 

Membuat teh jahe ternyata sangat mudah. Kamu hanya perlu memanaskan air dan masukkan jahe ke dalamnya. Tunggulah hingga air rebusan jahe tersebut mengeluarkan aroma jahe yang khas. Kamu bisa menggunakan api kecil saat membuatnya.

Jika ingin menambahkan cita rasa dari teh jahe, kamu bisa tambahkan madu dan juga lemon ke dalamnya. Kedua bahan tambahan tersebut sama-sama memiliki khasiat yang baik untuk tubuh wanita.

Madu sendiri dapat mengatasi haid yang tidak teratur.

4 dari 4 halaman

Cokelat Panas dan Teh Peppermint

5. Cokelat Panas

Apakah kamu pecinta cokelat? Jika iya, minuman ini cocok untuk kamu yang sedang haid.

Untuk meredakan nyeri yang disebabkan oleh haid, kamu bisa memilih minuman cokelat hitam dengan kandungan kakao hingga 70 persen. Mengapa demikian?

Cokelat yang banyak beredar di minimarket biasanya mengandung gula yang cukup tinggi. Kandungan gula yang cukup tinggi ini tentu saja dapat berakibat buruk bagi kesehatan.

Dark chocolate atau cokelat hitam memiliki kandungan omega-3, omega-6, magnesium, dan juga asam lemak yang dapat membantu merilekskan otot tubuh saat haid.

Kandungan yang terdapat di dalam cokelat hitam ini juga dapat memperbaiki suasana hati saat haid ataupun ketika PMS datang.

6. Teh Peppermint

Peppermint biasanya digunakan sebagai campuran permen dan juga pasta gigi. Rasa dan aromanya yang menyegarkan mampu membuat kita merasa lebih nyaman.

Sama halnya dalam mengatasi nyeri dan suasana mood yang tidak menentu akibat haid menyerang.

Peppermint dinilai memiliki sifat antibakteri, antiperadangan, hingga antivirus. Hal ini membuat teh yang terbuat dari peppermint dapat menjadi salah satu minuman sehat yang dapat dikonsumsi saat haid.

Peppermint juga memiliki dapat menjadi relaksan otot dan pereda nyeri yang dapat berguna ketika nyeri haid datang.

Tidak hanya itu, dalam sebuah penelitian yang menggunakan ekstrak daun peppermint dikatakan bahwa ekstrak tersebut dapat mengurangi durasi kram yang terjadi akibat menstruasi.

Cara membuat teh peppermint ini cukup mudah. Kamu bisa memasak air hingga mendidih, kemudian matikan apinya. Masukkan daun peppermint yang sudah dipotong-potong.

Tunggu hingga sari-sari dari daun peppermint keluar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.